2 Cara Buka Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain Android

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas bagaimana cara buka Youtube sambil buka aplikasi lain Android. Sebenarnya cara ini umum digunakan bagi pemilik ponsel pintar dan mudah dilakukan. Hanya saja untuk beberapa HP keluaran lama, caranya tidak semudah yang diperkirakan. Mungkin juga tidak bisa dilakukan dan harus menggunakan aplikasi tambahan.


Youtube menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan, selain aplikasi pesan online Whatsapp tentunya. Youtube bisa dikatakan sebagai media sosial platform video yang menyediakan berbagai macam kategori video. Untuk HP tertentu, membuka Youtube berarti tidak bisa membuka aplikasi lain.

Membuka dua aplikasi dalam satu layar dikenal dengan istilah split screen. Dari sedikit penjelasan diatas, cara yang dimaksud bisa dilakukan dengan batuan aplikasi tambahan dan tanpa aplikasi. Untuk cara kedua, yaitu tanpa aplikasi, perangkat yang digunakan harus sudak support fitur PIP (Picture in Picture).

Masalahnya, fitur tersebut hanya untuk merek HP Android tertentu dan seri terbaru. Pada umumnya, Samsung keluaran terbaru sudah didukung fitur tersebut. Untuk merek lain meskipun keluaran terbaru masih banyak yang belum memilikinya. Dari keduanya, nanti akan kita bahas bersama bagaimana cara menggunakannya.

Baca Juga: Cara Download Thumbnail Youtube

Cara Buka Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain Android tanpa Aplikasi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, cara buka Youtube sambil buka aplikasi lain Android bisa dilakukan tanpa aplikasi. Sebagai gantinya, dibutuhkan fitur PiP seperti yang disebutkan diatas. Sebelum menggunakan cara ini, ada baiknya jika anda mengecek terlebih dahulu apakah perangkat yang digunakan sudah support.

🔥 Trending:  Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja di Tokopedia yang Sudah Dibeli 2022

Selain Samsung, HP Android yang support dengan fitur ini yaitu Xiaomi. Untuk mengecek apakah HP telah mendukung, anda bisa cek versi MIUI. Apabila versi yang digunakan minimal 10, artinya perangkat tersebut sudah bisa digunakan untuk membuka dua aplikasi dalam satu layar.

Untuk caranya, kami buatkan contoh menggunakan HP Samsung. Memang sedikit ada perbedaan, namun intinya tetap sama. Sesuaikan dengan bahasa atau tempat menu pengaturan untuk perangkat dengan merek selain Samsung.

  • Buka aplikasi Youtube yang terpasang di perangkat.
  • Tekan ‘menu home’ pada tombol utama HP untuk keluar dari Youtube. Untuk langkah ini, tidak perlu menghapus ‘recent app’.
  • Berikutnya, silahkan buka ‘pengaturan’, kemudian cari menu ‘Apps’.
  • Dari daftar aplikasi yang muncul, pilih ‘Youtube’.
  • Pilih opsi ‘Picture-in-Picture’ tampil di layar. Jika tidak menemukannya, silahkan scroll sedikit ke bawah.
  • Pastikan bagian toggle ‘Allow Permission’ sudah berada di sebelah kanan atau menyala.
  • Kembali ke halaman utama perangkat, kemudian pilih aplikasi lain yang ingin dibuka.
  • Silahkan buka ‘recent apps’, lalu pilih aplikasi Youtube.
  • Pada opsi kotak dialog yang muncul, pilih ‘Open in Pop-Up View’.
  • Split screen untuk Youtube sudah berhasil, silahkan anda sesuaikan pengaturan posisi dan lebarnya.

Cara Buka Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain Android dengan Aplikasi

Apakah cara buka Youtube sambil buka aplikasi lain Android bisa dilakukan untuk HP yang belum support fitur PiP? Tentunya bisa, hanya saja anda butuh aplikasi tambahan untuk melakukannya. Tidak banyak aplikasi seperti ini jika dibandingkan aplikasi edit foto atau video.

Meski demikian, caranya tidaklah terlalu sulit dan mudah dipahami oleh mereka yang masih pemula dalam hal split screen. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk keperluan ini adalah Awesome Pop-Up Video. Silahkan anda download gratis melalui Playstore, kemudian ikuti langkah berikut untuk cara menggunakannya!

Screen Shot 2022 02 08 at 12.05.59 - Teras Kaltim

Download APK Awesome Pop-Up Video

  • Buka aplikasi Awesome Pop-Up Video yang sukses terpasang di perangkat.
  • Klik atau buka menu ‘setting’.
  • Pilih kualitas video 240p atau 360p untuk menghemat kuota.
  • Pada bagian ‘First Row’, silahkan cari video Youtube yang ingin ditonton. Untuk proses yang lebih cepat, gunakan fitur pencarian dengan mengetikkan judul video yang diinginkan.
  • Setelah ketemu, anda bisa langsung klik video yang dimaksud.
  • Jika sudah, secara otomatis video akan diputar dalam mode pop up.
  • Berikutnya tinggal membuka aplikasi lain sesuai keinginan, misalkan chatting, browsing, atau membuka media sosial lainnya.
🔥 Trending:  4 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Kehilangan Kwalitas - Ini Tutorialnya

Baca Juga: Cara menyimpan video dari facebook di android

Kesimpulan

Dari kedua cara diatas, yang paling mudah sebenarnya adalah dengan bantuan aplikasi. Hanya saja cara buka youtube sambil buka aplikasi lain android tanpa aplikasi lebih diuntungkan karena tidak perlu menginstal aplikasi tambahan, yang mana dapat mengurangi memori perangkat.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News