Tidak Bisa Download di Playstore? Ikuti Langkah Ini untuk Mengatasinya

Tidak bisa download di Playstore menjadi masalah yang sering kali terjadi pada saat Anda mencoba mengunduh suatu aplikasi di sana. Entah karena Playstore Anda tengah error hingga tidak ada respon, mungkin karena memori penuh, pengunduhan tertunda, dan banyak hal lain yang menyebabkan Playstore tak dapat mendownload.


Bila demikian tentu hal ini sangat mengganggu Anda, pastinya hal ini pernah dialami hampir semua pengguna Android yang memiliki Playstore di smartphone-nya. Karena itu, beberapa situs teknologi pun membuat artikel untuk membahas masalah ini. Dan pada kesempatan yang baik ini akan mengupas tuntas tentang mengatasi Playstore Anda yang tak mau mengunduh.

Bagi Anda yang memiliki masalah tersebut dan sedang mencari cara atasinya, maka Anda dapat menyimak penjelasan bagaimana memecahkan masalah tak bisa mendownload di artikel ini. Berikut penjelasannya secara lengkap, jelas, dan mudah dipahami.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Google Playstore:

Adapun metode untuk atasi tidak bisa download di Playstore yang akan dijabarkan di bawah ini berlaku pada ponsel yang tak dapat mengunduh karena error maupun jenis error lainnya seperti memori penuh, tertunda, aplikasi tak merespon, dan berbagai sebab lainnya.


√1. Menghapus Cache Playstore

Perlu Anda ketahui pada saat menggunakan Playstore ini, software ini selalu menyimpan data-data dalam cache. Makin sering Anda gunakan makin banyak dan besar pula data yang tersimpan di sana. Penyimpanan data ini pun termasuk pada saat terjadi error, jadi cache ini akan menyimpan data error dan mengakibatkan error sering terjadi.

🔥 Trending:  Ini Cara Perpanjang dan Beli Masa Aktif XL Terbaru 2022
Baca Juga: Cara Update Google Play Service dengan Mudah

Apabila Anda membersihkan cache ini maka aplikasi akan melakukan reset secara otomatis, dengan begitu data error ikut terhapus. Berikut tahapan penghapusan cache di Google Playstore, antara lain:

    1. Pertama Anda masuk ke Settings.
    2. Kemudian klik Apps.
    3. Setelah itu cari Google Playstore.
    4. Lalu Anda langsung klik Clear Cache.

Akan lebih baik lagi jika Anda clear data juga, caranya yakni:

    1. Buka Settings.
    2. Lalu masuk ke Apps.
    3. Jika Anda menemukan Google Playstore, klik.
    4. Setelah itu Anda klik Clear Data.

√2. Uninstall Pembaruan Playstore

Jika Anda melakukan uninstall Playstore tak akan menghilangkan aplikasi ini, jadi Anda tak perlu khawatir. Pada dasarnya apabila Anda uninstall Playstore hanya menghapus versi terbaru pada ponsel pintar Anda, dan software ini akan kembali pada tampilan pabrik atau tampak awal versi bawaan handphone.

Sebetulnya Google Playstore ini secara otomatis melakukan update sendiri, sehingga Playstore pada ponsel Anda selalu dalam keadaan versi terbaru. Pada proses ini bisa saja terdapat error ketika update otomatis. Jika Anda melakukan uninstall pembaruan ini Playstore Anda balik ke versi awal yang stabil dan tak ada error di dalamnya.

Untuk mengembalikan ke versi pabrik atau uninstall Playstore ikuti langkah ini:

    1. Masuk ke Pengaturan pada ponsel Anda.
    2. Klik Apps.
    3. Pilih aplikasi Google Playstore bila Anda telah menemukannya.
    4. Setelahnya Anda klik Uninstall.
    5. Tak lama akan muncul pemberitahuan bahwa untuk mecopot pembaruan, Anda pilih OK.
    6. Selesai.

√3. Dikarenakan Memori HP Penuh

Terkadang masalah yang menyebabkan tidak bisa mendownload di Playstore ialah memori ponsel Anda yang sudah penuh. Ketika Anda tengah menguduh sebuah aplikasi namun memori tak memadai, Platstore biasanya akan memberikan notifikasi, dalam notifikasi tersebut Anda dapat menghapus beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan.

🔥 Trending:  Tips Menjaga Keamanan dan Privasi Saat Menggunakan Aplikasi Video Call Random
Baca Juga:  5 HP yang Cocok untuk Game Berat, Dijamin GGWP!

Namun yang sering terjadi di lapangan, jika Anda menghapus aplikasi melalui notif playstore tidak menghapus alias tak ada respon. Apabila hal ini terjadi, terdapat tiga cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:

    1. Anda bisa langsung menghapus aplikasi yang sudah jarang digunakan, masuk ke Pengaturan atau Settings, lalu pilih Apps, pilihlah aplikasi yang ingin dihapus.
    2. Jika Anda tak ingin aplikasi Anda dihapus, cobalah untuk mencari file yang tak berguna pada memori internal Anda, lalu Anda hapus.
    3. Alternatif lainnya Anda dapat menggunakan aplikasi pembersih memori internal yang ada pada ponsel Anda. Software sangat berguna untuk bersihkan memori internal smartphone Anda.

Jika Anda telah melakukan tahapan membersihkan memori di atas, ada baiknya Anda ulang lagi poin dua agar hasilnya lebih maksimal.


√4. Restart Smartphone

Restar ponsel merupakan cara terbaik bila handphone Android mengalami masalah error, termasuk error di Playstore Anda. Apabila Google Playstore Anda tangah mengalami sulit terhubing koneksi, ponsel blank, dan masalah lainnya, solusi terbaik yakni dengan restart ponsel. Kebanyakan orang pun akan melakukan restart ponselnya jika error, dan hal ini terbukti berhasil.

Lagipula pihak Google sendiri menyarankan alternatif ini di laman bantuannya untuk masalah restart ini. Jika Anda ingin restart ponsel Anda pastikan data penting di hp Anda sudah di backup. Berikut tahapannya:

    1. Buka Setting atau Pengaturan.
    2. Cari menu Bakcup dan Reset, di sana Anda pilih factory data reset.
    3. Beri centang jika bagi Anda benar, kemudian pilih reset device.
    4. Tunggu beberapa saat, sekitar tiga hingga sepuluh menit proses backup
    5. Setelah itu, ponsel Android Anda akan menjalankan restart.
    6. Apabila cara ini tak berhasil, Anda dapat melakukan restart secara manual.
🔥 Trending:  Cara Mendapatkan Pulsa Gratis Indosat Tanpa Ribet dan Tanpa Syarat

Kesimpulan

Untuk mengatasi masalah ketika hp Android Anda error bukanlah hal yang sulit, penjelasan cara atasi error yang mirip dengan error di atas dapat Anda adaptasikan dengan mudah. Terutama bagi pengguna ponsel Android yang tidak bisa download di Playstore, maka Anda patut mencoba solusi yang diulas di atas.

Topik Terkait:  Smartphone, PlayStrore
* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *