KABAR GEMBIRA !! Cek Bantuan Program Indonesia Pintar untuk Siswa SD-SMA, Begini Caranya

Ada kabar gembira bagi para siswa dari SD sampai SMA sederajat. Pasalnya sekarang bisa cek bantuan Program Indonesia Pintar dengan cara mengecek NISN yang bisa dilihat di laman pip.kemdikbud.go.id.


Seperti yang diketahui, Pemerintah akan memberikan bantuan tunai yang berasal dari Program Indonesia Pintar. Bantuan ini ditujukan bagi siswa SD sampai SMA sederajat. Tentunya dengan catatan bila memenuhi syarat dan sudah terdaftar di pip.kemdikbud.go.id. Maka dari itu, lebih baik anda segera mengeceknya agar mengetahui apakah masuk atau tidak.

Kriteria Penerima Bantuan Program Indonesia Pintar

Salah satu program pemerintah untuk mendukung pendidikan di Indonesia adalah PIP atau Program Indonesia Pintar. Program ini bertujuan untuk membantu anak usia sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Dengan bantuan ini, maka anak tersebut bisa mendapatkan layanan pendidikan hingga pendidikan menengah. Adapun penerima manfaat dari PIP ini mulai dari SD/MI sampai anak Lulus SMA/MA/SMK atau pendidikan formal seperti Paket A hingga Paket C dan kursus terstandar.

Sementara itu, untuk siswa SMK/SMA/MA/Paket C akan memperoleh bantuan sebesar 1 juta per tahun yang berasal dari dana PIP ini.

Bantuan yang ada dalam PIP ini nantinya akan disalurkan lewat Kartu Indonesia Pintar atau KIP. Seperti informasi yang diambil dari sumber indonesiapintar.kemdikbud.go.id, PIP lewat KIP berupa pemberian bantuan tunai pendidikan untuk anak usia sekolah. Atau usia 6 sampai 21 tahun.

Baca Juga : 

Sasaran PIP

Salah satu cara cek bantuan Program Indonesia Pintar ini bisa dilakukan dengan mengetahui sasaran yang berhak menerima bantuan.

🔥 Trending:  Cara Pencairan Bansos Kartu Sembako Senilai Rp 200 Ribu Cair Mulai Bulan Januari

Kriteria tersebut diantaranya adalah siswa yang berasal dari keluarga miskin. Peserta pemegang Kartu Indonesia Pintar  atau KIP. Siswa yang rentan miskin atau memiliki KKS atau Kartu Keluarga Sejahtera. Yatim Piatu, peserta PKH, penyandang disabilitas dan korban bencana alam.

Peserta didik SMK yang telah menempuh studi keahlian kelompok bidang: Kehutanan, Pertanian, Pelayaran, Perikanan, Peternakan dan Kemaritiman.

BACA JUGA : BLT UMKM Rp 2,4 Juta Sudah Bisa Di Cairkan , Simak Cara Mencairkan dan Syaratnya e-Form BRI

Besar Bantuan yang Akan Diterima

Siwa mulai dari SD hingga SMA akan menerima bantuan dengan besaran yang berbeda. Jumlah bantuan yang diterima disesuaikan dengan jenjang pendidikan yang sedang ditempuh.

Peserta didik SD/Paket A/MI akan memperoleh bantuan sebesar Rp450.000 per tahun. Sedangkan untuk Peserta didik MTs/SMP atau Paket B akan memperoleh sebesar Rp750.000 per tahun. Siswa SMA/Paket C/MA atau SMK akan memperoleh bantuan sebesar Rp1.000.000 per tahun.

Bantuan Program Indonesia Pintar ini juga bisa digunakan untuk membantu biaya pribadi yang dibutuhkan oleh peserta didik. Misal untuk membeli alat tulis, perlengkapan sekolah, uang saku serta biaya transportasi. Bisa juga digunakan untuk biaya uji kompetensi atau biaya praktik tambahan.

Kewajiban Penerima Dana PIP

Peserta didik yang menerima dana PIP berkewajiban menjaga dan menyimpan KIP dengan baik. PIP adalah bantuan pendidikan, dengan begitu manfaatnya harus digunakan untuk berbagai kebutuhan yang relevan.

Selain itu, peserta didik juga harus terus bersekolah dan belajar dengan rajin, tekun dan disiplin sehingga tidak putus sekolah.

Cara Cek Bantuan PIP

Anda bisa mengecek bantuan PIP melalui situs pip.kemdikbud.go.id. Caranya juga mudah. Anda tinggal akses dan login ke pip.kemdikbud.go.id. Setelah itu, anda tinggal masukan data NISN, informasi tanggal lahir dan Nama ibu kandung. Selanjutnya anda klik Cek Data.

🔥 Trending:  Vera Gusman Selamat Dari Kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182 Karena Tes Swab Tidak Berlaku

Bila anda masuk ke salah satu penerima PIP, maka pencairan dana bisa dilakukan bila pemegang KIP menyerahkan bukti pendukung sah ke bank penyalur terdekat yang sudah ditunjuk pemerintah. Pengambilan dana bantuan Program Indonesia Pintar ini bisa dilakukan secara langsung oleh perorangan maupun secara kolektif.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *