9 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 Mudah dan Anti Ribet

Apakah Anda mengetik lebih cepat dari yang dapat ditangani oleh hard drive Anda? Inilah Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 yang patut Anda coba.


Ada lebih banyak cara untuk memperbaiki komputer yang lemot daripada hanya sering menyalakan dan mematikannya. Dan jika komputer Anda lemot setiap kali Anda mencoba membuka lebih dari satu aplikasi, Anda mungkin perlu mempelajari beberapa cara mengatasi laptop lemot yang akan kami jabarkan di bawah ini.

Menurut penelitian dari Sky Broadband, satu dari sepuluh dari kita tidak pernah merapikan file di PC dan memiliki file, foto, dan unduhan lama yang membuat perangkat menjadi lemot bahkan hang.

Tapi seperti wastafel yang penuh dengan cucian, komputer Anda membutuhkan perhatian yang teratur. Bahkan jika Anda telah berinvestasi dalam sesuatu seperti salah satu layanan wifi terbaik, bisa jadi perangkat kerasnya, bukan koneksinya, yang membuat Anda kecewa.

Dengan trik yang tepat, mengatasi laptop yang lemot bisa menjadi tugas yang mudah seperti yang kami jelaskan di sini. Jadi, ikuti saran ahli tentang cara mengatasi laptop lemot windows 10 terbaik untuk dicoba dan tentunya aman.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 dengan Mudah

1. Hapus Foto dan File yang Tidak diperlukan

Mungkin sulit untuk memindai file dan foto yang disimpan di komputer Anda, tetapi dengan menghapus yang tidak lagi Anda perlukan, Anda dapat mempercepat dan menghindari laptop atau PC Anda dari hang.

“Menghapus foto lama, menghapus file di komputer desktop, atau mengunggah file besar ke penyimpanan online adalah cara kecil dan cerdas untuk membantu teknologi Anda berjalan lebih cepat, lebih lama,” kata Amber Pine, Managing Director Sky Broadband. “Demikian juga dengan ponsel dan tablet Anda, Anda dapat menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan untuk mengosongkan beberapa ruang.”

Jika Anda merasa cara mengatasi laptop lemot yang pertama ini terlalu berat, coba sisihkan 30 menit sehari untuk menghapus apa pun yang tidak Anda perlukan. Untuk mendeteksi dengan mudah file atau program sementara mana yang menghabiskan banyak ruang penyimpanan di komputer Anda, Anda dapat:

  1. Pilih File Explorer dari taskbar dan temukan file yang ingin Anda transfer.
  2. Di bawah “PC ini” dalam daftar di sebelah kiri, pilih folder untuk melihat file yang disimpan di dalamnya. Folder “Video,” “Musik,” “Gambar,” dan “Unduhan” biasanya berisi file terbesar yang Anda simpan ke perangkat Anda.
  3. Untuk memeriksa ukuran file dalam folder, pilih Lihat. Kemudian detailnya. Klik kanan di ruang terbuka dan pilih Urutkan berdasarkan ukuran untuk menampilkan file terbesar di bagian atas daftar.
  4. Selanjutnya, hapus apa yang tidak lagi Anda butuhkan. Atau, pindahkan ke akun penyimpanan online atau simpan ke perangkat penyimpanan eksternal seperti drive USB atau kartu SD.
(foto: kingston.com)

Jika Anda penggemar berat dan memiliki banyak foto, Anda bahkan mungkin ingin mempertimbangkan penyimpanan eksternal yang cepat seperti SSD Portabel Kingston XS2000. Ini sangat ideal untuk menyimpan banyak video dan foto HD berharga dengan cepat dan aman.

🔥 Trending:  iPhone SE 2022 vs iPhone 13 mini - Ini Perbandingan Spesifikasinya

2. Hapus Recycle Bin dan Temporary Files

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Cara mengatasi laptop lemot kedua adalah mengosongkan Recycle Bin dan menghapus temporary files.

