Bantuan Sosial TUNAI

Cara Daftar Bantuan Sosial TUNAI di DTKS dan Cek Online Melalui Aplikasi SIKS-Dataku

TerasKaltim.com – Cara daftar DTKS di dtks.kemensos.go.id sebenarnya cukup mudah. Anda cukup memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Sudah diketahui sejak tahun 2020 mulainya ada pandemi pemerintah memberikan banyak bantuan untuk masyarakat.

Bahkan kini di awal tahun tepatnya tanggal 4 Januari bantuan melalui Kementrian Sosial (Kemensos) sudah mulai cair. Informasi ini sudah terpercaya karena langsung diumumkan oleh Mensos Tri Rismaharini melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden. Berikut cara daftar dan penjelasan nya

Cek dan Cara Daftar DTKS di dtks.kemensos.go.id

Baca Juga : Berikut Cara Daftarnya ! Bantuan Ibu Rumah Tangga

Seperti sudah dijelaskan sejak awal jika bantuan yang dikeluarkan pada tahun 2020 sejak adanya Covid-19 terus bergulir hingga awal tahun ini. Bahkan hal ini masih diperpanjang sampai beberapa bulan berikutnya.

Kementrian Sosial mulai menyalurkan dana bantuan tersebut kepada masyarakat yang menerimanya. Ada 3 bansos yang dilanjutkan penerimaan nya yaitu BST, BPNT, dan PKH.

Ketiganya merupakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat guna bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Program bansos yang dimaksud merupakan program Kartu Sembako/ Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), program Bantuan Sosial Tunai (BST), serta Program Keluarga Harapan (PKH).

Selain itu, untuk program yang lain dikatakan masih sama seperti pada tahun 2020 kemarin. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak krisis ekonomi saat pandemi.

Penyaluran bansos secara simbolik akan dilakukan oleh Presiden RI yaitu pak Joko Widodo. Namun, jangan takut apakah anda sudah terdaftar atau belum.

Sebab, kini anda bisa melakukan pendaftaran dan cara cek apakah sudah terdaftar di DTKS Kemensos atau belum. Sebelum mengakses dtks.kemensos.go.id sebaiknya pahami dulu cara berikut ini.

Cara Daftar Peserta DTKS

Bagi anda yang belum terdaftar menjadi peserta bantuan tersebut bisa melakukan hal ini. Sebenarnya tidak ada pendaftaran yang dilakukan secara online. Begini cara daftar DTKS di dtks.kemensos.go.id, langkahnya antara lain:

  • Lakukan pendaftaran peserta KPM melalui aparat setempat RT/RW atau desa masing-masing
  • Jika sudah mendaftar akan mendapat surat pemberitahuan teknis pendaftaran
    bawa data lengkap seperti KTP/ NIK, KK dan kode data terpadu
  • Setelah lengkap data diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), kantor kelurahan, dan kantor wali kota/kabupaten.
  • Selanjutnya ketika pendaftaran sudah diverifikasi, maka akan dibuatkan rekening bank dan pembuatan kartu KKS

Cara Cek Peserta DTKS Via Aplikasi SIKS-Dataku

Sebenarnya tidak hanya cara daftar DTKS di dtks.kemensos.go.id saja, namun anda juga bisa melakukan pengecekan. Dengan aplikasi SIKS-Dataku, anda bisa mengetahui apakah sudah terdaftar atau belum. Berikut ini langkah yang bisa anda lakukan:

  • Buka aplikasi SIKS-Dataku Di Sini : https://dtks.kemensos.go.id/siks-dataku
  • Klik kolom “Cek Bansos”
  • Pilih ID bisa menggunakan nomor PBI JK/KIS, NIK, dan DTKS
  • Masukkan nomor ID tersebut yang sudah anda pilih
  • Klik kontak capcha sampai keluar simbol checklist
  • Setelah anda melakukan langkah tersebut, barulah bisa tahu apakah sudah masuk dalam daftar atau belum dan berhak menjadi peserta DTKS atau tidak.

Selain melalui aplikasi tersebut, pengecekan bisa anda lakukan melalui laman https://dtks.kemensos.go.id/. Cara yang bisa anda lakukan yaitu:

  • Masuk ke laman resmi https://dtks.kemensos.go.id/, pilih ID bisa menggunakan NIK, DTKS, atau nomor BPJS JK/KIS
  • Masukkan NIK dan nama sesuai dengan KTP
  • Ketik ulang kode chapcha pada tampilan klik cari
  • Setelah anda lakukan langkah tersebut, akan tampak apakah anda sudah terdaftar atau belum sebagai peserta DTKS.

Bagi anda yang ingin melakukan pengecekan keterdaftaran secara langsung, bisa kunjungi Dinsos kabupaten/kota mengenai pendataan.

Layanan Pengaduan

Ketika terjadi permasalahan saat anda melakukan pengecekan bansos, ada layanan yang bisa dihubungi. Anda bisa menghubungi layanan pengaduan dengan menghubungi:

  • via email bansoscovid19@kemsos.go.id
  • via WhatsApp ke nomor 0811-1022-210

Namun, untuk layanan via Whatsapp ini tidak bisa menerima telepon. Anda bisa mengirimkan pesan dengan format tertentu.

Formatnya yaitu dengan mengisi nama lengkap (spasi) nomor KTP (spasi) alamat lengkap (spasi) aduan yang ingin anda ajukan.

Sebenarnya cara daftar DTKS di dtks.kemensos.go.id mudah. Selain itu, anda juga bisa melakukan cek apakah sudah terdaftar sebagai peserta atau belum.