3 Cara Screenshot Laptop Lenovo yang Mudah dan Cepat

Cara Screenshot Laptop Lenovo -1

Lenovo adalah salah satu merk laptop yang paling terkenal. Produk perusahaan asal Tiongkok ini memang populer karena Anda bisa mendapatkan laptop berspesifikasi mumpuni dengan harga yang terjangkau.

Tidak heran jika merk Lenovo cukup laris di pasaran karena keunggulannya dari segi kualitas maupun harga. Namun sayangnya banyak pengguna Lenovo yang belum mengetahui cara memaksimalkan kegunaan laptopnya, termasuk melakukan screenshot.

Screenshot atau tangkapan layar adalah suatu gambar yang diambil dengan gawai untuk mengabadikan tampilan yang tampak di layar. Kadang-kadang kita membutuhkan screenshot, misalnya saat melakukan diskusi online. Karena itulah cara screenshot penting untuk diketahui.

Rekomendasi Cara Screenshot Laptop Lenovo

Jika Anda salah satu pengguna Lenovo yang belum tahu cara screenshot, jangan khawatir. Anda bisa melakukannya secara praktis hanya dengan mengikuti 3 cara screenshot laptop Lenovo yang mudah dan cepat di bawah ini.


1. Cara Screenshot dengan Tombol PrtSc

Cara screenshot laptop Lenovo yang pertama adalah dengan menggunakan tombol PrtScr. Cara ini sangat mudah dan praktis karena keyboard semua laptop Lenovo memiliki tombol tersebut. Berikut caranya.

1. Tentukan area screenshot

Pertama-tama, pilih area layar yang akan di-screenshot. Misalnya Anda butuh melakukan screenshot bukti pembayaran e-commerce. Maka, buka laman e-commerce tersebut.

2. Tekan PrtSc

Jika sudah menentukan area layar, tekan tombol PrtSc yang biasanya ada di pojok kanan atas keyboard dalam posisi layar terbuka. Menekan tombol ini tidak akan mengakibatkan perubahan pada layar Anda.

3. Buka software Paint

Kemudian, Anda perlu membuka file baru dalam program Paint. Paint merupakan software bawaan yang sudah termasuk dalam OS Windows 10. Anda juga bisa menggunakan program pengeditan gambar lain.

4. Tekan Ctrl + V

Selanjutnya, tekan Ctrl + V. Hasil screenshot akan di-paste ke file Paint.

5. Simpan hasil screenshot

Edit screenshot jika perlu, kemudian simpan file hasil screenshot. Save file screenshot dengan nama yang mudah dikenali di folder yang sudah ditentukan supaya Anda mudah untuk mencarinya. Gunakan format .jpg atau .png.

6. Cara alternatif

Apakah Anda membutuhkan screenshot untuk disertakan pada Gmail atau file Microsoft Office dan Google Docs? Anda bisa langsung membuat email atau file baru dan melakukan Ctrl + V. Screenshot akan otomatis disertakan dalam badan email atau file.

Baca Juga:   Laptop Untuk Desain Grafis

2. Cara Screenshot dengan Tombol PrtSc + Windows

Cara screenshot laptop Lenovo yang berikutnya adalah dengan tombol PrtSc seperti sebelumnya, tapi bersamaan dengan tombol Windows. Tombol Windows memiliki logo Windows dan biasanya terdapat di pojok kiri bawah keyboard laptop. Cara ini bisa dilakukan pengguna Windows 8 dan 10.

1. Tentukan area screenshot

Sama seperti cara sebelumnya, hal yang pertama harus dilakukan adalah memilih area layar yang perlu Anda screenshot.

2. Tekan PrtSc + Windows

Setelah menentukan area layar yang diinginkan, Anda perlu menekan tombol PrtSc dan Windows. Kedua tombol ini harus ditekan pada saat yang bersamaan.

Saat Anda melakukan ini, layar akan menjadi lebih gelap selama beberapa saat. Kemudian, layar akan kembali seperti semula.

3. Buka file screenshot

Dalam cara ini, Anda tidak perlu membuka program pengeditan gambar. Sebab, tangkapan layar akan otomatis tersimpan dalam komputer dengan format .png.

Untuk mengakses file screenshot, Anda hanya perlu klik File Explorer. Kemudian, pilih folder Pictures dalam This PC. Buka folder Screenshot, Anda akan menemukan tangkapan layar Anda.

Keunggulan cara ini dibandingkan cara pertama adalah Anda tidak perlu membuka Paint. Namun screenshot tidak bisa disimpan dengan nama file yang diinginkan sehingga Anda harus menggantinya secara manual. Selain itu, file hanya bisa disimpan dalam format .png. Jika Anda membutuhkan format .jpg, Anda perlu mengganti format file.


3. Cara Screenshot dengan Snipping Tool

Cara screenshot laptop Lenovo yang ketiga adalah dengan menggunakan Snipping Tool. Aplikasi bawaan Windows ini dapat digunakan untuk menyimpan dan mengedit screenshot.

1. Tentukan area layar

Seperti kedua cara yang sudah dibahas, hal yang pertama harus Anda lakukan adalah menentukan area layar yang perlu Anda screenshot.

2. Buka Snipping Tool

Selanjutnya, buka aplikasi Snipping Tool. Caranya dengan membuka menu Start dan ketik nama aplikasi pada kolom pencarian.

3. Lakukan tangkapan layar

Setelah aplikasi Snipping Tool terbuka, Anda akan melihat beberapa pilihan menu. Klik Mode untuk memilih cara melakukan screenshot. Terdapat empat cara yaitu Free-form, Rectangular, Windows, dan Fullscreen Snipping.

Free-form Snipping memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dalam bentuk bebas dan Rectangular untuk melakukannya dalam bentuk persegi panjang dengan ukuran sesuai keinginan.

Windows Snipping digunakan untuk screenshot jendela aplikasi yang sudah terbuka. Misalnya Anda sedang menjalankan Google Chrome dan File Explorer bersamaan, Anda bisa memilih salah satunya.

Terakhir, Fullscreen Snipping adalah untuk screenshot seluruh layar yang sedang terbuka.

4. Simpan screenshot

Setelah melakukan screenshot, Anda bisa mengeditnya dalam aplikasi ini. Anda bisa menambahkan catatan atau memberikan highlight pada area yang penting. Selanjutnya, Anda bisa menyimpan screenshot dengan file name yang mudah dikenali dalam folder pilihan Anda. Tersedia 4 format yaitu JPG, PNG, GIF, dan MHT.

Baca Juga:  Cara Screenshot Laptop Asus

Penutup

Demikianlah 3 cara screenshot laptop Lenovo yang bisa Anda lakukan. Bagaimana, tidak sulit bukan? Pastinya Anda bisa mempelajari tahapan dari cara-cara tersebut dengan mudah dan cepat.

Melakukan screenshot merupakan keterampilan yang sederhana. Namun, kemampuan ini penting untuk diketahui. Setiap caranya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Metode apa pun yang Anda pilih tidak masalah. Gunakanlah yang paling sesuai dengan Anda.

Apapun cara yang cocok untuk Anda, semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

Topik Terkait:    

You May Also Like

Teras.Monuri

About the Author: Teras.Monuri

Bekerja di bidang IT , yang berhubungan dengan Hardware mapun Software dan Memiliki Talenta sebagai Penulis. Yuk Kita saling berbagai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *