Asuransi Mobil Antik – Bagaimana Cara Menemukan Polis Terbaik?

Bagaimana cara milih polis asuransi mobil antik terbaik? Simak ulasan kami berikut ini. Jika Anda memiliki mobil antik, kemungkinan akan menghabiskan banyak uang. Kebanyakan orang yang membeli mobil vintage atau klasik melakukannya bukan hanya karena mereka menyukainya, tetapi karena mereka melihat mobil itu sebagai investasi. Setelah Anda menghabiskan ratusan juta rupiah, bahkan miliaran rupiah untuk mobil antik, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki polis asuransi yang tepat.


Saat Anda berbelanja untuk asuransi mobil antik, Anda akan menemukan bahwa jenis asuransi yang Anda butuhkan akan berbeda dari asuransi mobil biasa. Setelah Anda memulai pencarian Anda, Anda harus mencoba untuk menemukan perusahaan asuransi yang mengkhususkan diri dalam asuransi mobil klasik.

Mobil yang lebih tua membutuhkan cakupan khusus. Jenis pertanggungan yang Anda perlukan sangat tergantung pada bagaimana Anda menggunakan kendaraan Anda. Anda akan memerlukan jenis premium yang berbeda jika mobil hanya dikendarai untuk pameran dan pameran khusus, dibandingkan jika Anda mengendarai mobil lama seperti mobil biasa.

Asuransi mobil antik, klasik, tua dan vintage
Ilustrasi Asuransi mobil tua klasik dan antik (Foto: unsplash.com)

Tips Memilih Asuransi Mobil Antik & Klasik

Asalkan Anda meluangkan waktu untuk meneliti jenis polis yang tepat untuk mobil Anda, Anda dapat menghemat uang untuk asuransi mobil antik Anda. Anda tidak harus mengasuransikan mobil klasik atau antik di bawah polis asuransi standar. Jika Anda membeli mobil Anda sebagai bagian investasi, Anda tidak ingin mengendarainya dengan cara yang sama seperti mobil biasa.

Ada pedoman untuk mengasuransikan berbagai jenis kendaraan, dan Anda harus mengetahuinya sebelum mengasuransikan mobil Anda. Jika Anda ingin perusahaan asuransi memberikan penawaran yang bagus untuk mobil lama Anda, Anda perlu mengemudi setidaknya selama lima tahun karena perusahaan asuransi ingin melindungi aset Anda seperti halnya mereka. Asalkan Anda berusia dua puluh lima tahun atau lebih, akan mudah untuk menemukan asuransi untuk mobil lama Anda karena perusahaan asuransi akan memandang Anda memiliki risiko asuransi yang lebih rendah daripada pengemudi yang lebih muda.

🔥 Trending:  Kode Promosi Webtoon Mei 2024, Pake Kode Ini - Webtoon Online Gratis

Saat Anda mengasuransikan mobil, perusahaan asuransi ingin mengevaluasi keselamatan dan keterampilan mengemudi Anda sebelum mereka mengizinkan Anda mendapatkan premi khusus. Anda harus memiliki mobil yang cukup tua untuk dianggap antik, dan kriteria ini akan tergantung pada perusahaan tempat Anda membeli asuransi.

Beberapa perusahaan asuransi akan memberikan status vintage hanya untuk mobil yang berusia sembilan belas tahun atau lebih. Anda harus tahu bahwa kebijakan akan bervariasi tergantung pada usia kendaraan Anda. Hal lain yang akan dipertimbangkan oleh perusahaan asuransi adalah apakah Anda memiliki polis asuransi mobil reguler sebelum memberikan polis asuransi pribadi kepada Anda.

Jika Anda cenderung mengendarai mobil antik setiap hari, perusahaan asuransi mungkin menganggap mobil ini sebagai risiko yang signifikan, karena semakin sering Anda mengemudi, semakin besar kemungkinan mobil itu cepat rusak dan terdepresiasi. Perusahaan asuransi menawarkan premi khusus berdasarkan nilai tunai aktual actual cash value (ACV) kendaraan Anda, nilai yang dinyatakan stated value (SV), dan nilai yang disepakati agreed value (AV) kendaraan.

Ketika perusahaan asuransi memberikan nilai pada mobil Anda, mereka akan membayarnya tetapi mereka tidak dapat mengasuransikan Anda untuk nilai yang disebutkan. Sebagian besar pemilik mobil antik mendapatkan asuransi mereka berdasarkan nilai mobil yang disepakati. Ini berarti bahwa mereka akan menyetujui Anda nilai untuk mobil Anda dan memperhitungkan investasi Anda dan pemeliharaan apapun, dan kemudian mereka akan memberi Anda kebijakan untuk nilai itu.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News