Cara Cek Kondisi Baterai Smartphone Beserta Tips Merawatnya

Baterai merupakan komponen penting dari sebuah smartphone, Karena tanpa baterai ponsel tidak akan bisa menyala.

Seiring waktu, kinerja baterai akan menurun. Terlebih lagi jika pengguna tidak menjaganya dengan baik. Pengguna ponsel Android atau iOS (iPhone) bisa mengecek kesehatan baterai ponselnya, Pengecekan ini bisa dilakukan untuk melihat apakah baterai handphone masih dalam kondisi baik atau tidak.

Dengan pemeriksaan rutin, pengguna dapat mengambil langkah preventif untuk mencegah kerusakan baterai. Bagaimana caranya?

Cek status baterai iPhone

iPhone memiliki fitur built-in untuk memeriksa kesehatan baterai. Pengguna iPhone dapat memeriksa kesehatan baterai dengan mudah dengan mengunjungi menu “Pengaturan”> “Baterai”> dan “Kesehatan Baterai”.

cek kondisi baterai iphone

Pada layar Battery Health, pengguna akan melihat kapasitas pengisian daya maksimum sebuah ponsel pada
1 – 100 persen, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Jika kapasitasnya di bawah 80 persen, baterai iPhone tergolong lama dan perlu diganti agar performa ponsel tetap maksimal. Sedangkan jika kapasitas maksimalnya 80 persen, baterai masih tergolong “sehat” dan belum mempengaruhi performa.

Cek Status Baterai Android

Tidak seperti iPhone, ponsel Android tidak memiliki daftar periksa kesehatan baterai default.

Pengguna dapat melihat status baterai sebenarnya dengan menekan tombol “# * # 4636 # * # *” ​​di menu panggilan telepon seluler dan kemudian memilih menu “Informasi Baterai“.

Hanya saja, tidak semua ponsel Android memiliki daftar ini. Sebagai alternatif, pengguna dapat menginstal beberapa aplikasi gratis yang tersebar di Google Play Store untuk mengecek baterai, salah satunya adalah AccuBattery yang dapat diunduh di Google Play Store secara gratis.

accubattery

Status baterainya sendiri dapat dilihat di tab “Kondisi/Healty” pada aplikasi.
Namun, informasi ini tidak akan diketahui saat pengguna menginstal AccuBattery untuk pertama kalinya. Pasalnya, aplikasi tersebut membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengkalibrasi kinerja baterai dan memperkirakan kapasitas pengisian daya maksimum ponsel tersebut, apakah kinerjanya masih bagus atau tidak.

Nantinya, AccuBattery akan merekam aktivitas terkait pengisian dan penggunaan baterai ponsel selama aplikasinya terpasang. Setelah beberapa hari, AccuBattery akan menampilkan kapasitas maksimum baterai ponsel yang terpasang dengan aplikasi, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

cara cek kondisi baterai

Jika Anda melihat gambar di atas, “Design Capacity” adalah kapasitas baterai ponsel yang dipasang dengan AccuBattery, sedangkan “Estimated Capacity” adalah perkiraan kapasitas baterai yang dicatat oleh aplikasi.

Dalam kasus yang disebutkan di atas, ponsel berhenti mengisi daya pada 3.282 mAh, atau 94 persen dari kapasitas baterai aslinya (3.500mAh).

Sama seperti iPhone, baterai ponsel Android biasanya dianggap ketinggalan jaman jika kapasitas pengisian maksimalnya kurang dari 80 persen.

Tips Merawat Baterai

Nah, untuk mencegah kondisi baterai ponsel iPhone atau Android berada di atas 80 persen, pengguna sebenarnya bisa melakukan berbagai langkah pencegahan.

Simak tips merawat baterai berikut ini :

1. Hindari pengisian 100 persen. Hentikan pengisian daya baterai saat sudah terisi 80% untuk menjaganya dalam kondisi sempurna.

2. Manfaatkan teknologi pengisian cepat dan hindari pengisian baterai semalaman.

3. Jangan biarkan baterai benar-benar kosong hingga membuat ponsel mati.

4. Jangan mengisi daya di tempat yang panas. Selain itu, hindari penggunaan ponsel di tempat bersuhu tinggi, baik panas maupun dingin.

5. Jangan menggunakan ponsel atau bermain game saat sedang mengisi daya. 6. Gunakan charger dan kabel original yang kualitasnya sudah terjamin.

7. Aktifkan fitur hemat baterai agar telepon tidak sering mengisi daya.

8. Aktifkan mode Airplane jika tidak ada aktivitas penting. Untuk online dalam mode ini, Anda dapat menggunakan jaringan WiFi yang tersedia.

9. Perbarui sistem operasi perangkat Anda. Biasanya, pembaruan meningkatkan kinerja ponsel secara keseluruhan, termasuk baterai.

10. Gunakan layar gelap penuh (mode gelap) dan kecerahan layar redup (kecerahan) untuk menghemat daya baterai.

11. Matikan fitur GPS dan lokasi pada ponsel cerdas Anda jika tidak diperlukan.

Cukup sekian Ulasan mengenai cara cek kondisi baterai smartphone beserta tips perawatanaya, Semoga ulasan ini bermanfaat untik kalian semua.