Setelah file yang tidak diinginkan dihapus, mereka akan ditempatkan di recycle bin di mana mereka masih disimpan. Penting untuk membersihkan Recycle Bin secara teratur, yang mungkin memakan ruang yang tidak perlu di komputer Anda.

“Semakin banyak ruang yang Anda miliki di hard drive Anda, semakin baik kinerja komputer Anda,” kata Dean Kramer, Direktur Layanan di Currys Plc.

Komputer Anda juga akan mengumpulkan file-file sementara atau temporary files, tetapi mudah untuk dihapus. Berikut cara melakukannya di Windows 10 dan 11:

  • Dari Start Menu, pilih Setting
  • Pilih Storage
  • Klik pada PC ini dan pilih hard drive Anda
  • Pilih temporary files
  • Di bawah Recycle Bin, pilih Empty Recycle Bin
  • Di bawah temporary files, pilih Hapus temporary files
  • Di bawah Download, pilih Lihat Download dan hapus yang tidak lagi Anda perlukan.’

3. Upgrade RAM

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan menambah RAM pada Laptop. Jika komputer Anda menampilkan pesan kesalahan dan file membutuhkan waktu lama untuk dimuat, Anda mungkin perlu menambahkan lebih banyak memori (RAM). Ingatlah bahwa ini berbeda dari total ruang penyimpanan pada hard drive Anda, tetapi dengan menambahkan lebih banyak RAM, komputer Anda akan dapat melakukan banyak tugas dengan lebih baik.

“Jika Anda secara teratur menjalankan program sekaligus, menambahkan lebih banyak RAM dapat membantu,” kata Peter Braithwaite, chief operating officer Kit Online. Pertama periksa berapa banyak RAM yang Anda miliki saat ini di komputer Anda, dan juga ingat bahwa ada jumlah maksimum RAM yang dapat ditangani komputer.

🔥 Trending:  Sebelum Membeli HP Xiaomi, Cek Kelebihan dan Kekurangan

Biasanya, Anda dapat memilih dari opsi 4GB, 8GB, 16GB, dan 32GB dari produsen termasuk HP, Lenovo, dan Toshiba – semuanya merupakan cara hemat biaya untuk meningkatkan kinerja sistem, memungkinkan startup lebih cepat, mengurangi lag, dan beralih antar aplikasi dengan mudah. . “.

4. Install Program Anti Virus

Pasang Antivirus - Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Memasang Anti Virus tentu saja menjadi salah satu Cara mengatasi laptop lemot yang layak di coba.

Jika komputer Anda terinfeksi malware, itu mungkin menjadi lebih lambat dari biasanya. Anda mungkin juga memiliki popup yang tidak terduga, komputer yang mengganggu, dan program yang dimulai secara otomatis secara acak. Namun, malware tidak akan selalu terlihat.

Microsoft menyarankan bahwa cara terbaik untuk menangani virus dan malware adalah dengan menjalankan dan selalu memperbarui perangkat lunak anti-malware dan anti-virus Anda. Windows 11, misalnya, memiliki Windows Security bawaan, yang akan memeriksa komputer Anda dari virus atau malware lainnya.

Baca Juga: Laptop Terbaik Untuk Desain Grafis

5. Nonaktifkan Program Startup

Beberapa program di komputer Anda diatur untuk memulai secara otomatis saat Windows dinyalakan. Tidak selalu mudah untuk membedakan mana yang terbuka, tetapi banyak berlari pada saat yang sama dapat memperlambat segalanya.

Anda dapat menonaktifkan program startup untuk memastikan bahwa mereka tidak memulai secara otomatis, tetapi Anda harus melakukannya secara manual di pengaturan laptop Windows 10/11 Anda.

6. Hapus BLOATWARE dan Software yang Tidak digunakan

Jika komputer Anda baru, lihat lebih dekat file dan aplikasi pra-instal karena tidak semuanya diperlukan.

