iPhone 14 Pro vs. iPhone 13 Pro: Apakah Layak untuk Upgrade?

Teraskaltim – iPhone 14 Pro baru saja diperkenalkan dalam ajang Apple Event, Kamis (8/9/2022) dini hari , tetapi apakah itu berarti Anda perlu melakukan upgrade iPhone yang Anda miliki?


Dengan iPhone 13 Pro yang dirilis lebih dari setahun yang lalu, bagaimana dan di mana perbedaan seri iPhone Pro 13 dan 14?

Sementara nama acara Apple untuk amunisi barunya, “Far Out,” menyarankan inovasi inovatif, perbedaan yang kami lihat tidak kentara dan berkisar terutama pada penambahan sistem kamera yang ditingkatkan, chipset yang diperbarui, dan beberapa tweak perangkat lunak.

Dilema yang dihadapi banyak orang sekarang sederhana: Apakah perbedaan ini cukup mengesankan untuk membenarkan peningkatan? Ini tergantung.

Berikut adalah alasan utama untuk beralih ke iPhone 14 Pro atau tetap menggunakan iPhone 13 Pro tahun lalu.

Spesifikasi iPhone 14 Pro vs. iPhone 13 Pro

(foto: Apple.com)
iPhone 14 ProiPhone 13 Pro
Display6.1-inch OLED, 120Hz6.1-inch OLED, 120Hz
Kamera48MP main, 12MP ultrawide, 12MP telephoto with 3X optical zoom12MP main, 12MP telephoto, 12MP ultrawide
RAM/storage6GB with 128GB/256GB/512GB/1TB6GB with 128GB/256GB/512GB/1TB
Video8K video recording with Action Mode4K HDR with Cinematic Mode 
Battery3,200 mAh3,095 mAh
WarnaDeep Purple, Space Black, Silver, Gold, and BlueAlpine Green, Silver, Gold, Graphite, Sierra Blue
HargaMulai $999Mulai $999

Anda harus Upgrade ke iPhone 14 Pro jika…

1. Ingin kamera yang lebih Besar dan lebih baik

Sesuai dengan nama acara, susunan kamera baru iPhone 14 Pro memungkinkan Anda mengambil gambar dari jauh. Beralih dari kamera utama 12MP iPhone 13 Pro ke kamera utama 48MP, sensor yang lebih besar memungkinkan peningkatan pemotretan cahaya rendah dan fokus otomatis yang lebih baik (terutama dalam mode potret), dan mempertahankan fokus sambil tetap menghadirkan detail dan semangat pada subjek di sekitarnya.

🔥 Trending:  Cara Cepat Mengubah Pembayaran Google Play Dengan Pulsa

Kamera 48MP memungkinkan kemampuan zoom dan mode malam atau cahaya redup yang lebih baik, memberikan gambar yang lebih jelas bahkan dari jauh atau dalam kondisi gelap. Belum lagi sensor 48MP yang 65% lebih besar dari kamera utama iPhone 13 Pro.

Selain kamera utama 48MP, 14 Pro dilengkapi dengan lensa ultrawide 12MP dan lensa telefoto 12MP dengan kemampuan zoom 3x. Sensor baru ini juga menambahkan opsi zoom 2X yang menangkap detail, ketajaman, dan eksposur dari jauh.

Untuk video, iPhone 14 Pro memiliki mode kerja baru untuk membantu pemasangan, bahkan saat Anda bekerja di belakang kamera. Untuk semua pembuat film rumahan biasa, Mode Sinematik juga telah ditingkatkan, dengan kualitas dan detail yang lebih tajam di antara transisi.

2. Jatur Hati Pada Fitur Dynamic Island

Fitur Dynamic Island pada iPhone 14 Pro
(foto: apple.com)

Mungkin perubahan terbesar dari iPhone 13 Pro ke iPhone 14 Pro adalah antarmuka dan kunci layar baru, dengan Dynamic Island dan fungsi always-on display. Menjembatani kesenjangan antara widget layar kunci dan notifikasi layar utama, Dynamic Island memungkinkan akses mudah dan langsung ke kontrol saat Anda menggunakan aplikasi lain, termasuk tombol pemutar musik, indikator mikrofon, dan banyak lagi.

Misalnya, timer Anda akan muncul di bagian atas layar saat Anda menelusuri Instagram sehingga Anda tahu persis kapan harus memeriksa ayam di oven.

Alih-alih memecah bagian tengah dengan potongan seperti layar iPhone 13 Pro, takik berbentuk pil baru menghilangkan sedikit ruang hitam dan sekarang berfungsi ganda sebagai gadget langsung yang adaptif.

Ruang takik yang diperbarui juga akan membungkus indikator privasi untuk mikrofon dan kamera baru ponsel dan menyisakan ruang untuk pengembalian yang diharapkan untuk menampilkan persentase baterai (berkat iOS 16).

🔥 Trending:  Deteksi Kerusakan Lebih Awal, Berikut 3 Cara Mengecek Hp Oppo

3. Anda menginginkan baterai yang lebih besar

Kedua seri IPhone 14 Pro memiliki baterai yang lebih besar. Ini adalah fakta. IPhone 14 Pro hingga 23 jam saat pemutaran video, sedangkan iPhone 13 Pro hanya memiliki 22 jam pemutaran video. Meskipun itu hanya di bawah satu jam, itu dapat membuat semua perbedaan.

Chip A16 Bionic yang baru juga belum diuji, tetapi kami mengharapkan efisiensi dan kinerja yang lebih baik pada iPhone 14 Pro.

Anda harus membeli iPhone 13 Pro jika…

1. Anda bukan penggemar estetika desain baru

Sementara sistem kamera yang lebih besar dan baterai yang lebih besar lebih baik untuk penggunaan sehari-hari, itu berarti iPhone 14 Pro lebih besar dan mungkin tidak nyaman untuk digunakan tergantung pada ukuran tangan Anda. Kamera yang lebih besar membutuhkan lebih banyak ruang di bagian belakang ponsel, sehingga kurang pas di saku belakang.

Takik pil baru di bagian atas layar, fitur Pulau Dinamis, dan layar selalu aktif akan dihargai oleh beberapa orang, terutama multitasker, tetapi mungkin mengganggu orang lain. Jika Anda tidak menyukai tampilannya atau tidak ingin terbiasa dengan desain baru, Anda mungkin ingin melewati iPhone 14 Pro dan tetap menggunakan iPhone 13 Pro.

2. Apakah Anda puas dengan cara Anda menunda iPhone 13 Pro

Meskipun iPhone 13 Pro bukan game baru yang paling mencolok di pasaran, ini masih merupakan ponsel yang solid untuk alasan yang sama dengan 14 Pro: opsi pemotretan yang hebat seperti mode makro dan bioskop, masa pakai baterai yang baik, dan iOS. Bahkan, jika Anda ingin menghemat kerumitan untuk meningkatkan dan mentransfer semua data Anda, mungkin sebaiknya Anda tetap menggunakan model sebelumnya untuk saat ini dan melihat seberapa baik iPhone 14 Pro benar-benar bekerja.

🔥 Trending:  Harga dan Spesifikasi Honor 9X | Chipset Terabru Kirin 710F
Pencarian Berdasarkan Kata Kunci: https://teraskaltim com/9030/iphone-14-pro-vs-iphone-13-pro-apakah-layak-untuk-upgrade html
* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News