Cara Mudah Menghapus Cache atau File Sampah Di HP XIOMI

Menghapus cache pada ponsel Xiaomi itu sederhana dan cepat. Xiaomi adalah salah satu produsen smartphone utama di China.
Setiap kali Xiaomi meluncurkan smartphone terbarunya, sering kali menarik perhatian pengguna. Fitur yang dihadirkan sangat berbeda dengan harga yang sangat terjangkau, yang jelas merupakan keunggulan Xiaomi dan bukan milik smartphone lain.

Ponsel Android selalu membuat file sampah saat digunakan. Tak terkecuali Xiaomi. Akibatnya, keberadaan file sampah ini dapat berdampak buruk pada kinerja ponsel:

 > membuatnya lebih melambat.
> Atau bahkan membeku (Hang) saat digunakan.

Tidak hanya itu, Anda tahu bahwa file sampah juga dapat membuat penyimpanan penuh, Namun anehnya, jika kita periksa kembali memori internal, sepertinya tidak ada file yang memakan tempat di sana.

Nah, Kali ini kita akan membahas cara-cara mudah untuk membersihkan file sampah atau cache di smartphone kalian. Simak Artikel berikut dengan teliti.

Membersihkan cache pada ponsel Xiaomi

Pada kesempatan kali ini saya akan share kepada kalian semua khususnya para pengguna smartphone Xiaomi, cara membersihkan cache pada hp Xiaomi sangatlah simpel dan cepat. Cache adalah salah satu file sementara yang dibuat oleh sistem ketika pengguna menjalankan aplikasi atau perintah tertentu. Memiliki file cache sebenarnya sangat bagus karena dapat mempercepat waktu saat membuka aplikasi yang ada. Tetapi sebagian besar cache juga memengaruhi memori internal dan RAM. Semakin besar cache, semakin besar memorinya dan terkesan berat. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membersihkan file cache di ponsel Xiaomi, cobalah beberapa cara berikut ini.

1.Cara Membersihkan File Sampah Dengan Built-in Cleaner

Ponsel baru Xiaomi MIUI memiliki fitur menarik yaitu built-in cleaner yang mengoptimalkan penyimpanan internal.

Langkah-langkahnya adalah:

Langkah 1. Pertama-tama, buka aplikasi Pembersih.

Langkah 2. Kemudian tunggu hingga proses pemindaian data selesai.
Proses pemindaian

Langkah 3. Setelah pemindaian selesai, klik tombol “Hapus“.
Bersihkan file yang tidak perlu

cara hapus cache

catatan: Anda juga dapat memilih data yang ingin Anda hapus atau tidak.

Langkah 4. Tunggu hingga proses selesai.
Proses pembersihan

Langkah 5. Jika ya, berarti file yang tidak diperlukan di ponsel Xiaomi Anda telah berhasil dihapus.
File sampah berhasil dihapus

Mudah kan? Ya, prosesnya sendiri sangat cepat.

Ketika saya melakukan ini di ponsel Xiaomi saya, prosesnya memakan waktu kurang dari 1 menit.

catatan:

Aplikasi ini bekerja seperti ini: ia mencari file tersembunyi yang tidak perlu dan kemudian menghapusnya.
Semuanya terjadi secara instan dan otomatis, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi.
Ukuran file yang dapat dihapus bervariasi. Bisa kecil atau besar. Tetapi seringkali ukurannya lebih dari 100 MB (untuk penggunaan internal, ini sangat melegakan).

2. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Aplikasi Anda tidak memenuhi metode di atas, Anda dapat menemukan dan mendownload aplikasi pembersih sendiri langsung dari Google Play Store. Ada banyak aplikasi Pembersih yang optimal untuk membersihkan file sampah seperti CCleaner, Clean Master, CM Security dan lainnya.

cara mudah menghapus file sampah

Anda dapat menerapkan metode di atas untuk semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi NOTE, NOTE 2, NOTE 3, Redmi NOTE 4, NOTE 4X, NOTE 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Redmi 5A, Xiaomi Redmi NOTE 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Redmi NOTE 5A, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi NOTE, Mi NOTE Pro dan lainnya. Jika ada sedikit perbedaan dari panduan atau cara di atas, tinggal sesuaikan saja.

3. Menghapus file cache dari aplikasi

Optimasi di atas hanya untuk menghapus file sementara dari penyimpanan internal. Kami dapat secara manual menghapus file cache yang berasal dari aplikasi.

Nah, semua ponsel Android (termasuk Xiaomi) menyediakan opsi untuk menghapus instalannya di pengaturan.

Ikuti langkah ini:

Buka pengaturan
Geser ke bawah. Di kolom Application Settings, klik Applications.

Menu aplikasi dalam pengaturan, Kemudian cari aplikasi apa saja yang biasa Anda gunakan.
Ketuk opsi Penyimpanan
Kemudian pilih opsi untuk Hapus cache

cara mudah menghapus cache

Hapus cache aplikasi

Faktanya, metode ini tidak akan menghapus aplikasi dari ponsel Anda. Namun, untuk beberapa aplikasi, pengunduhan awal mungkin membutuhkan waktu lebih lama.

Selain itu, saya juga biasanya menggunakan metode ini untuk menyelesaikan masalah aplikasi tertentu. Misalnya, ketika Play Store tidak dapat mengunduh karena penyimpanan melimpah.

4. Melalui TWRP Recovery

cara menghapus cache di xiomi

Terakhir, melalui TWRP. TWRP sendiri merupakan pemulihan Android yang memiliki banyak fitur canggih. Salah satunya adalah fitur Wipe Cache.

Namun tentunya cara ini hanya bisa diterapkan pada ponsel Xiaomi yang sudah terpasang TWRP.

Bagaimana cara menggunakannya:

> Matikan ponsel Anda terlebih dahulu.
> Tekan tombol Daya + Keraskan Volume dan tunggu beberapa detik.
> Setelah menyalakan ponsel, secara otomatis akan boot ke TWRP Recovery.
> Temukan opsi “Clear”, lalu klik “Clear Cache”.
> Tunggu hingga proses pembersihan selesai.
> Jika sudah selesai, langsung restart saja Smartphone kalian.

Fitur Wipe Cache dari pemulihan ini dirancang untuk menghapus file yang tidak diperlukan dari sistem. Hasilnya cukup efektif meningkatkan produktivitas HP.

catatan:

Untuk masuk ke recovery ini, bisa berbeda tergantung tipe Xiaomi yang digunakan. Tapi pengalaman saya biasanya hanya dua:

1. Tombol kombo pertama                    2. Tombol kombo kedua
Tombol Power + Volume Up                 Tombol power + Volume Up + Volume Down

informasi tambahan

Jika Anda tidak yakin berapa kali untuk mengoptimalkan file sampah, jawabannya tergantung pada kebutuhan Anda masing-masing.

Saya pribadi merekomendasikan ini setidaknya sekali seminggu. Dengan catatan, hanya untuk penggunaan ringan seperti chat atau media sosial seperti Instagram.

Namun jika handphone lebih sering digunakan, apalagi dengan penggunaan yang agak berat (misal di game), ada baiknya dicoba scan minimal 4 hari sekali agar performa handphone tetap terjaga.

Menghapus file sampah dan file cache di ponsel Xiaomi ini sangatlah penting. Sayangnya, ada yang tidak tahu caranya.

Di sini saya membidik tutorial untuk Anda pengguna Xiaomi yang masih khususnya. Semoga tutorial ini bisa dipahami dengan cukup jelas.

Semoga bermanfaat.