Honda Brio Menjadi Mobil Terlaris di Indonesia, Apa Harganya Masih Pantas Dibilang Murah?

Honda Brio Menjadi Mobil Terlaris di Indonesia, Apa Harganya Masih Pantas Dibilang Murah?

Masih menyandang status LCGC, Honda Brio jadi mobil terlaris di Indonesia tahun 2020. Tapi, apakah harganya masih terjangkau?

Mimpi masyarakat Indonesia untuk memiliki mobil dengan harga terjangkau di kisaran Rp 100 jutaan terwujud sejak tahun 2013. Pemerintah lewat Kementerian Perindustrian mengeluarkan aturan tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) atau disebut juga Low Cost Green Car (LCGC).

Tapi kini harga mobil LCGC semakin jauh dari angka Rp 100 juta. Banderol mobil LCGC termahal saat ini ada pada Honda Brio tipe E CVT dengan harga Rp 173,5 juta. Bahkan harga Brio termurah yang masuk segmen LCGC dijual pada angka Rp 149 juta.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy semua harga mobil LCGC sudah disetujui pemerintah.

“KBH2 atau kita sebut LCGC harga itu dapat persetujuan pemerintah,” kata Billy saat konferensi virtual, Senin (18/1/2021).

Tak seperti mobil lainnya, penentuan harga LCGC dipatok dalam Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 33/M-IND/PER/7/2013.

Dalam pasal 2 ayat e disebutkan besaran harga jual KBH2 setinggi-tingginya Rp 95 juta berdasarkan lokasi kantor pusat Agen Pemegang Merek. Harga tersebut merupakan harga penyerahan ke konsumen sebelum pajak daerah, Bea Balik Nama (BBN), dan Pajak Kendaraan Bermotor.

Tapi harga tersebut masih bisa lagi mengalami kenaikan karena menyesuaikan dengan kondisi ekonomi yang dicerminkan dari besaran inflasi, nilai tukar rupiah, harga bahan baku, penggunaan transmisi otomatis maksimum 15 persen, dan fitur keamanan penumpang maksimum 10 persen dari harga LCGC.

“Harga itu ditentukan oleh pemerintah, waktu itu di bawah Rp 100 juta (off the road), namun ada allowance, misalnya semua varian kami ada safety feature, SRS itu ada allowance-nya itu harus ada proposalnya, memang porsi-porsi tertentu yang memang kami bisa melakukan penambahan-penambahan, itu bisa dilihat di aturan pemerintah,” jelas Billy.

Dalam kurun waktu delapan tahun, harga mobil-mobil LCGC telah berubah. Daihatsu Ayla tipe terendah dengan mesin 1.0 MT misalnya kini berharga Rp 103,3 juta. Sedangkan untuk versi paling murah lainnya ialah Karimun Wagon R GA dengan harga Rp 122 juta.

Terlepas dari harga tersebut, Honda Brio mencetak rekor penjualan mobil terlaris di Indonesia saat ini.

Di sepanjang tahun 2020 datang dari Honda Brio dengan total penjualan sebesar 43.021 unit. Hingga akhir tahun lalu, Honda Brio Satya mencatat total penjualan sebanyak 31.713 unit, sementara Honda Brio RS mengumpulkan penjualan sebanyak 11.308 unit. Secara keseluruhan, kedua varian Honda Brio tersebut telah memberikan kontribusi sebesar 54% untuk total penjualan Honda di sepanjang tahun 2020.

“Kalau dilihat mahal, nggak ya, ini value for money-nya sangat tinggi,” ungkap Billy.

Sumber: #artikelasli