Lansia Dapat BLT 2,4 Juta!!

Cara Daftar BLT Lansia Rp2,4 Juta Per Tahun!! Simak Syarat Dan Cara Mendapatkan

Cara daftar BLT lansia dan penyandang disabilitas wajib untuk anda ketahui. Pasalnya bagi lansia serta penyandang disabilitas yang memenuhi syarat bisa mendapatkan bantuan sebesar Rp2,4 juta per tahun. Bantuan ini akan diberikan oleh Kemensos.

Bantuan ini akan diberikan empat tahap selama tahun 2021 ini. Lansia serta penyandang disabilitas bisa mendapatkan bantuan ini tiga bulan sekali. Dengan demikian, artinya bantuan yang diberikan tiap tahapnya sebesar Rp600 ribu bagi lansia dan Rp600 ribu bagi penyandang disabilitas.

Begini Cara Daftar BLT Lansia dan Persyaratannya

Bila anda ingin mengetahui apakah anda masuk dalam daftar penerima bantuan atau tidak. Maka masyarakat yang termasuk ke dalam PKH dalam hal ini lansia bisa melihat di laman dtks.kemensos.go.id dengan cara menggunakan NIK KTP yang dimilikinya.

Selain itu ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Apa saja itu?

  • Lansia maupun penyandang disabilitas harus mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS.
  • Termasuk dalam daftar warga miskin atau rentan miskin.
  • Bukan TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara atau ASN.
  • Masuk ke dalam daftar keluarga kurang mampu, keluarga miskin dan rentan yang telah ada dalam daftar DTKS.
  • Keluarga yang terdaftar dalam DTKS memiliki komponen kesejahteraan sosial seperti lansia mulai 70 tahun dan penyandang disabilitas.

Baca Juga : Cara Daftar Bantuan Sosial TUNAI di DTKS dan Cek Online Melalui Aplikasi SIKS-Dataku

Cara Daftar Peserta DTKS

Jika anda sudah memiliki KKS Kartu Keluarga Miskin. Maka calon peserta PKH harus mendaftarkan sebagai peserta DTKS. Sebagai informasi cara daftar BLT lansia dan daftar DTKS ini tidak bisa dilakukan secara online. Caranya bisa dilakukan sesuai langkah berikut ini:

  1. Pendaftaran peserta Keluarga Penerima Manfaat melalui aparat pemerintah daerah setempat. Misalnya ke RT/RW atau bisa ke kantor Kelurahan setempat.
  2. Jika sudah mendaftar selanjutnya akan memperoleh surat pemberitahuan. Di dalam surat tersebut akan disampaikan teknis pendaftaran di tempat yang sudah ditentukan.
  3. Langkah berikutnya anda bisa membawa KTP, KK dan Kode Unik Keluarga yang ada di dalam DTKS.
  4. Data yang telah lengkap bisa diproses oleh HIMBARA atau Himpunan Bank Milik Negara, Kantor Kelurahan serta kantor Kabupaten dan Walikota.
  5. Jika sudah berhasil untuk diverifikasi, maka selanjutnya akan dibuatkan rekening bank. Kemudian anda akan mendapatkan KKS.

Baca Juga : BLT Ibu Hamil dan Balita, Bansos dari PKH Sebesar Rp 3 Juta Per Tahun

Cek Online Daftar Penerima BLT Lansia

Setelah anda mengetahui bagaimana cara daftar BLT lansia, maka anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengecek daftar penerima bantuan tersebut. Ini bisa anda lakukan dengan cara online melalui link dtks.kemensos.go.id.

  1. Pertama, anda bisa masuk ke https://dtks.kemensos.go.id/.
  2. Anda bisa melihat di bagian Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial Tunai yang ada di bagian kiri atas laman.
  3. Setelah sampai disini, anda bisa memilih ID anda. Untuk ID, anda bisa memilih mana yang mau dimasukkan. Bisa NIK, Nomor DTKS atau bisa juga menggunakan nomor PBI JK/KIS.
  4. Berikutnya anda bisa memasukkan nama yang sesuai dengan KTP, DTKS atau PBI JK/KIS.
  5. Anda bisa cek ulang kode Captcha yang ada di tampilan dan menuliskannya. Kemudian klik “cari”.
  6. Jika itu sudah anda lakukan, tunggu sesaat dan anda bisa melihat apakah  nama anda termasuk ke dalam daftar peserta DTKS dan berhak untuk memperoleh bansos atau tidak.

Penyaluran BLT Lansia dan Penyandang Disabilitas 2021

Kriteria yang tepat bagi lansia yang berhak untuk memperoleh bantuan sosial dari Kemensos ini adalah yang usianya sudah 70 tahun ke atas. Sementara itu, untuk penyandang disabilitas diprioritaskan bagi penyandang disabilitas berat.

Sebagai informasi, selain cara daftar BLT lansia yang tidak bisa dilakukan secara online, terkait penyaluran BLT Lansia ini akan diberikan pada bulan Januari, April, Juli dan bulan Oktober 2021. Setiap pencairan, maka penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp600 ribu. Dengan demikian, total bantuan yang diterima sebesar Rp2,4 juta per tahun.

BLT lansia ini masuk dalam PKH. Penyaluran bansos ini akan dilakukan dengan cara transfer ke rekening dengan tunai. Transfer tersebut akan dilakukan ke empat bank BUMN. Diantaranya bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN.

BLT Lansia ini nanti bisa diambil di bank yang sudah ditunjuk tersebut. Bantuan yang akan diterima utuh tanpa ada potongan apapun. Nah, setelah tahu info lengkap mengenai cara daftar BLT lansia dan penyandang disabilitas, kini saatnya anda cek apakah anda termasuk penerima bantuan atau tidak di dtks.kemensos.go.id.