Mengupas 3 Cara Menghapus Akun Google Di Hp Yang Paling Cepat

Teraskaltim.com – Akun Google menyambungkan banyak sekali aplikasi hanya dengan satu nama pengguna. Hal ini bisa sangat riskan jika Anda ingin berganti HP atau akun. Untuk menghindarinya, Anda bisa mencoba cara menghapus akun Google di HP android.

Mengapa harus dihapus? Banyak yang masih belum sadar bahwa satu akun ini akan menyambung dengan aplikasi bawaan Google lainnya. Seperti Gmail, PlayStore, hingga Calendar.

Apabila Anda tidak hapus akun sebelum ganti hp, dan pengguna selanjutnya membuka akun terkait, maka sangat berbahaya. Sebut saja risikonya adalah peretasan data, penyalahgunaan akun, hingga pembocoran informasi. Karena itulah, tidak ada salahnya untuk menghapus akun jika Anda merasa perlu.

Menghapus Akun Melalui Clear Data

  1. Cara menghapus akun Google di HP yang pertama ini bisa Anda gunakan pada berbagai jenis HP smartphone. Pasalnya, dasar prosedur ini adalah menghapus semua data instalasi Akun di HP melalui pengaturan setting. Karena itulah prosedur ini bisa dimulai dengan masuk pada halaman setting (pengaturan atau setelan). Biasanya ditandai dengan ikon roda gigi.
  2. Setelah masuk pengaturan, pilih menu yang berisi deretan aplikasi yang terpasang di HP. Biasanya menu ini diberi nama application manager, app list, atau application.
  3. Setelah menemukan dan membuka menu tersebut, Anda akan mendapati berbagai macam jenis software yang terpasang di HP. Gulir dan temukan Google Apps lalu ketuk untuk membuka pengaturannya.
  4. Akan muncul informasi mengenai aplikasi Google Apps, termasuk opsi untuk menghapus pemasangan, paksa berhenti, dan juga bersihkan data (clear data). Pilih tombol clear data.
  5. Setelahnya akan muncul layar konfirmasi bertuliskan semua data yang tersimpan akan terhapus secara permanen. Klik ok untuk menghapusnya.

Baca Juga : Hp yang Cocok Untuk Game Berat Dengan Spek Kencang Terbaik 2021

Menghapus Akun Melalui Gmail

  1. Apabila Anda merasa kesulitan untuk membuka menu setting atau peraturan, maka penghapusan akun bisa dilakukan dengan menggunakan Gmail. Karena itulah, hla pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Gmail di Smartphone.
  2. Setelah masuk pada halaman utama Gmail, pilih tombol tiga garis horizontal yang mirip dengan bentuk burger. Gulir hingga ke bawah untuk menemukan opsi setting atau setelan. Ketuk opsi pengaturan tersebut, untuk masuk pada halaman baru.
  3. Pada halaman setting, akan muncul nama email yang digunakan. Pilih dan akan muncul halaman baru berisi semua informasi mengenai Gmail. Di halaman tersebut, klik Manage Your Google Account.
  4. Setelah memilih opsi tersebut, Anda akan dibawa pada halaman pengaturan akun Google yang berisi list semua aplikasi yang terkait. Hal yang harus dilakukan adalah memilih tombol tiga titik di pojok kanan atas.
  5. Kemudian pilih remove account dan lanjutkan dengan pilih opsi remove account yang muncul di Pop up konfirmasi penghapusan.

Baca Juga : cara melihat chat wa yang sudah dihapus

Menghapus Akun Melalui Pengaturan

  1. Apabila Anda hanya ingin ganti akun saja, sebenarnya cara menghapus akun Google di HP juga bisa dilakukan melalui menu sinkronisasi. Karena akun ini akan menghubungkan banyak aplikasi, maka tidak heran jika Anda bisa mulai cara ini dengan membuka menu setting atau pengaturan dengan ikon roda gigi atau melalui notifikasi.
  2. Pada menu tersebut, gulir dan temukan opsi Account & Sync (atau acount). Ketuk dan buka halaman Account.
  3. Apabila halaman account sudah terbuka, Anda akan menemukan deretan akun yang terkait dengan HP. Pilih Akun Google yang ingin dihapus.
  4. Akun Google yang Anda pilih akan membuka halaman baru dengan list berisi semua aplikasi yang terhubung dengan akun tersebut. Abaikan semua aplikasi tersebut, dan lanjutkan tahap ini dengan menekan tombol tiga titik horizontal di sebelah kanan atas.
  5. Di menu yang keluar, pilih opsi remove account atau hapus akun. Setelah itu pilih remove account pada pop up konfirmasi yang muncul.

Baca Juga : Cara Live Game di FB Dengan Menggunakan HP atau PC

Setidaknya itulah hal yang bisa Anda lakukan untuk hindari peretasan dan pembocoran data akun Google yang digunakan. Hal tersebut tidak akan sulit untuk dilakukan, apalagi mempertimbangkan risiko yang bisa saja terjadi.

Karena itulah silahkan untuk mencoba cara menghapus akun Google di HP tersebut secara bijak dan gunakan dengan sebaik baiknya.