Pernyataan Mensos Risma Ke DPR Demi Allah Saya Tidak Pernah Berniat Blusukan

Pernyataan Mensos Risma Ke DPR: Demi Allah Saya Tidak Pernah Berniat Blusukan

Menteri Sosial Tri Rismaharini bersumpah tak pernah punya niat untuk blusukan atau sengaja mencari gelandangan.

Pernyataan Risma ini sekaligus merespons komentar sejumlah anggota Komisi VII DPR RI saat rapat dengar pendapat di Kompleks DPR, Jakarta, Rabu (13/1). Sejumlah anggota dewan saat itu meminta Risma fokus membenahi data penerima bantuan sosial dibanding blusukan.

“Demi Allah, saya tidak pernah niat blusukan atau cari-cari (gelandangan). Tapi itu saya temukan di jalan,” kata Risma.

Risma mengatakan, sejak menjabat sebagai kepala dinas kebersihan di Kota Surabaya, ia memiliki kebiasaan berangkat ke kantor setelah salat Subuh untuk memantau kebersihan. Dalam perjalanannya itu, Risma kerap menemukan gelandangan atau pemulung.

“Tapi itu saya temukan di jalan. Kalau saya nanya, kamu sudah makan apa belum, itu kan kewajiban saya sebagai manusia,” ujarnya.

Risma menjelaskan, dirinya ingin agar pemulung dan gelandangan itu turut mendapat bantuan. Sebab, selama ini mereka tidak menerima bantuan lantaran tidak memiliki tempat tinggal.

“Selama ini mereka enggak dapat bantuan apapun. Mereka tidak punya rumah. Hanya karena tidak punya alamat, mereka tidak dapat bantuan,” tutur Risma.

Aksi blusukan Risma beberapa hari setelah dilantik menjadi Mensos mendapat sorotan publik. Pada hari pertama berkantor di Kemensos, Jakarta, 28 Desember 2020, Risma blusukan ke sejumlah titik di Ibu Kota RI.

Saat itu, Risma langsung meninjau kondisi tempat tinggal warga di wilayah sekitar kantor Kementerian Sosial, Kelurahan Pegangsaan, Jakarta Pusat. Salah satu yang ia kunjungi adalah kolong jembatan Pegangsaan.

Aksi blusukan Risma tak berhenti sampai di situ, ia beberapa kali kerap mengajak para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) agar mau dipindah ke panti rehabilitasi sosial.

Sumber: #artikelasli