Info Lengkap dan Cara Daftar UMKM 1.2 Juta Bulan Mei

Hingga saat ini pemerintah terus melakukan upaya dalam menggeliatkan kembali sektor UMKM. Berbagai cara dilakukan, termasuk diantaranya adalah Bantuan Langsung Tunai atau BLT sebesar 1.2 juta bagi pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19. Cara daftar UMKM 1.2 juta Mei sangat mudah, anda dapat mengajukannya dengan memenuhi persyaratan yang ada.

Baca juga: Cara Agar Koneksi Internet Stabil Saat Bermain Game Online PC/Laptop

Bagaimana Cara Daftar UMKM 1.2 Juta Mei?

Pemerintah melalui Kementerian dan Koperasi akan menyalurkan bantuan kepada seluruh pelaku UMKM. Kemudian bantuan akan disalurkan melalui program Bantuan Presiden Produktif atau BLT UMKM.

Untuk mendaftar BLT UMKM ini cukup mudah. Anda wajib  mendaftarkan diri ketika melakukan  pengajuan ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah kabupaten atau kota di wilayah masing-masing. Kemudian Kadiskop UKM memerlukan data mengenai Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat tempat tinggal, bidang usaha, dan nomor HP.

Baca juga: Cara Cek Penerima BLT UMKM yang Cair Bulan Mei 2021

Bagi pelaku UMKM yang belum mempunyai rekening dapat tetap mendaftar. Karena pelaku UMKM yang berhak menerima bantuan selanjutnya akan dibuatkan rekening. Kemudian pembuatnya adalah salah satu dari bank penyalur.

Lembaga penyalur tersebut diantaranya adalah Bank BNI, BRI, Mandiri, BPD, dan PT Pos. Kemudian pihak bank akan memanggil para pelaku usaha yang dinyatakan berhak menerima bantuan. Untuk dibuatkan rekening dan langsung menandatangani self declaration masalah kelayakan penerimaan.

Baca juga: Syarat dan Cara Bantuan Rp. 3,55 juta Melalui Prakerja

Syarat Pendaftaran BLT UMKM

Proses seleksi BLT UMKM, yang bertindak sebagai pengusul adalah Dinas Koperasi dan UMKM. Kemudian akan melakukan pembersihan mengenai data cari calon penerima. Caranya adalah memverifikasi identitas kependudukan dan pengecekan tentang kelengkapan dokumen sebagai persyaratan utama.

Bila semua persyaratan terpenuhi, maka pengajuan berlanjut ke Dinas Koperasi dan UMKM sesuai wilayah pemohon. Syarat pendaftaran BLT UMKM adalah WNI dan mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kemudian mempunyai usaha mikro bukan pegawai BUMN, BUMD, PNS, TNI, atau Polri.

Selanjutnya tidak sedang menikmati kredit dari perbankan dan KUR. Kemudian Surat Keterangan Usaha (SKU) wajib dilampirkan bagi pelaku usaha yang mempunyai KTP dan domisili usaha. Cara daftar UMKM 1.2 juta Mei terbilang mudah, segera daftarkan diri anda untuk mendapatkan bantuan tersebut.