Bantuan Sosial TUNAI

Begini Cara Daftar BLT Rp 17.4 Juta Sekeluarga

Ekonomi di tahun 2021 ini akan memberikan sejumlah BLT kepada masyarakat. Hal ini diambil dari keputusan dengan pertimbangan pandemi yang masih belum usai. BLT prioritas digulirkan pada sejumlah masyarakat yang terdampak wabah pandemi. Kini sangat mudah untuk mengetahui cara daftar BLT Rp 17.4 juta sekeluarga.

Dalam hal ini, ada beberapa sasaran yang bisa diperoleh untuk masyarakat. Misalnya BLT ibu hamil sebesar 3 juta dan balita juga 3 juta. Yang mana akan diberikan setiap tiga bulan sekali dengan nominal Rp 750.000.

Baca Juga : Bansos UMKM

Inilah Cara Daftar BLT Rp 17.4 Juta Sekeluarga

Yang kedua ada Daftar BLT anak sekolah sebesar 4.4 juta dalam setahun. BLT ini sangat mudah untuk didaftarkan. Ada juga cara daftar BLT untuk lansia yang berusia diatas 70 tahun sebesar 2.4 juta setahun.

Cara Daftar PKH

Belum lagi program keluarga harapan atau BLT PKH yang dianggarkan sebesar Rp 28.7 triliun. Untuk mendaftarkan PKH caranya sebagai berikut:

  1. Calon peserta PKH wajib melapor kepada petugas atau aparat desa untuk didata dan diverifikasi.
  2. Calon peserta tidak sedang menerima bansos lain.
  3. Bukan merupakan anggota PNS, TNI, POLRI, dan lain sebagainya.
  4. Termasuk pada kategori keluarga miskin dan rentan miskin.
  5. Data yang diberikan harus lengkap dan valid. Setelah itu, akan mendapatkan kartu keluarga sejahtera sebagai syarat penerima BLT.

Adapun BLT yang diberikan melalui PIP untuk anak sekolah. Mereka yang mendapatkannya merupakan jenjang SD, SMP, dan SMA. Uang ini diberikan dalam bentuk tunai bagi mereka yang termasuk keluarga miskin dan rentan miskin melalui Kemendikbud.

Cara Daftar BLT KIP

Untuk pendaftaran BLT KIP bisa mengikuti panduan dibawah ini:

  1. Pelajar membawa kartu KIP ke sekolah yang dituju.
  2. Pelajar akan dicatat sebagai data pokok pendidikan sebagai calon penerima manfaat.
  3. Data diajukan ke Kemendikbud.
  4. Pelajar bisa mengambil BLT yang ditunjuk dengan surat pernyataan atau pemberitahuan.

Perlu diketahui bahwa pemberian BLT ini ditujukan pada mereka yang memang membutuhkan. Supaya masyarakat Indonesia sama ratanya memperoleh tingkat kesejahteraan, baik dalam kesehatan maupun pendidikan.

Itulah seputar informasi mengenai cara daftar BLT Rp 17.4 juta sekeluarga. Pastikan bahwa nama sudah terdaftar dan lakukan pengecekan sebelum melakukan transaksi.