Sering Lupa Pola, Yuk Simak Cara Reset Hp Vivo Berikut

TerasKaltim.com – Setiap HP smartphone punya metode keamanan dan reset yang berbeda. Setidaknya terdapat tiga cara reset HP Vivo untuk membantu pengguna smartphone. Namun sayangnya masih banyak yang tidak tahu fungsi dan caranya.

Salah satu kegunaan dari reset adalah untuk kembalikan setting awal, yang berguna bagi mereka yang sering lupa pola. Pola sering digunakan sebagai metode pengamanan, namun jika lupa maka risikonya adalah tidak bisa buka aplikasi bahkan HP.

Tentunya hal ini sangat merugikan, apalagi bagi mereka yang selalu bekerja dengan HP. Meskipun terdengar cukup sepele, namun masalah ini cukup sering terjadi.

Apabila Anda mengalami masalah tersebut, coba cara reset berikut.

Menggunakan Recovery Mode

  1. Cara reset HP Vivo yang pertama perlu dilakukan dengan hati – hati karena akan membawa HP pada pengaturan pabrikan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mematikan HP dengan kondisi baterai di atas 50 persen.
  2. Setelah gawai mati, tekan dan tahan tombol kombinasi Volume bawah plus tombol power bersamaan selama beberapa detik. Tunggu hingga logo Android muncul, lalu lepaskan tombol tersebut.
  3. Pada layar akan muncul menu Recovery mode dengan tulisan berwarna kuning beserta dengan opsi lainnya.
  4. Pilih menu Wipe data/ factory reset dengan menekan tombol volume bawah dan pastikan pilihan tersorot. Klik tombol power untuk menyetujui.
  5. Setelah tahap tersebut, akan muncul permintaan persetujuan dengan tulisan Reboot System now. Pilih setuju dengan menekan tombol power.
  6. Proses reset akan segera dilaksanakan dan Anda harus tunggu sampai selesai.
  7. Sesaat setelah proses reset rampung, HP akan menyala ulang dan gawai telah / kembali seperti pengaturan pabrikan awal tanpa adanya pola.

Baca Juga : Tanpa Ribet, Yuk Simak 3 Cara Mengatasi Limit Google Drive Di Sini

Menggunakan Menu Backup Dan Reset Dari Hp

  1. Sebelum Anda memulai cara ini, backup atau pindahkan semua data penting ke dalam SD card. Baik itu data file, foto, kontak, aplikasi, dll.
  2. Setelah itu, buka menu setting atau pengaturan yang memiliki icon gear.
  3. Pada menu setting atau pengaturan tersebut, cari dan pilih opsi Backup & reset. Pada umumnya, pilihan ini tersedia di halaman More settings.
  4. Di halaman yang keluar akan muncul dua opsi reset yang harus dipilih. Erase All Data untuk hapus semua data atau Reset All Setting dimana data dan foto tetap ada.
  5. Untuk hilangkan pola yang Anda lupa, maka Anda bisa pilih Erase All Data agar handphone benar – benar menjadi bersih.
  6. Pada persetujuan yang muncul, pilih opsi Erase Phone Storage yang dilanjut dengan menekan pilihan Reset Phone.
  7. Masukkan pin dan juga password untuk memverifikasi diri Anda, dan kemudian proses reset akan dimulai.
  8. Tunggu sebentar dan HP akan kembali seperti semula.

Baca Juga : Cara Mematikan Laptop Dengan Tepat dan Mudah

Menggunakan Pertanyaan Keamanan Google

  1. Cara ini hanya bisa dilakukan jika gawai Anda sudah ditautkan dengan akun google yang Anda miliki. pada dasarnya, nanti di layar HP akan ada pilihan Lupa pola yang akan muncul setelah beberapa kali salah.
  2. Klik pilihan Lupa Pola tersebut, kemudian pilih opsi selanjutnya dengan tajuk Jawab Pertanyaan. Anda akan segera dialihkan pada halaman baru.
  3. Di halaman tersebut, pilih opsi Jawab Pertanyaan yang muncul.
  4. Tekan pilihan jawab keamanan google, kemudian lanjut cara reset Hp Vivo dengan memiliki Buka kunci.
  5. Pada tahap ini Anda akan dialihkan pada laman yang berisi banyak pertanyaan yang harus dijawab berdasar apa yang sudah Anda berikan saat membuat pola. Jawab dengan persis, baik dalam segi kata hingga besar kecil huruf.
  6. Apabila jawaban salah, maka Anda harus terus menjawab atau gunakan alternatif cara lain. Namun jika benar, maka akan muncul pilihan untuk membuat pola baru atau menonaktifkannya. Setelah tahap ini Anda bisa melewati pola.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mereset HP dari merek Vivo. Cara pertama dan kedua memiliki risiko kehilangan data.

Sedangkan cara ke tiga bisa memerlukan sinkronisasi akun Google sebelum Anda lakukan reset pada HP.

ingatlah atau catat pola jika dibutuhkan, agar anda tidak perlu lakukan cara reset hp Vivo tersebut.