Mengajak WNA ke Bali Di Tengah Pandemi, Kristen Gray Dideportasi dari Indonesia!

Pihak Kemenkum HAM Kanwil Bali memutuskan memberi sanksi deportasi terhadap warga negara (WN) asal Amerika Serikat (AS), Kristen Antoinette Gray. Kristen dianggap melanggar ketentuan keimigrasian di Indonesia.


“Tindak lanjut, WN Amerika atas nama Kristen Antoinette Gray dikenakan tindak pidana keimigrasian berupa pendeportasian atau pengusiran sebagaimana tersebut Pasal 75 ayat 1 dan ayat 2 huruf f UU 6/11 tentang Keimigrasian,” kata Kakanwil Kemenkum HAM Bali, Jamaruli Manihuruk, dalam jumpa pers di Denpasar, Selasa (19/1/2021).

Cuitan Kristen Gray lewat akun Twitter @kristentootie yang mengajak WNA untuk masuk ke Bali bikin heboh. Cuitan-cuitan Kristen Gray dianggap meresahkan masyarakat.

Jamaruli memaparkan sejumlah poin yang disebarkan Kristen Gray melalui cuitannya. Poin pertama, Kristen Gray menyebutkan tinggal di Bali penuh kenyamanan karena tidak pernah dipermasalahkan soal pajak dan urusan keimigrasian.

Poin lainnya, Kristen Gray dianggap tidak tepat menyebut akses ke Indonesia pada masa pandemi COVID-19 punya kemudahan. Pernyataan tersebut bertentangan dengan Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 nomor 2/2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional dalam Masa Pandemi COVID-19 serta Surat Edaran Ditjen Imigrasi tentang Pembatasan Sementara Masuknya Orang Asing di Wilayah Indonesia dalam Masa Pandemi COVID-19.

“Sedangkan WNA tersebut diduga melakukan kegiatan bisnis penjualan e-book dan pemasangan tarif konsultasi wisata Bali sehingga dapat dikenakan sanksi sesuai Pasal 122 huruf a UU 6/2011 tentang Keimigrasian,” jelasnya.

Simak kasus Kristen Gray hingga bikin heboh di halaman selanjutnya.

Sebelumnya, Kristen Gray membuat heboh publik RI. Cerita bule Amerika Serikat (AS) itu tentang kehidupannya di Bali dan ajakan pindah ke Pulau Dewata bikin dia akan dilacak Imigrasi.

Lewan akun Twitter @kristentootie, Kristen Gray bercuit tentang enaknya hidup di Bali bagi orang asing. Dulu, sebelum pindah ke Bali, Kristen Gray yang merupakan keturunan Afrika bercerita soal penghasilannya di Bali dan hidup yang lebih murah ketimbang waktu dia masih di AS.

🔥 Trending:  Pemerintah Tidak Bisa Menangani Banjir Kalsel?

Sontak tanda pagar atau hashtag #Bali menjadi trending pada Minggu (17/1/2021) petang gegara Kristen Gray. Beberapa netizen mempertanyakan status visa Kristen Gray, ihwal pajak hingga menyoroti ajakan agar WNA pindah ke Bali yang dianggap tidak peka terhadap kondisi ekonomi masyarakat setempat.

Cerita Kristen Gray tentang Bali beredar ke mana-mana, sampai ke telinga pemerintah juga. Pihak Imigrasi mengatakan telah menurunkan tim mengecek dokumen dan tempat tinggal WNA tersebut.

Sumber: #artikelasli

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *