Cara Upload Podcast di Spotify yang Wajib Kamu Tahu, Mudah dan Gampang !

Cara Upload Podcast di Spotify

Mungkin bagi sebagain orang menduga bahwa cara kerja dari podcast akan mirip dengan radio. Namun sebenarnya cara kerja dan cara upload podcast di Spotify ini tentu saja akan sangat berbeda.

Akan tetapi, meskipun demikian kedua siaran tersebut sama sama berbentu audio yang bisa didengarkan oleh banyak orang. Keduanya juga memiliki kesamaan dalam beberapa hal kecil lainnya.

Contohnya adalah kamu dapat memilih siaran mana yang ingin didengarakan. Akan tetapi saat dilihat dari proses rekaman yang ada di baliknya, podcast dan siaran radio akan berbeda.

Dimana siaran podcast merupakan hasil rekaman, sementara untuk radioa umumnya akan disirakan secara langsung. Untuk sampai di upload pada aplikasi Spotify, terdapat beberapa langkah yang harus kamu lakukan sebelumnya.

Cara untuk Upload Siaran Podcast pada Aplikasi Spotify


Sebelum mengetahui cara upload podcast di Spotify, ada baiknya untuk mengenal lebih dalam menganai apa itu podcast yang begitu digandrungi oleh generasi milenial saat ini.

Podcast sendiri merupakan salah satu bentuk konten dalam bentuk audio digital. Jenis audio ini dapat ditemui di internet maupun beragam aplikasi atau media saat ini.

Uniknya jenis rekaman ini dapat didengarkan kapanpun kamu mau. Istilah Podcast sendiri merupakan gabungan dari dua buah kata yang berbeda.

Baca Juga:   Cara Download Lagu di Soundcloud

Kata tersebut adalah iPod dan juga Broadcasting, yang jika digabung akan membentuk kata podcast. Podcast juga baru pertama kali muncul di tahun 2005 silam.

Beragam jenis topik dapat kamu temui pada jenis audio digital ini. Banyak pula keunggulan lain yang dimiliki oleh podcast ini.

Mulai dari dapat didengarkan di berbagai situasi, dan dimanapun kamu berada. Hal inilah yang juga menjadikan podcast tersebut digemari oleh banyak orang.

Tentu sebelum menjadi sebuah rekaman audio digital, terdapat tahapan tertentu yang dilkaukan oleh para podcaster. Podcaster sendiri merupakan sebutan bagi orang orang yang membuat podcast.

Semua orang dapat menjadi podcaster dengan beragam konten yang menarik. Namun tentu saja untuk memperoleh kualitas yang terbaik, diperlukan pula tahap persiapan yang matang sebelumnya.

Tidak hanya itu, proses recording pun harus dilakukan dengan baik. Diharapkan dengan hal tersebut akan menghasilkan podcast yang ada menjadi semakin berkualitas.

Terdapat pula alat alat khusus yang harus dipersiapkan sebelum melakukan rekaman audio tersebut. Mulai dari mikrofon, lapotop, mixer, webcam, pop filter, dan tentu saja aplikasi untuk audio editing.

Sebelum mulai melakukan rekaman, podcaster pun harus menentukan topik terlebih dahulu. Biasanya pemilihan topik ini akan lebih disesuaikan dengan jenis topik yang dikuasai.

Selain itu, dapat pula membahas topik yang masih belum dibahas oleh banyak orang. Setelah topik siap, langkah selanjutnya adalah dengan membuat narasi.

Akan tetapi agar hasil rekaman baik, sepatutnya untuk tidak terlalu terpaku pada narasi yang ada. Proses recording pun siap untuk dilakukan setelah semua persiapan selesai.

Bisanya para podcaster akan emnggunakan tool berupa Audacity di tahap ini. Setelah itu, tentu diperlukan nama, cover image dan host, sebelum menguploadnya.

Cara upload podcast di Spotify ini sendiri akan dijelaskan pada tutorial berikut ini. Dengan tutorial ini, podcast pun siap didengarkan oleh banyak orang.

Tutorial

    1. Buka situs web Spotify for Podcaster
    2. Log in memakai akun Spotify yang kamu miliki
    3. Pilih Get Started pada bagian Submit Your Podcast
    4. Centang kotak pada bagian Terms and Conditions
    5. Klik tombol Continue
    6. Masukkan link RRS feed kamu di kotak yang ada
    7. Tunggu sampai judul dan cover image podcast muncul secara otomatis
    8. Klik tombol Next
    9. Lengkapi informasi di bagian Add Podcast Info
    10. Tekan tombol Next kembali
    11. Review kembali detail dari informasi podcast yang akan diupload
    12. Klik tombol berupa Submit dan selesai
    13. Tunggu selama beberapa hari karena podcast akan di review oleh Spotify

Kesimpulan

Sebagai media hiburan dan informasi, banyak hal baru yang muncul di era modern saat ini. Salah satunya adalah siaran podcast yang dapat didengarkan pada aplikasi Spotify.

Jenis podcast itu sendiri terbilang sangat beragam. Mulai dari horror, kriminalitas, pendidikan, masyarakat dan budaya, serta masih banyak lagi.

Tentu dengan mengetahui bagaimana cara upload podcast di Spotify ini diharapkan akan membuka wawasan yang ada. Mulai dari langkah persiapan awal pembuatan podcast dan juga peralatan yang diperlukan sebelumnya.

Topik Terkait:   Internet

You May Also Like

Teras.Monuri

About the Author: Teras.Monuri

Bekerja di bidang IT , yang berhubungan dengan Hardware mapun Software dan Memiliki Talenta sebagai Penulis. Yuk Kita saling berbagai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *