Yuk Simak 3 Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Dengan Mudah

Bagi para pecinta film tentu akan merasa tidak puasa jika hanya menonton film di layar laptop. Anda tentu akan lebih memilih untuk menggunakan TV yang memiliki layar lebar untuk bisa menikmati film favorit anda. Agar anda bisa lebih mudah untuk menonton film, maka anda harus mengetahui cara menyambungkan laptop ke TV.

Dengan menyambungkan laptop ke TV maka anda bisa melakukan kegiatan yang membutuhkan layar yang lebih besar. Misalnya melakukan persentasi atau nobar sepak bola bersama orang terdekat. Namun banyak orang yang tidak mengetahui cara menyambungkannya laptop ke TV dengan benar. Oleh karenanya yuk simak ulasan tips menyambungkan laptop ke tv berikut.


[01 / 03] Menggunakan Kabel HDMI untuk Menyambungkan ke TV

Cara Menyambungkan Laptop ke TV - HDMIdimensidata

Bisa dipastikan hampir semua LED dan LCD terbaru pasti sudah dibekali dengan fitur HDMI. Cara untuk menyambungkan perangkat laptop ke TV ini terbilang cukup mudah. Berikut langkah langkahnya.

Tutorial

    1. Pastikan jika Windows pada laptop anda sudah up-to-date
    2. Jika sudah memastikannya, maka nyalakan laptop maupun TV yang akan disambungkan
    3. Kemudian langkah selanjutnya adalah menyambungkan kabel HDMI dari laptop ke port HDMI yang ada di TV anda.
    4. Jika sudah maka pilih input HDIN yang benar pada TV anda, biasanya anda hanya harus menekan tombol AV.
    5. Jika laptop anda tidak langsung otomatis untuk menghadirkan TV, mak anda harus melakukan setting secara manual. Caranya adalah dengan masuk ke Control panel kemudian pilih display dan adjust resolution. Jika sudah maka piloh TV pada display drop down box.

Dengan menyambungkan laptop ke TV menggunakan HDMI maka akan memberikan kualitas gambar HD yang terbaik. Cara menyambungkan laptop ke TV ini dinilai lebih memuaskan karena HDMI dapat menangani file di laptop dalam bentuk audio ataupun video.

Baca Juga:   Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Acer

[02 / 03] Menyambungkan Laptop ke TV dengan Kabel VGA

Cara Menyambungkan Laptop ke TV - VGAwalmart

Cara selanjutnya yang bisa anda pilih untuk menyambungkan laptop ke TV adalah dengan menggunakan VGA. Cara ini berlaku untuk pada TV tabung maupun monitor PC yang belum dibekali dengan fitur HDMI. Sejatinya jika anda menggunakan kabel VGA maka laptop anda akan langsung terhubung secara otomatis dengan TV. Namun jika anda masih bingung, yuk simak langkah berikut.

Tutorial

    1. Nyalakan laptop dan TV anda sebelum mulai disambungkan
    2. Kemudian sambungkan kable VGA dari laptop ke TV melalui port VGA yang ada pada TV maupun laptop anda. Biasanya TV keluaran lama tidak tersedia port HDMI, sehingga anda harus menggunakan port VGA untuk menyambungkannya.
    3. Apabila di gambar laptop anda tidak segera tampil TV secara otomatis, maka anda harus melakukan setting manual. Hal ini bisa dilakukan dengan cara masuk ke control panel kemudian pilih display dan adjust resolution. Pastikan jika anda memilih TV pada display drop down box.
    4. Kabel VGA tidak akan menyambungkan suara dari laptop ke TV. Oleh karenanya jika anda ingin menyambungkan suaranya juga, maka gunakan kabel audio tambahan.

[03 / 03] Menyambungkan Laptop ke TV Tanpa Kabel

kaskus

Jika anda ingin menyambungkan laptop ke TV tanpa bantuan kabel apapun, maka bisa mengandalkan Chromecast. Dengan cara menyambungkan laptop ke TV menggunakan Chromecast maka anda bisa menghubungkan secara wireless. Apabila anda masih kebingunan maka anda harus menyimak ulasan berikut.

Tutorial

    1. Hubungkan kabel chromecast di port HDMI TV agar bisa menggunakannya sesuai dengan lokasi port HDMI pada televisi anda.
    2. Nyalakan TV anda. Jika pemasangan Vrhomecast sudah terpasang maka coba pindahkan ke input yang tepat. Gunakan remote control TV untuk memilih HDMI yang sesuai dengan Chromecast yangs udah anda pasang.
    3. Jika anda menggunakan perangkat android atau iOS, maka anda bisa melakukan pencarian di Google Play tore atau App Store. Kemudian installah aplikasi tersebut ke perangkat anda.
    4. Jika sudah berhasil maka segera buka dan tekan Set-up untuk menghubungkan ke jaringan Wi-Fi anda.
    5. Tunggu selama beberapa menit sehingga aplikasi anda benar benar terpasang dan berhasil terhubung ke Chromecast.

Kesimpulan

Cara menyambungkan laptop ke TV ini memang gampang gampang susah. Anda bisa menggunakan bantuan teknisi yang lebih ahli sehingga laptop anda bisa tersambung ke TV.

Anda bisa memilih satu dari sekian banyak cara untuk menyambungkan yang kiranya mudah untuk dilakukan. Selalu pastikan jika TV anda sudah benar benar terhubung sehingga bisa menikmati nonton atau presentasi dengan maksimal.

Topik Terkait:   Computers

You May Also Like

Teras.Monuri

About the Author: Teras.Monuri

Bekerja di bidang IT , yang berhubungan dengan Hardware mapun Software dan Memiliki Talenta sebagai Penulis. Yuk Kita saling berbagai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *