Ramalan Mbak You Tahun Ini Rusuh, Tanggapan Deddy Corbuzier: "Anda Bohong dan Berbahaya!"

Ramalan Mbak You Tahun Ini Rusuh, Tanggapan Deddy Corbuzier: “Anda Bohong dan Berbahaya!”

Deddy Corbuzier membuat video khusus untuk Mbak You untuk menanggapi ramalan yang dibuat akhir tahun lalu dengan menggelar konferensi pers pada 23 November 2020. “Saya tidak punya masalah, tapi cara berpikir orang Indonesia menjadi kacau gara-gara orang seperti anda,” katanya dalam podcast Close the Door di kanal Youtubenya, yang tayang pada Senin, 18 Januari 2021.

Deddy menuturkan, Indonesia saat ini sedang tidak baik-baik saja. “Indonesia itu sedang kacau, sedang menangis. Pesawat jatuh, banjir, beberapa tokoh meninggal, polarisasi, ditambah ramalan akan ada penjarahan, kericuhan. Maksud Anda apa? Saya bilang ramalan anda bohong,” ujarnya dengan kesal.

Menurut Deddy yang mengaku belajar psikologi, ramalan bisa membuat efek nocebo, yakni suatu keadaan ketika substansi sebenarnya tak menyebabkan rasa sakit membuat seseorang mengalami rasa sakit akibat kepercayaan atau persepsi mengenai suatu hal. Ia pun mengaitkannya dengan ramalan Mbak You bahwa di tahu ini akan terjadi penjarahan, kerusuhan, dan keributan.

“Kalau ini ramalan, impactnya akan jadi nocebo, yang tadinya enggak ada apa-apa, malah jadi apa. Orang yang punya pikiran negatif, wah iya, rusuh ini diramalkan, lalu terjadi subconsious, lalu bekerja dengan sendirinya,” katanya.

Deddy menilai, ramalan yang dibuat Mbak You itu tidak bisa dipercaya. Peramal yang memprediksi kejadian sekian banyak, pasti ada dua atau tiga yang benar. “Kalau saya ngomongin seratus omongan, pasti ada 2 atau 3 yang benar, dan itu yang akan dibuzz. Yang benar itu dibahas, yang lain dilupakan,” katanya.

Dalam situasi itu, kebenaran yang kebetulan itu disebut cold reading, yakni teknik yang biasa digunakan untuk menunjukkan bahwa sebagai seorang peramal seakan-akan bisa mengetahui banyak hal tentang kliennya. “Dukun yang saya percaya cuma dua, dukun bayi dan dukun pijat. Di agama saya sekarang, dilarang percaya ramalan, di agama saya yang dulu juga tidak boleh percaya ramalan,” kata Deddy yang mualaf pada 21 Juni 2019 itu.

Deddy Corbuzier merasa terusik ketika Mbak You meramal pesawat terbang akan jatuh setelah tragedi Sriwijaya. “Anda katakan, di video, tahun 2021, presiden akan terguling. Setelah saya omong di podcast, Anda meralat, ‘Tidak maksudnya di 2024’. Eh, come onlah, kalau anda ramal presiden akan diganti 2024, itu bukan ramalan. itu pemilu, bukan ramalam, itu jangan diklarifikasi,” ujar ayah Azka Corbuzier itu dengan nada gemas.

Sumber: #artikelasli