Cara Daftar dtks.kemensos.go.id KIS Untuk Syarat Cairkan Bansos Tunai

Cara Daftar dtks.kemensos.go.id KIS ternyata bisa digunakan sebagai salah satu pemenuhan syarat dalam mencairkan bansos tunai. Bansos ini dalam rangka menyikapi kondisi ekonomi yang semakin menyulitkan banyak  warga negara Indonesia. Dengan ini pemerintah lewat Kemensos mengadakan kembali program penyaluran bansos tahun 2021 ini.


Bantuan sosial ini rencananya akan disalurkan dengan periode yang teratur sepanjang 2021. Bansos ini diberikan bagi keluarga serta masyarakat yang ikut terdampak pansemi Covid-19. Baik disalurkan secara langsung maupun tak langsung.

Info Lengkap Cara Daftar dtks.kemensos.go.id KIS

Salah satu langkah yang bisa diikuti oleh masyarakat cukup mudah. Salah satunya dengan memasukkan data diri serta keluarga ke dtks.kemensos.go.id. Anda tinggal menyerahkan data tersebut ke petugas yang berwajib.

Nantinya akan ada tiga macam bantuan yang akan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak pandemi secara ekonomi. Ketiga golongan tersebut diantaranya adalah:

  1. BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai. Bantuan ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dasar pangan bagi penerima bantuan. Secara nominal, jumlah bantuan tersebut adalah Rp 200 ribu per bulan dan diberikan selama satu tahun lamanya.
  2. BST atau Bantuan Sosial Tunai. ini adalah bantuan yang berupa uang tunai yang diberikan bagi penerima yang terdampak Covid-19 agar bisa bangkit dari krisis ekonomi. Besar bantuan yang diberikan adalah Rp 1,2 juta selama 4 bulan. Terhitung dari bulan Januari. Dengan begitu setiap bulan akan memperoleh bantuan Rp 300 ribu.
  3. PKH atau Program Keluarga Harapan. Calon penerima bantuan ikut menyertakan tiga identitas lain yang masuk dalam satu paket bantuan. Bansos ini akan diberikan dengan periode 12 bulan. Diberikan melalui 4 tahap berbeda pada Januari, April, Juli dan Oktober 2021.
🔥 Trending:  Inna Lillahi wa inna ilayhi raji'un, Syekh Ali Jaber Wafat

Syarat yang Harus Dipenuhi

Ketika anda ingin mengetahui cara daftar dtks.kemensos.go.id KIS, maka ada beberapa persyaratan yang perlu dilengkapi calon penerima bantuan.

  • Calon penerima bantuan hanya perlu memasukan data diri berserta keluarga ke dtks.kemensos.go.id KIS atau Kartu Indonesia Sehat.
  • Calon penerima adalah warga yang masuk dalam kriteria miskin dan rentan miskin.
  • Bukan termasuk anggota TNI, POLRI atau ASN.
  • Wajib menjadi korban yang terdampak Covid-19 atau terkena PHK dan kehilangan pekerjaan.
  • Memiliki komponen kesehatan tertentu seperti ibu hamil, balita, anak sekolah SD hingga SMA, lansia dan penyandang disabilitas.

Begini Cara Cek Bansos dengan KIS

Bila masyarakat ingin memperoleh BST dari kemensos. Maka masyarakat bisa mengecek nama penerima dengan menggunakan Kartu Indonesia Sehat atau KIS. Urutan cara yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, anda bisa membuka link https://dtks.kemensos.go.id.
  2. Selanjutnya anda bisa memilih ID yang akan dimasukkan datanya. Disini anda bisa pilih apakah mau menggunakan NIK, ID DTKS atau bisa juga memakai nomor PBI atau JK/KIS. Disini anda bisa memilih KIS.

Berikutnya tinggal masukkan nama yang sesuai dengan yang tertera di KIS. Anda bisa ketik ulang kode Captcha yang sudah sesuai dengan tampilan yang ada secara cepat. Langkah berikutnya anda tinggal klik kata Cari dan disana akan muncul apakah data yang anda masukkan termasuk daftar penerima bansos.

Saat ini dalam rangka menyalurkan bantuan agar tepat sasaran, maka para calon penerima bansos datanya harus masuk ke dalam direktori DTKS yang dikumpulkan di situs cara daftar dtks.kemensos.go.id KIS.

Walaupun begitu calon peserta tak perlu memasukkan secara mandiri. Sebab nanti bisa dibantu oleh petugas.

BACA JUGA : 

🔥 Trending:  Catat! Tata Cara Seleksi Mendapatkan Bantuan Rp 3,55 Juta

Prosedur Pemasukan Data

Pada dasarnya peserta tak perlu input data mandiri. Data tersebut bisa didaftarkan ke aparat pemerintah yang ada di daerah setempat. Bila sudah didaftarkan, maka calon penerima bansos bisa memperoleh berkas pemberitahuan. Isi dari berkas tersebut menyatakan tentang teknis pendaftaran peserta bansos di tempat yang sudah ditentukan.

Anda bisa membawa data serta berkas identitas diri seperti KK, KTP, NIK, KIS kode unik Keluarga dalam Data Terpadu ke tempat yang telah dimaksud.

Data tersebut kemudian akan segera diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara, kantor walikota atau kabupaten dan kantor kelurahan.

Nantinya data yang sudah masuk akan diverifikasi. Jika sudah selesai, maka calon peserta sudah  resmi terdaftar dan akan dibuatkan rekening untuk penyaluran bantuan yang diperoleh.

Sekarang anda sudah tahu bukan bagaimana cara daftar dtks.kemensos.go.id KIS. Anda bisa mencobanya dengan berbagai cara tadi. Anda bisa tahu apakah anda terdaftar sebagai calon penerima bansos di tahun 2021 ini atau tidak.

 

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *