Deteksi Kerusakan Lebih Awal, Berikut 3 Cara Mengecek Hp Oppo

Deteksi Kerusakan Lebih Awal, Berikut 3 Cara Mengecek Hp Oppo

Oppo adalah salah satu dari sekian banyak merek smartphone yang berusaha untuk berikan layanan terbaik. Salah satunya adalah dengan adanya fitur cara mengecek HP Oppo, untuk deteksi kerusakan.

Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang kerap menggunakan HP dalam kegiatan sehari – hari. Baik kerusakan kecil maupun besar, pastinya harus dihindari dan diatasi dengan cepat.

Meskipun kerusakan tersebut bisa terjadi karena sebab yang bervariasi, namun tidak sedikit yang merasa terbantu dengan adanya fitur tersebut. Sebut saja Anda bisa tahu bahwa ada masalah dengan sistem audio atau adanya cacat pixel pada layar.

Untuk lebih berwaspada, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba.

Melakukan Pengecekan Secara Manual

  1. Salah satu solusi pengecekan yang paling mudah adalah secara manual. Cara mengecek HP Oppo ini akan sangat bermanfaat untuk mencari tahu kerusakan fisik. Pasalnya, Anda akan melihat secara teliti semua bagian. Hal pertama yang dilakukan adalah nyala dan aktifkan layar HP.
  2. perhatikan dengan baik tampilan layar yang muncul. Pada tahap ini Anda perlu teliti apakah tampak titik hitam atau putih pada display. Anda juga bisa perhatikan apakah ada garis atau tidak.
  3. selanjutnya adalah melihat titik respons pada layar. Tap atau ketuk layar hp dengan beberapa jari sekaligus. Mulai dari 1 jari hingga 3 atau bahkan lebih. Jika semua bagian layar memberi respons, maka tidak ada masalah.
  4. Lihat baterai HP secara horizontal dan cek apakah ada penggelembungan. Kemudian tancapkan charger untuk melihat apakah berfungsi atau tidak.
  5. dan yang terakhir adalah coba buka beberapa aplikasi, dan perhatikan durasi loading. Apakah semakin lambat atau memiliki waktu memuat normal.

Menggunakan Menu Pengaturan

  1. pada cara sebelumnya, Anda bisa melihat kekurangan fisik yang ada pada HP Oppo. Hal tersebut bisa dilakukan karena kerusakannya bisa tampak dengan jelas. Namun jika adan ingin cek sistem suara, video, atau getaran maka lakukan dengan masuk sistem pengaturan di HP.
  2. Pada menu pengaturan yang bisa ditemukan di layar notifikasi atau di menu dengan ikon roda gigi, Anda bisa periksa kerusakan pada speaker dengan pilih opsi suara dan getaran.
  3. setelah masuk pada halaman baru, geser slider media volume dan ring ke arah kanan untuk meninggikan volume suara. Anda juga bisa lakukan tahap ini dengan menekan tombol suara ke arah atas.
  4. saat Anda menaikkan volume suara tersebut, akan muncul review atau suara. Jika Anda menemukan bahwa tidak ada perubahan keras suara meski volume telah dinaikkan, berarti ada yang salah dengan HP Oppo tersebut.
  5. untuk cek getaran, Anda bisa aktifkan mode getar dan cek apakah adakah efek getar yang muncul.

Melakukan Pengecekan Pada Baterai Oppo

  1. Cara mengecek HP oppo ini bisa Anda jadikan acuan untuk cek kondisi baterai. Ada dua cara yang bisa dicoba, yakni dengan Kode atau aplikasi avometer. Untuk cara kode, masukkan *#*#4636#*#* dan lakukan telepon.
  2. pada informasi yang muncul akan diberikan menu uji coba android, dimana Anda bisa pilih info mengenai kesehatan baterai.
  3. apabila kode tersebut tidak berhasil, maka gunakan aplikasi avometer. Anda harus mengunduh dari Google playstore dan memasukkan nama program tersebut pada kolom pencarian.
  4. pilih aplikasi tersebut, kemudian ketuk opsi pasang dan tunggu hingga proses download dan pasang selesai.
  5. setelah aplikasi berhasil terpasang, buka dan Anda menemukan gambaran Avometer yang perlu diatur menjadi 10 volt terlebih dahulu.
  6. Apabila ukuran daya telah diubah, hubungkan tampilan positif dengan kabel positif, begitu pula dengan negatif dan negatif.
  7. jarum avometer akan bergerak dan menunjukkan tegangan baterai. Apabila jarum menunjuk angka 3,7 volt maka kondisi baterai normal.

Dari ketiga cara tersebut, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pengecekan. Jika baterai Hp android dirasakan memiliki masalah, maka Anda bisa gunakan cara terakhir.

Sedangkan cara kedua akan sangat berguna untuk mengetes sistem dan kemampuan HP oppo.

Dan cara mengecek HP oppo secara manual bisa jadi solusi terbaik untuk deteksi kerusakan fisik.