“Vendor merek selalu memasang uji coba produk gratis — dikenal sebagai bloatware — karena mereka sedikit meningkat saat Anda meningkatkan ke langganan premium,” kata Stephen Conlan dari Pure Broadband.

Sebagian besar, itu terus berjalan di latar belakang dan dapat memperlambat perangkat Anda secara signifikan. Jadi, buka aplikasi Anda dan tekan Uninstall pada aplikasi yang tidak lagi Anda perlukan.

🔥 Trending:  5 Rekomendasi Kamera Canon Paling Bagus untuk Video dan Foto

7. Jangan Terlalu Banyak Gaya

Meskipun tampilan itu penting, efek khusus terkadang dapat memperlambat PC Anda – terutama jika tidak memiliki cukup memori (RAM).

Windows 11 hadir dengan berbagai efek visual termasuk animasi dan efek bayangan, misalnya, tetapi mereka dapat dengan mudah disesuaikan agar sesuai dengan komputer Anda dan membuatnya tetap berjalan dengan lancar.

8. Upgrade Penyimpanan ke SSD

Upgrade ke SSd - Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10
SSD

Cara mengatasi laptop lemot yang ini memang sedikit menguras isi dompet Anda, karena upgrade ke SSD tidak sedikit biayanya. Jika komputer Anda sangat lambat, dan sering hang dan Anda belum siap untuk membeli yang baru, coba perbarui perangkat penyimpanan laptop atau PC Anda dari hard disk ke solid state drive (SSD).

Ini akan membutuhkan membuka Laptop Anda, jadi jika Anda tidak merasa percaya diri, mintalah teknisi untuk melakukannya untuk Anda. Banyak SSD dijual dengan perangkat lunak kloning disk sehingga Anda dapat menyalin seluruh sistem operasi komputer Anda sebelum menggunakannya.

“Beralih ke SSD akan memungkinkan kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat,” kata Peter Braithwaite. “Ini juga akan mengurangi waktu yang diperlukan untuk membuka file besar dan meningkatkan waktu kerja komputer Anda juga.”

Untuk komputer desktop atau laptop lama, Anda memerlukan hard drive SATA SSD seperti Kingston’s A400 SSD. Pada komputer yang lebih baru dengan slot M.2, coba SSD Kingston NV1.

9. Hindari melalukan Sleep

Cara mengatasi laptop lemot terakhir adalah jangan terlalu sering menidurkan laptop saat selesai digunakan.

Mungkin mudah untuk “hibernasi” komputer Anda di penghujung hari, tetapi jika Anda tidak mematikannya sepenuhnya, banyak program latar belakang akan tetap berjalan. Hal ini dapat memperlambat kinerja. Di akhir hari yang sibuk, adalah praktik yang baik untuk mematikan dan memulai kembali.

“Memastikan komputer Anda secara teratur dimatikan dan dihidupkan ulang dengan benar dapat memperbaiki sejumlah masalah dan mempercepat perangkat keras,” kata Stephen Conlan. Bagaimanapun, aturan pertama dari semua masalah TI adalah bertanya: ‘Sudahkah Anda mencoba mematikannya dan menghidupkannya lagi? “.

Mengapa Laptop atau PC Sangat Lemot?

Menurut Microsoft, salah satu alasan utama komputer lemot atau lambat adalah ruang disk yang rendah. Anda dapat mempercepat dengan perbaikan sederhana:

  1. Hapus foto dan file atau pindahkan ke penyimpanan online atau ke perangkat penyimpanan eksternal.
  2. Tutup aplikasi yang tidak Anda gunakan.
  3. Periksa malware dan jalankan antivirus Anda.

Demikian ulasan kami tentang cara mengatasi laptop lemot Windows 10 ataupun 11 yang patut Anda coba untuk mendapatkan laptop yang lancar dan meningkatkan produktifitas harian Anda

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News