Tidak Perlu Panik, Berikut Cara Mengembalikan Chat Wa Yang Terhapus Sebelum Di Backup

Teraskaltim.com – Meskipun WhatsApp telah memberikan fitur backup percakapan, tidak sedikit yang mengabaikan karena merasa tak perlu. Lalu bagaimana jika obrolan terhapus? Ternyata masih ada cara mengembalikan chat wa yang terhapus sebelum di backup sebagai solusi.

Tentunya hilangnya percakapan tersebut bisa saja merugikan, apalagi jika terdapat informasi penting seperti berita hingga transaksi penjualan. Namun kehilangan percakapan bisa saja terjadi karena tidak sengaja menghapus, ganti HP, dan juga ganti nomor.

Karena itulah ada baiknya Anda melakukan backup sebelum terjadi hal yang merugikan. Namun apabila masalah ini sudah terjadi, untungnya masih ada cara untuk memperbaikinya. Jika Anda butuh solusi tersebut, silahkan coba cara berikut ini.

Mengembalikan Chat Melalui Back Up Lokal

  1. Banyak yang bilang bahwa opsi ini adalah cara mengembalikan chat wa yang terhapus sebelum di backup paling rumit. Hal ini dikarenakan Anda harus mencadangkan percakapan secara manual pada komputer atau kartu SD. Namun setidaknya, cara backup ini bisa diakses sewaktu – waktu melalui file manajer.
  2. Apabila Anda belum memiliki aplikasi file manajer, maka unduh dan pasang terlebih dahulu. Namun jika sudah, buka software tersebut dan pilih sdcard/WhatsApp/databases. Jika tidak ada di lokasi tersebut, Anda bisa coba cari di penyimpanan internal.
  3. Pada folder tersebut, ganti nama file yang ingin dipulihkan. Sebagai contoh adalah msgstore-LLLL-AA-CC.1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crypt12. Perlu diperhatikan bahwa Anda hanya perlu mengganti bagian depannya, bukan ekstensi crypt yang mengikuti.
  4. Setelah itu, hapus aplikasi WhatsApp dengan cara menghapus melalui menu aplikasi di pengaturan. Cari aplikasi WhatsApp, buka, lalu klik hapus pemasangan.
  5. Setelah terhapus, pasang kembali dari Google Playstore. Lalu masuk ke WA dan pilih restore backup jika diminta.

Mengembalikan Chat Melalui Google Drive

memulihkan chat lewat Google drive

  1. Apabila Anda merasa kesulitan dengan cara pertama, silahkan coba untuk memulihkan chat lewat Google drive. Cara ini hanya berfungsi apabila Anda sudah pernah melakukan backup. Jadi sebelum Anda menghapus, lakukan pencadangan terlebih dahulu. Hal yang harus dilakukan adalah masuk menu setting WA dengan klik icon tiga titik vertikal.
  2. Setelah masuk, pilih menu chats kemudian dilanjut dengan chat backup. Di halaman selanjutnya, klik backup to Google drive dan pilih frekuensi yang Anda kehendaki.
  3. Pilih akun Google yang ingin digunakan sebagai backup, lalu pilih tombol Back up berwarna hijau untuk melakukan pencadangan.
  4. Dengan proses cadangan selesai, hapus aplikasi WA seperti cara sebelumnya (melalui menu setting dan aplikasi). Apabila sudah terhapus, pasang kembali dengan mengunduh aplikasi melalui Google Play store.
  5. Tunggu hingga proses instalasi selesai lalu buka kembali WA. Pada jendela permintaan restore, pilih tombol agree and continue berwarna hijau. Dengan begitu chat yang terhapus akan kembali lagi.

Restore Recent Backup

  1. Tidak jauh berbeda dengan kedua cara mengembalikan chat wa yang terhapus sebelum di backup yang telah disampaikan. Opsi ke tiga ini menggunakan kemampuan fitur baru WA dimana layanan cadangan tersedia bagi pengguna yang ingin berganti smartphone. Selama Anda aktifkan backup rutin otomatis, maka Anda tidak perlu khawatir lagi. Yang perlu dilakukan adalah mencopot WhatsApp terlebih dahulu.
  2. Anda bisa mencopot aplikasi percakapan ini melalui pengaturan. Navigasikan dan menuju menu aplikasi, kemudian pilih WhatsApp. Pada pengaturan tersebut, pilih copot pemasangan untuk menghapusnya.
  3. Tunggu hingga proses uninstall selesai, kemudian lakukan install ulang atau pasang lagi melalui Google Playstore. Setelah terinstal, buka aplikasi dan akan muncul jendela permintaan restore.
  4. Fitur ini hanya muncul setelah Anda berhasil login menggunakan nomor telepon yang pernah digunakan. Apabila permintaan restore keluar, pilih setuju atau pulihkan dari Google drive.
  5. Proses pemuatan akan memakan beberapa waktu. Setelahnya, percakapan dan juga data yang terhapus akan muncul kembali.

Setidaknya jika masalah kehilangan percakapan terjadi dan Anda belum pernah mencadangkannya, solusi tersebut bisa digunakan sebagai percobaan. Hal tersebut akan sanat menguntungkan bagi Anda yang memang butuh data dengan cepat.

Namun cara mengembalikan chat wa yang terhapus sebelum di backup mungkin saja tidak bisa 100% kembalikan percakapan. Karena itu lebih baik lakukan cadangkan rutin.

Kesimpulan

Ternyata masih Ada Beberapa Cara Mengembalikan Chat Wa Yang Terhapus Sebelum Di Backup

Baca Juga : Aplikasi Pelacak HP Paling Tepat untuk Memantau HP si Dia

Namun teknologi baru ini tidak boleh dimanfaatkan untuk hal buruk. Gunakan untuk kepentingan yang benar-benar urgent, bukan hal yang mengganggu privasi orang lain.

Topik Terkait:   Apps