2 Cara Membuat Alamat Kita Ada di Google Map – Lewat Hp dan PC

Cara membuat alamat kita ada di Google map bisa diartikan dengan menambahkan lokasi di salah satu produk Google tersebut. Hal ini sangat penting bagi yang mempunyai usaha dan ingin dikenal luas oleh masyarakat yang ada di sekitarnya. Sayangnya, masih belum banyak yang tau bagaimana caranya. Sebagian bahkan menggunakan jasa untuk kepentingan ini.


Meskipun harga jasa tidak terlalu mahal, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui caranya sendiri. Dengan demikian, suatu saat nanti bisa berguna dan tidak tergantung dengan jasa yang dimaksud. Setidaknya, ada dua cara yang bisa digunakan dengan memanfaatkan fitur atau aplikasi yang ada di perangkat Android maupun laptop.

Tidak dapat di pungkiri bahwa peran Google map sangat penting untuk semua hal yang masih berhubungan dengan lokasi. Selain sebagai penunjuk arah, map juga bermanfaat untuk menemukan titik lokasi langsung tanpa harus mengunjunginya. Bahkan saat ini anda bisa melihat lebih detail seputar lokasi yang dimaksud jika memang tempatnya sudah diberikan detail informasi tambahan.

Keuntungan Mendaftarkan Alamat di Google Maps

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membuat alamat kita ada di Google map, kita ulas dulu apa saja manfaatnya. Dengan informasi ini, diharapkan anda semakin yakin untuk menambahkan titik lokasi yang diinginkan.

Memudahkan Orang Lain Menemukan Alamat Kita

Tujuan tama menambahkan lokasi rumah atau alamat usaha tidak lain supaya orang lain dapat dengan mudah menemukannya. Tidak masalah jika orang lain tersebut merupakan teman yang mempunyai nomor kontak kita. Lalu bagaimana jika mereka bukan teman dan ingin berkunjung? Katakanlah anda mempunyai sebuah usaha jasa atau toko, tentu mereka akan lebih mudah mendapatkan lokasi kita.

🔥 Trending:  Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 24 - Simak disini!

Menambahkan Informasi Lebih Detail

Khusus bagi yang mempunyai usaha, anda bisa menambahkan informasi lain ketika membuat alamat di Google map. Informasi yang dimaksud diantaranya adalah website, nomor kontak, email, dan deskripsi usaha. dengan demikian, seseorang lebih mudah mengetahui mengenai kategori bisnis yang anda jalankan.

Sebagai Optimasi Penjualan

Keuntungan lain yang didapatkan adalah sebagai optimasi untuk meningkatkan penjualan. Hal ini didapat dari mudahnya orang lain untuk menemukan alamat kita. Rumus sederhana, semakin banyak yang mengetahui lokasi usaha, semakin banyak pula yang mengunjungi. Ketika banyak yang berkunjung, kemungkinan besar penjualan lebih tinggi dari sebelumnya.

Cara Membuat Alamat Kita Ada di Google Map

Setelah mengetahui apa saja keuntungannya, saatnya kita bahas bagaimana cara membuat alamat kita ada di Google maps. Seperti yang dikatakan sebelumnya, ada dua metode yang bisa anda gunakan. Masing-masing memiliki kelebihan dari segi kemudahan.

Cara Membuat Alamat Kita Ada di Google Map Lewat HP

Cara yang pertama yakni menggunakan perangkat HP, baik Android atau iPhone. Metode ini memanfaatkan aplikasi Google maps langsung yang biasanya sudah ada di setiap perangkat ponsel pintar.

  • Silahkan buka aplikasi Google Maps.
  • Bagi yang baru pertama kali menggunakannya, biasanya ada notifikasi yang muncul, langsung saja tekan ‘Ya’.
  • Klik tiga garis yang ada di atas.
  • Pilih opsi ‘tambahkan tempat’.
  • Isi semua informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kolom yang tersedia.
  • Pastikan semuanya benar, kemudian setujui persyaratan dan klik ‘kirim’.
  • Google akan melakukan verifikasi dengan mengirimkan surat berisi kode verifikasi ke alamat yang tertulis.

Cara Membuat Alamat Kita Ada di Google Map Lewat PC

Selain menggunakan HP atau ponsel pintar, cara membuat alamat kita ada di Google map juga bisa dilakukan dengan PC atau laptop. Untuk cara ini membutuhkan browser dengan langsung mengakses situs Google Maps, berikut selengkapnya!

  • Buka browser yang ada di PC, lebih baik gunakan Chrome.
  • Kunjungi situs https://www.google.com/maps.
  • Pilih tiga baris horizontal seperti halnya menggunakan HP diatas.
  • Klik opsi ‘tambahkan bisnis anda’.
  • Isi nama bisnis dan kategorinya pada kolom, kemudian tekan ‘berikutnya’.
  • Pilih ‘ya’ ketika ada pertanyaan mengenai lokasi bisnis.
  • Masukkan alamat lengkap anda beserta provinsi dan kode pos.
  • Lanjutkan dengan menandai lokasi pada Google maps.
  • Isikan informasi tambahan, diantaranya adalah nomor telepon dan website.
  • Tunggu proses verifikasi dari Google.
🔥 Trending:  5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Android Hingga 299% - Buruan Coba

Kesimpulan

Bagaimana, cukup sederhana bukan cara membuat alamat kita ada di Google map? Dari kedua metode diatas, intinya tetap sama, yakni mendaftarkan alamat melalui Google Bisnisku. Pastikan juga alamatnya benar karena akan digunakan sebagai proses verifikasi yang merupakan syarat wajibnya.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News