Cara Menyambungkan Wifi Ke Komputer Untuk Pemula

Cara Menyambungkan Wifi Ke Komputer -1

Kebutuhan internet saat ini begitu tingginya karena hampir segala kini lebih mudah dilakukan dengan bantuan internet. Akan sangat disayangkan jika saat menggunakan komputer, anda tidak bisa menghubungkan komputer tersebut dengan internet. beberapa orang mungkin masih kebingungan bagaimana cara menyambungkan wifi ke komputer dengan mudah.

Di smartphone kita bisa dengan mudah menghubungkan smartphone tersebut ke jaringan wifi. Namun di komputer caranya tidak semudah di internet. Bagi orang yang baru menguasai komputer, mengkoneksikan jaringan wifi ke komputer tersebut mungkin sulit dilakukan, mengingat lagi tidak semua komputer memiliki ikon wifi di menu taskbar-nya. Jika anda belum tahu cara menyambungkan wifi, maka artikel berikut ini harus anda simak hingga selesai.

Cara Menyambungkan Wifi Ke Komputer

Kami akan menjelaskan kepada anda secara rinci terkait cara menghubungkan komputer anda ke jaringan wifi dengan mudah dan cepat.


1. Cara Menyambungkan Wifi Melalui Windows Mobility Center

cara menyambungkan wifi ke komputer yang pertama adalah melalui Windows Mobility Center. Langkah ini hanya bisa anda lakukan jika komputer anda sudah memiliki wireless card. Jika tidak maka anda harus memasangnya terlebih dahulu. Windows Mobility center bisa disebut sebagai tempat mengatur segala hal di komputer seperti, speaker, display computer, baterai, dan termasuk juga koneksi internet.

Berikut langkah langkah yang bisa anda lakukan untuk mengaktifkan wifi di komputer anda:

    1. Pertama, buka menu windows terlebih dahulu, bisa melalui tombol start di komputer anda, bisa juga melalui logo windows yang terdapat di keyboard anda.
    2. Setelah itu, pilih buka menu “setting”, lalu akan muncul beberapa pilihan menu
    3. Pada menu “setting” tersebut pilih menu “control panel” agar membawa anda ke jendela pengaturan yang baru.
    4. Selanjutnya, pilih menu “adjust commonly used mobility opsi”. Menu tersebut biasanya berada di bawah kategori “hardware and sound”, untuk membawa anda ke langkah selanjutnya.
    5. Setelah itu akan muncul beberapa menu pengaturan yang bisa anda lakukan, seperti speaker, display, dan juga menu pengaturan wifi.
    6. Langkah terakhir pilih pengaturan wifi tersebut, lalu klik “turn wireless on” untuk menghubungkan komputer tersebut ke jaringan wifi. Jika pada menu taskbar sudah ada logo wifi, maka proses menghubungkan wifi dengan komputer anda berhasil dilakukan.

2. Cara Menghubungkan Wifi di Komputer di Windows 8

cara menyambungkan wifi ke komputer di atas merupakan cara yang bisa anda terapkan pada komputer windows 7 ke bawah. Untuk windows 8 sendiri, caranya sedikit berbeda, karena windows 8 memiliki teknologi yang lebih canggih daripada windows sebelumnya. Pada windows 8 terdapat pengaturan khusus untuk mengaktifkan wifi, sehingga jika pada pengaturan tersebut koneksi wifi masih dimatikan, maka tentu anda tidak bisa menyambungkannya dengan komputer anda.

Berikut langkah langkah yang bisa anda lakukan untuk menyambungkan wifi ke komputer anda dengan mudah:

    1. Pertama, buka menu windows, pada komputer anda, lalu pilih menu “setting”. Tampilan menu “setting” pada windows 8 juga berbeda dengan windows di bawahnya.
    2. Setelah itu, pada menu setting tersebut cari pilihan menu “change PC setting”. Dengan memilih menu ini, maka anda akan dibawa ke jendela menu selanjutnya.
    3. Langkah selanjutnya pilih menu “network” agar anda bisa melakukan pengaturan jaringan ke komputer anda.
    4. Setelah membuka menu “network” maka langsung pilih menu “wireless device”. Sebelum anda memilihnya maka pastikan terlebih dahulu bahwa mode pesawat atau “airplane mode” telah dinonaktifkan. Jika mode ini masih aktif, maka anda tidak bisa menghubungkan komputer anda ke jaringan wifi. Untuk itu matikan mode pesawat terlebih dahulu.
    5. Langkah terakhir yang perlu anda lakukan adalah memilih opsi “wifi” pada menu “network”, lalu nyalakan wifi tersebut. Dengan demikian, maka akan langsung muncul logo wifi pada menu taskbar komputer anda.
    6. Klik logo wifi pada taskbar, lalu sambungkan jaringan wifi yang tersedia di dekat anda.

3. Cara Mengaktifkan Adapter Wifi

Terkadang cara menyambungkan wifi ke komputer di atas tidak bisa diterapkan karena adapter wifi pada komputer anda belum diaktifkan. Jika hal ini terjadi maka anda harus mengaktifkan adapter wifi tersebut terlebih dahulu. Adapter wifi merupakan penghubung komputer dengan jaringan wifi secara nirkabel. Komputer dan laptop terbaru hampir semua sudah dibekali dengan adapter wifi. Adapter wifi tersebut harus hidup agar komputer anda bisa terhubung dengan jaringan internet.

Berikut langkah – langkah yang perlu anda lakukan untuk menghidupkannya:

    1. Pertama, buka start menu atau tombol windows di komputer anda. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan menu, seperti “setting” dan yang lainnya.
    2. Kedua, pilih menu “setting”, kemudian pilih lagi menu “ control panel”. Pada menu “control panel “ tersebut akan muncul beberapa menu pilihan lainnya termasuk di dalamnya “network”.
    3. Pada menu “network”, pilih kategori “network and internet” untuk melakukan pengaturan pada menu internet dan wifi.
    4. Kemudian, pilih menu “ networking and sharing centre”. Nantinya menu tersebut juga akan memunculkan beberapa pilihan, dan yang harus anda lakukan adalah melakukan setting terhadap wireless.
    5. Jika anda melihat logo atau ikon wireless pada menu tersebut, klik kanan pada ikon wireless, lalu pilih “enable”. Dengan demikian maka adapter wifi telah diaktifkan, dan anda kini bisa menghubungkan jaringan wifi ke komputer anda.

Kesimpulan

Menghubungkan wifi ke komputer sangat mudah dilakukan, karena pada komputer atau laptop terbaru ikon atau logo wifi sudah muncul di menu taskbar. Jika hal tersebut tidak muncul, maka beberapa cara di atas bisa anda terapkan untuk melakukannya. Itulah sedikit informasi tentang untuk anda terkait cara menyambungkan wifi ke komputer yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

You May Also Like

Teras.Monuri

About the Author: Teras.Monuri

Bekerja di bidang IT , yang berhubungan dengan Hardware mapun Software dan Memiliki Talenta sebagai Penulis. Yuk Kita saling berbagai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *