Bltumkm 3

Cara Cek Penerima BLT UMKM yang Cair Bulan Mei 2021

Cara cek penerima BLT UMKM untuk mengetahui apakah anda termasuk penerima bantuan yang cair bulan Mei ini atau tidak.

Penerima bantuan ini akan mendapatkan 1,2 juta sebagai bantuan karena adanya dampak Covid-19.

Penyaluran tersebut melalui dua bank yakni Bank BRI dan BNI. Bagi anda yang ingin mengecek apakah termasuk penerima bantuan tersebut, anda dapat ikuti penjelasan berikut.

Baca juga: Cara Membersikan Cache pada IPhone

Mudahnya Cara Cek Penerima BLT UMKM Melalui Dua Bank

Masyarakat calon penerima bantuan dapat mengecek bantuan secara online.

Melalui BNI

Bagi anda yang ingin melakukan pengecekan, anda dapat membuka laman banpres BPUM. Setelah membuka laman tersebut, kemudian anda masukkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK pada kolom yang tersedia. Selanjutnya anda klik Cari.

Akan ada pemberitahuan terdaftar atau tidaknya sebagai penerima BPUM 2021. Jika anda termasuk dalam penerima, maka anda dapat mencairkan bantuan tersebut dengan mendatangi kantor cabang BNI dan menandatangani SPTJM. Syarat lainnya yang harus dibawa adalah e KTP, kartu ATM, dan buku tabungan.

Baca juga: Cara Bermain PUBG Mobile di PC Dengan Mudah dan Cepat

Melalui BRI

Cara cek penerima BLT UMKM selain melalui BNI, anda dapat mengecek melalui BRI.

Anda buka laman eform BRI/bpum Jika sudah, anda masukkan saja NIK pada kolom penginputan yang tersedia. Setelah itu, anda masukkan kode verifikasi yang sudah tertera di layar. Selanjutnya anda klik Proses Inquiry. Anda akan mendapatkan notifikasi terdaftar atau tidaknya.

Jika anda terdaftar sebagai penerima, sebaiknya anda datang ke BRI dan mencairkannya dengan membawa dokumen lainnya.

Baca juga: Cara Daftar BLT Pengganti BLT Subsidi Gaji Rp3,5 Juta

Sebaiknya anda bawa buku tabungan, kartu ATM, KTP, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, dan atau kuasa penerimaan dana Banpres. Selain dapat dicek secara online, penerima bantuan ini akan diinformasikan melalui SMS oleh bank penyalur.

Jika anda menerima SMS pemberitahuan tersebut, anda anda harus segera melakukan verifikasi ke bank penyalur yang sudah ditentukan. Hal tersebut agar bantuan anda dapat dicairkan.

Dengan mengetahui cara cek penerima BLT UMKM, anda dapat segera mencairkannya jika terdaftar sebagai penerima. Namun jika tidak, anda dapat melakukan pendaftaran sebagai penerima BLT melalui cara daftar yang telah ditentukan.