Bikin Nonton Lebih Seru, Berikut Cara Menghubungkan Hp Ke Tv Dengan Kabel Data

Apakah kamu suka menonton video atau film dari Hp android? Layar yang kecil pastinya bikin tidak puas. Ternyata ada cara menghubungkan HP ke TV dengan kabel data.

Tentunya para pengguna gawai smartphone akan sangat terbantu dengan cara ini. apalagi untuk mereka yang ingin melihat tampilan handphone smartphone pada layar yang lebih lebar.

Namun perlu dipahami, kalau kedua perangkat yaitu HP android dan juga TV harus memiliki fitur yang menunjang. Yang jelas Smartphone kamu harus android atau iphone, dan TV Kamu harus memiliki kabel koneksi yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika kamu tertarik untuk mencoba, berikut adalah cara yang harus kamu lakukan.

Menghubungkan Android Dengan TV Menggunakan Kabel USB

 Menghubungkan Hp Ke Tv

  1. Cara menghubungkan HP ke TV dengan kabel data yang pertama membutuhkan alat berupa adaptor USB type-C to HDMI. Alat ini akan membantu Kamu mengubah data dari kabel USB melalui kabel HDMI dan menuju TV.
  2. Setelah alat siap, matikan terlebih dahulu TV yang akan digunakan. Lalu siapkan kabel HDMI yang akan ditancapkan langsung pada perangkat TV.
  3. Tancapkan adaptor dengan port USB C atau lubang koneksi kabel isi ulang pada smartphone (HP harus support USB C). Kemudian pasang Kabel HDMI ke adaptor.
  4. Lanjutkan dengan memasang ujung kabel HDMI lainnya pada port HDMI di TV. Perlu diperhatikan bahwa HP android yang digunakan harus memiliki Mode Alt HDMI.
  5. Nyalakan TV setelah kabel telah terkoneksi dengan benar. Tunggu sebentar hingga kedua perangkat terkoneksi.
  6. Jika HP yang digunakan memiliki fitur yang mendukung, akan muncul layar konfirmasi chekclist penggunaan HDMI. Check atau centang pilihan HDMI tersebut, dan Smartphone yang kamu gunakan telah tersambung.

Baca Juga : Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke Hp

Menghubungkan Android Dengan TV Menggunakan Perangkat Nirkabel  

 Menghubungkan Hp Ke Tv

  1. Untuk cara ini, kamu butuh sebuah perangkat nirkabel yang digunakan untuk menyambungkan ke dua perangkat. Ada banyak pilihan yang bisa kamu gunakan, namun akan contoh ini akan menggunakan Chromecast. Jadi langkah pertama adalah siapkan Chromecast.
  2. Apabila kamu sudah memiliki Chromecast, maka lebih baik matikan TV terlebih dahulu sebelum menyambungkan kabel koneksi HDMI pada chromecast ke Televisi.
  3. Aktifkan fitur hotspot pribadi pada HP android, kemudian buka aplikasi Chromecast pada android (bisa diunduh di Google Playstore).
  4. Pada aplikasi tersebut, pilih pengaturan untuk melakukan setting sambungan TV dan HDMI. Apabila butuh melakukan set up code, maka sesuaikan dengan perangkat yang digunakan.
  5. Perlu sedikit waktu untuk menunggu kedua perangkat terhubung atau tersinkronisasi. Jadi tunggu hingga proses selesai.
  6. Jika sudah tersinkronisasi dengan benar, maka proses menghubungkan sudah selesai dan kamu sudah siap menggunakan tampilan TV. Perlu diingat bahwa cara ini menggunakan saluran hotspot HP, jadi perhatikan jarak antara HP dan chromecast.

Menghubungkan Android Dengan TV Menggunakan Micro HDMI

 Menghubungkan Hp Ke Tv

  1. Menggunakan kabel micro HDMI to HDMI adalah cara menghubungkan Hp ke Tv dengan kabel data khusus. Pada dasarnya, HP kamu harus sudah memiliki suport kabel unik yang satu ini. Jadi persiapkan dulu kabel Micro HDMI untuk HDMI terlebih dahulu.
  2. Pastikan Smartphone atau HP android yang kamu gunakan bisa, dan tancapkan kabel dengan ujung kecil (seperti kabel data atau USB type C) pada HP yang kamu miliki.
  3. Jangan langsung tancapkan ujung lainnya pada TV, namun matikan Televisi terlebih dahulu. Setelah TV dalam keadaan mati, kamu bisa tancapkan ujung kabel dengan port HDMI yang tampak lebih besar.
  4. Nyalakan televisi, kemudian tunggu sebentar hingga layar TV munculkan opsi tampilan mode HDMI. Apabila opsi ini tidak muncul maka kamu bisa pindahkan ke mode HDMI dengan menekan tombol di remote.
  5. Setelah TV memiliki mode HDM, beralih ke smartphone. Aktifkan menu koneksi HDMI dengan memberikan checklist pada layar yang muncul.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Itulah beberapa cara yang bisa Kamu coba untuk hubungkan HP smartphone dengan TV.

Kecanggihan teknologi TV dan Smartphone yang semakin baik berikan kemungkinan yang lebih besar.

Meski harus memiliki fitur yang mendukung, namun hampir semua gawai baru pasti memiliki kemampuan tersebut.

Jadi silahkan coba cara menghubungkan HP ke TV dengan Kabel data tersebut.