Amankan Percakapan, Simak Cara Melihat Backup WhatsApp Di Google Drive

Tahukah Anda jika WhatsApp  memiliki fitur menyimpan percakapan di dalam Google Drive? Jika percakapan telah tersimpan, ternyata ada setidaknya cara melihat backup WhatsApp di Google Drive yang bisa dicoba.

Fitur menyimpan ini tentunya sangat berguna untuk Anda yang menggunakan WA untuk keperluan bisnis. Selain bisa simpan bukti, percakapan yang dilakukan juga bisa menjadi catatan transaksi.

Tidak hanya itu, pastinya penyimpanan percakapan ini bisa berguna untuk Anda yang kerap menggunakan WA untuk obrolan penting. Dengan demikian, cara melihat dan akses penyimpanan tadi bisa digunakan sewaktu Anda perlu cek kembali suatu percakapan. Untuk itu, berikut adalah cara lihat cadangan chat WA.

Simak Cara Melihat Backup WhatsApp Di Google Drive

  • Melihat Chat Melalui Google Drive Komputer

Cara Melihat Backup WhatsApp

  1. Akses menuju Google bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu melalui komputer atau smartphone. Untuk cara melihat backup WhatsApp di Google Drive yang pertama, Anda bisa menggunakan peramban komputer dengan mengunjungi situs Google Drive. Situs tersebut adalah https://drive.google.com.
  2. Pada halaman tersebut, lakukan login atau masuk ke dalam Drive menggunakan akun Google yang Anda miliki. Masukkan nama user dan juga kata sandi yang tepat.
  3. Setelah berhasil masuk, arahkan kursor mouse ke ikon berbentuk bunga atau roda gigi yang ada di pojok kanan atas dan klik. Lanjutkan dengan menekan opsi setelan dan pilih kelola aplikasi.
  4. Gulir ke bawah hingga muncul aplikasi WhatsApp pada daftar yang tertera. Apabila belum keluar, maka tunggu hingga beberapa menit. Cara ini hanya berfungsi jika Anda sudah pilih backup chat di WA menggunakan Google Drive.
  5. Setelah muncul, klik dan tunggu hingga sebuah keterangan bernama Data Aplikasi Tersembunyi muncul. Setelah itu, pilih tombol Opsi untuk melihat semua chat yang telah dicadangkan.
  • Melihat Chat Melalui Google Drive Smartphone

Cara Melihat Backup WhatsApp di Google Drive

  1. Selain menggunakan komputer, ternyata melihat cadangan juga bisa dilakukan menggunakan smartphone. Dalam hal ini, kamu bisa dengan mudah mengakses dengan melihat melalui aplikasi Google Drive di smartphone. Jadi langkah pertama adalah membuka aplikasi ini.
  2. Setelah aplikasi Google Drive terbuka, maka Anda akan disuguhkan dengan tampilan halaman utama yang tidak jauh berbeda dengan versi peramban komputer. Jika belum pernah masuk akun Google, maka lakukan login terlebih dahulu menggunakan akun Google yang sudah dimiliki.
  3. Apabila login berhasil, ketuk icon tiga garis horizontal atau yang mirip burger pada bagian pojok kiri atas. Pada menu slider yang muncul klik opsi cadangan.
  4. Pada halaman yang muncul akan terlihat berbagai macam jenis cadangan yang dilakukan dengan akun tersebut. Daftar tersebut bisa bervariasi, mulai dari cadangan update sistem atau pun WA. Klik pilihan WhatsApp untuk membuka cadangan chat.
  5. Selanjutnya Anda akan diarahkan pada halaman baru yang berisi semua percakapan yang telah dibackup sebelumnya.
  • Cara Mencadangkan Chat WA

cara melihat backup WhatsApp di Google Drive 2

  1. Kedua cara melihat backup WhatsApp di Google Drive tersebut hanya bisa diakses apabila Anda sudah mengatur pencadangan percakapan di WA. Apabila fitur tersebut dimatikan, maka Anda tidak akan bisa akses. Karena itu, cara ini akan jelaskan bagaimana mengaktifkan cara cadangkan tersebut. Yang pertama adalah buka aplikasi WhatsApp.
  2. Setelah masuk dalam aplikasi, ketuk icon tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas. Lalu pilih opsi Setelan pada menu tambahan yang muncul.
  3. Pada halaman pengaturan atau setting, pilih menu Chats yang mana akan membawa Anda pada suatu halaman baru berupa pengaturan tampilan, backup, dan juga cara penggunaan percakapan.
  4. Lanjutkan dengan memilih opsi chat backup atau cadangkan percakapan.
  5. Di tampilan selanjutnya, Anda bisa melakukan backup dengan menekan tombol cadangkan. Namun jangan lupa untuk menggunakan Google Drive sebagai media simpan.
  6. Jika ingin backup rutin dan otomatis, Anda bisa ketuk opsi back up to Google Drive lalu pilih waktu yang diinginkan.

Baca Juga :

Itulah hal yang bisa Anda lakukan berkenaan dengan melakukan cadangan percakapan WA. Cara ini akan sangat membantu bagi mereka yang kerap gunakan WA untuk obrolan penting.

Cara melihat backup WhatsApp di google drive juga bisa dilakukan dengan mudah. Sehingga Anda bisa akses percakapan lama, mengecek, dan juga menggunakannya sebagaimana mestinya.