Cara Cek Serial Number iPhone yang Benar dan Mudah!

Cek Serial Number iPhone

Ada banyak manfaat dengan melakukan cek serial number atau IMEI suatu produk, antara lain bisa untuk mengecek keaslian produknya juga status dan kondisi produk, lalu untuk keperluan klaim garansinya, hingga untuk mengetahui posisi produk pada saat hilang atau dicuri dan lain sebagainya. Hal ini karena IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah suatu kode produksi yang akan menjadi pembeda bagi suatu produk perangkat dengan produk perangkat yang lainnya. Dengan demikian maka tidak akan ada produk yang memiliki serial number atau IMEI yang sama.

IMEI atau serial number ini ibaratnya seperti sidik jari bagi tiap manusia yang tak akan bisa sama meski untuk orang yang kembar sekalipun. Ada banyak kegunaan dari IMEI atau serial number tersebut. Jika iPhone dicuri atau hilang maka bisa segera melaporkannya kepada pihak provider operator seluler yang digunakan yang sedang terpasang pads iPhone yang hilang tadi, lalu dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, maka pihak provider akan bisa melacak lokasi keberadaan iPhone yang hilang atau dicuri tersebut dan lalu dengan segera melakukan pemblokiran sementara pada iPhone yang hilang atau dicuri sehingga iPhone tersebut tidak akan bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kemudian informasi mengenai lokasi tempat iPhone tersebut berada dapat dimintakan pada kantor provider yang digunakan dan terpasang di iPhone yang hilang atau dicuri tersebut. Lakukan hal ini dengan segera sebelum ada yang mencopot dan mengganti sim card kartunya. Pengecekan IMEI juga sangat penting dilakukan pada saat hendak membeli iPhone ataupun perangkat yang lainnya. Hal tersebut guna mengetahui apakah iPhone yang akan dibeli tersebut adalah asli atau palsu, karena meski membeli di toko pun belum tentu 100% asli, apalagi jika harganya sangat miring dengan diskon yang sangat besar yang hingga mencapai 50% atau bahkan lebih dari harga resminya. Meski diskon hanya kecil pun ataupun yang dijual dalam harga normal sekalipun tetap perlu dilakukan pencocokan nomor serial number atau IMEI tersebut guna mengetahui keasliannya sebagai patokan guna menentukan keasliannya.

Cara Cek Serial Number iPhone:

Nah berikut ini adalah cara untuk cek serial number iPhone.


1. Lewat Sistem iPhone

Cara pertama ini cukup mudah. Pengecekan serial number atau IMEI dapat dilakukan dari menu pengaturan sistem di iPhone. Caranya ialah sebagai berikut.

    1. Masuk ke menu Settings
    2. Kemudian buka menu General
    3. Lalu pilih menu About
      Selanjutnya pada laman About maka bisa diketahui tertera nomor serial number atau IMEI dari iPhone nya. Pada laman About tersebut juga bisa sekalian di cek ICCID nya.

2. Lewat Fisik iPhone

Serial number atau IMEI iPhone juga tertera di bagian fisik iPhonenya. Cara untuk bisa melihatnya di bagian fisik iPhone, tergantung tipe model dan jenis iPhonenya.

    1. Pada beberapa model iPhone tertentu bisa dilakukan dengan cara harus dibuka terlebih dahulu casing di bagian sisi belakangnya dan lalu copot baterai yang masih terpasang. Maka letak tulisan rangkaian nomor serial number atau IMEI nya akan tertera dan bisa ditemukan di dekat tempat slot SIM card.
    2. Sedangkan pada beberapa jenis model iPhone tertentu, yakni seperti iPhone tipe 5 atau tipe 5c atau tipe 5s atau tipe 6 atau tipe /6+ dan lainnya lagi beberapa tipe iPhone tertentu bisa diketahui nomor IMEI atau serial numbernya sudah terukir jelas pada bagian belakang body iPhon nya, jadi tinggal membalikkan saja iPhone nya maka sudah bisa diketahui data serial number atau nomor IMEI nya, tak perlu repot-repot harus membongkar dan melepas bagian dalam iPhone nya.

3. Lewat Kode Khusus

Berikutnya adalah dengan memasukkan suatu kode khusus di iPhone guna mengecek serial number atau IMEI pada iPhone. Caranya ialah sebagai berikut.

    1. Masuk ke menu Telepon/Calls
    2. Lalu ketikkan kode *#06#
      Sehingga akan muncul di layar iPhone tertera serangkaian nomor IMEI atau serial number dari iPhone yang bersangkutan.

4. Lewat iTunes

Aplikasi iTunes yang selama ini dikenal hanya terkait dengan urusan musik, rupanya juga memiliki fungsi yang lain lagi, yakni software resmi dari Apple tersebut juga bisa digunakan untuk mengecek serial number atau IMEI di iPhone. Caranya ialah sebagai berikut.

    1. Sambungkan iPhone pada komputer yang sudah terinstall dengan aplikasi iTunes.
    2. Lalu ketika sudah berhasil terkoneksi, kemudian klik menu Library yang ada pada iTunes
      Sehingga lalu dengan secara otomatis maka data-data dari iPhone yang terhubung akan ditampilkan pada layar, termasuk juga dengan data mengenai serial number atau nomor IMEI iPhone terkait.

Data nomor IMEI atau serial number iPhone yang telah berhasil diketahui lewat beberapa cara tersebut di atas lantas bisa digunakan untuk mengecek keaslian produk iPhone dengan cara mencocokannya dengan cara sebagai berikut:

4. Pencocokan dengan Dus iPhone

Cocokan data serial number atau IMEi tadi dengan serial number atau nomor IMEI yang tertera pada dus book iPhone nya. Jika perangkat iPhone nya tersebut asli maka akan memiliki nomor IMEI atau serial number yang sama antara bagian fisik iPhone, dengan yang tertera di dus book, dan juga yang tercatat di sistem iPhone nya.


5. Pencocokan melalui Website Resminya

Bisa juga dilakukan pencocokan dengan melalui website resminya yakni http://www.imei.info. Setelah nomor IMEI atau serial numbernya dimasukkan maka website akan memberikan data-data lengkap mengenai iPhone nya.

Lalu jika sesudah memasukkan nomor IMEI atau serial number yang tertera di iPhone namun data yang ditampilkan di website adalah data dari ponsel iPhone yang lain, maka bisa dipastikan bahwa iPhone tersebut ialah palsu.

Serial number atau nomor IMEI tersebut juga diperlukan untuk klaim garansi iPhone.

You May Also Like

Teras.Monuri

About the Author: Teras.Monuri

Bekerja di bidang IT , yang berhubungan dengan Hardware mapun Software dan Memiliki Talenta sebagai Penulis. Yuk Kita saling berbagai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *