Kepala Tim SAR Jakarta: Operasi Pencarian Tidak Akan Berhenti Jika Semua Penumpang Sriwijaya Air SJ-182 Belum Ditemukan

Operasi pencarian para penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ-182 akan digelar nonstop hingga semua nama dalam manifes ditemukan atau berhasil diidentifikasi. Tim SAR gabungan terus bekerja.


“Operasi pencarian berhenti ketika Tim DVI (Disaster Victim Identification) dari Kepolisian sudah mengidentifikasi semua POB (passenger on board) yang tercatat sebanyak 62 orang,” kata Kepala Kantor Search and Rescue (SAR) Jakarta Hendra Sudirman di atas KN SAR 301 Wisnu di perairan Kepulauan Seribu, Senin (11/1/2021) malam.

KN Wisnu bertugas mengangkut logistik untuk kapal SAR lainnya. Kapal sepanjang 66 meter ini mampu membawa 100.000 ton air tawar, 500.000 ton bahan bakar, multibeam echo sensor, side sounder dan remotely operated vehicle (ROV) untuk pencarian bawah laut.

Hendra melanjutkan, saat Tim DVI Polri menyatakan semua penumpang telah teridentifikasi, artinya semua clear. Selanjutnya, Basarnas akan mempertimbangkan langkah berikutnya.

Hal ini sesuai regulasi dari International Civil Aviation Organization (ICAO) atau Organisasi Penerbangan Sipil Internasional. Dalam beleid badan dunia itu dijelaskan bahwa setiap pelaksanaan operasi kecelakaan transportasi udara maupun laut sipil kewenangannya ada di badan nasional pencarian dan pertolongan atau Basarnas.

“Tentu atas koordinasi dengan pihak-pihak terkait baik pemerintah, TNI, Polri, maupun manajemen Sriwijaya Air,” kata Hendra yang menjabat sebagai SAR Mission Coordinator (SMC) Sriwijaya Air SJ 182 ini.

Sumber: #artikelasli

🔥 Trending:  Setting PUBG Mobile Di PC Dengan Tencent Gaming Buddy Tanpa Lag 2022
* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *