3 Cara Mengganti Password Wifi Indihome Untuk Segala Jenis Modem

Pernahkah Anda berpikir untuk mengganti password wifi atau jaringan internet rumah? ternyata cara mengganti password Wifi indihome fiber pun tidak sesusah yang Anda pikirkan.

Namun mengapa harus ganti? Salah satu jawabannya adalah untuk hindari penyusup atau orang yang menggunakan wifi tanpa izin. Melihat besarnya angka kebutuhan internet, tidak jarang orang akan berusaha menerobos Wifi rumahan.

Adanya pengguna berlebih akan sebabkan kecepatan internet menurun drastis. Hal ini pula yang bisa menjadi pemicu hacking atau peretas untuk masuk jaringan internet rumah.

Fenomena ini bisa menjadi hal yang berakibat fatal. Pasalnya Hacker bisa mengambil informasi pribadi, hingga meretas akun bank. Yuk simak cara berikut.

Cara Umum Untuk Ganti Password

cara mengganti password wifi indihome security

  1. Jika Anda tidak tahu jenis atau merek modem, maka gunakan cara mengganti password wifi indihome fiber ini. Yang perlu dilakukan adalah menghubungkan device (gunakan Komputer atau laptop) pada jaringan internet.
  2. Buka browser atau peramban, pada komputer dan tuliskan IP atau alamat web 192.168.1.1. Kemudian enter dan tunggu hingga masuk pada halaman yang dituju.
  3. Apabila sudah muncul halaman dimana perlu memasukkan username dan password, maka Anda bisa lanjutkan proses. Apabila tidak ada halaman yang terbuka, Anda bisa coba cara selanjutnya.
  4. Pada kolom username dan password masukkan kata “user” jika tidak bisa, coba masukkan kata admin pada kedua kolom tersebut dan klik Login.
  5. Setelah masuk, pilih opsi network yang ada pada bagian atas. Kemudian klik WLAN settings pada bagian kiri dan pilih opsi Advanced pada menu yang muncul (di bawah Wlan settings)
  6. Tuliskan kata sandi yang diinginkan pada kolom pass phrase. Tekan tombol apply untuk menyimpan.

Ganti Password Untuk Modem Jenis ZTE

  1. Cukup banyak jaringan indihome yang menggunakan modem ZTE, karena itulah cara ini bisa menjadi alternatif. Tahapan yang dilakukan pun tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, hanya tampilan saja yang berbeda. Pastikan perangkat sudah terhubung pada jaringan untuk lanjut ke langkah ke dua.
  2. Pada langkah kedua, buka browser dan masukkan alamat IP 192.168.1.1 (seperti pada cara sebelumnya). Tunggu hingga halaman terbuka.
  3. Jika halaman login modem sudah terbuka, masukkan username dan password dengan kata admin. Cara ini bisa dilakukan apabila Anda belum pernah mengganti nama dan kata sandi akses modem.
  4. Pada halaman utama ZTE modem, pilih tab network yang ada pada bagian atas.
  5. Klik dan buka opsi WLAN yang ada pada bagian kiri (tepat di bawah WAN). Pada menu yang muncul, klik pilihan security.
  6. Pada kolom utama (sebelah kanan), Anda bisa memasukkan kata sandi baru pada kolom WPA Passphrase. Setelah diganti, klik submit dan logout dari halaman tersebut.

Ganti Password Untuk Modem Jenis Alcatel

  1. Masih sama dengan cara mengganti password wifi indihome fiber sebelumnya, modem alcatel juga bisa diakses dengan alamat ip yang sama. Yang menjadi pembeda hanyalah tampilan halaman modem saja. Jadi pastikan perangkat sudah tersambung dengan jaringan internet, Anda bisa gunakan Wifi atau LAN.
  2. Buka browser atau peramban kemudian navigasikan atau buka alamat IP 192.168.1.1.
  3. Ketika halaman login sudah terbuka, masukkan kata admin pada kedua kolom (username dan password). Jika tidak bisa, coba gunakan user.
  4. Apabila sudah berhasil masuk pada akses modem, pilih opsi network yang ada pada bagian kiri halaman. Tahap ini akan memberikan beberapa menu tambahan yang muncul di bawahnya.
  5. Pada menu tambahan tersebut, pilih opsi Wifi.
  6. Di halaman Wifi tersebut, akan muncul banyak kolom yang bisa Anda ubah. Seperti contohnya WPA Key untuk mengganti kata sandi. Masukkan password baru yang ingin digunakan dan klik apply atau submit untuk menyimpan perubahan.

Perlu diperhatikan bahwa untuk keamanan jaringan internet rumah, Indihome memberi akses untuk mengganti kata sandi.

Akses ini disediakan guna memberi keleluasaan bagi pelanggan. Bahkan diberikan saran untuk rutin mengganti kata kunci Wifi rumah.

Karena itulah, gunakan cara mengganti password wifi indihome fiber yang telah disampaikan dengan bijak dan sesuai kebutuhan.