3 Cara Screenshot Laptop Asus dengan Mudah

Cara Screenshot Laptop Asus -3

Asus menjadi salah satu brand elektronik yang masih banyak diminati oleh masyarakat sejak awal kemunculannya di Indonesia, Asus terus memberikan pelayanan terbaik dengan terus mengupgrade produk.

Pengguna akan terus merasakan kemajuan sistem yang diberikan oleh Asus. Mulai dari ukuran, tampilan, hingga berbagai software bawaan yang terus berkembang. Jika dibandingkan, Asus keluaran terbaru tentu memiliki body yang lebih tipis dan ringan dari Asus keluaran tahun 2000an yang memiliki body tebal dan berat.

Laptop Asus pun kini memiliki fitur yang memudahkan penggunanya untuk meng-capture atau screenshot gambar atau tulisan yang sedang ditampilkan pada layar kapan saja dan di mana saja. Ya, Anda akan lebih mudah mendapatkan cara screenshot laptop Asus​ melalui​ beberapa langkah yang akan dibahas kali ini.

Rekomendasi 3 Cara Screenshot Laptop Asus:

Ini dia uraian singkat mengenai screenshot pada laptop Asus yang bisa Anda coba.


√A.    Menggunakan Tombol Pada Keyboard

Cara screenshot laptop Asus pertama yang bisa Anda coba adalah screenshot​ menggunakan keyboard. Ya, setiap tombol pada keyboard tentunya memiliki berbagai fungsi yang akan memudahkan kita. Begitu pula dengan screenshot.

Baca Juga:  Daftar Harga Laptop ASUS 3 Jutaan, Recommended 2020

Ada tiga cara mudah yang bisa Anda coba ketika menggunakan tombol pada keyboard untuk screenshot.

Cara 1:

Print screen pada laptop Asus dapat Anda temukan melalui tombol bertuliskan prt sc sysrq. Anda bisa menemukannya di bagian kanan atas. Biasanya terletak di atas tombol backspace.​​ Untuk melakukan proses screenshot menggunakan print screen, Anda harus mengikuti langkah berikut.

  1. Pertama siapkan tampilan layar yang hendak di screenshot. Jika sudah sesuai, tekan tombol prt sc sysrq yang ada di keyboard.
  2. Setelah menekan tombol tersebut, proses screenshot sudah berhasil. Tapi saat ini Anda belum bisa melihat hasil screenshot.
  3. Untuk melihat hasil screenshot yang telah dilakukan, Anda harus membuka salah satu aplikasi gambar seperti Microsoft paint atau Adobe Photoshop, kemudian melakukan paste dengan menekan kombinasi Ctrl + V.

Cara 2:

Cara berikutnya yang bisa Anda coba adalah screenshot dengan menekan kombinasi tombol print screen dengan logo windows. Satu hal yang membedakan dengan proses sebelumnya, hasil dari screenshot dengan kombinasi tombol yang satu ini dapat langsung Anda lihat di folder screenshot pada menu picture.

  1. Ya, caranya cukup menekan tombol prt sc sysrq dan logo windows secara bersamaan. Layar akan berkedip sebagai tanda bahwa screenshot telah berhasil, sama seperti screenshot pada ponsel. Proses screenshot berhasil.
  2. Silakan lihat hasilnya di folder yang telah disebutkan sebelumnya.

Cara 3:

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan tombol pada keyboard adalah menekan kombinasi print screen dengan Alt.

  1. Caranya sama seperti proses screenshot sebelumnya. Untuk melihat hasilnya pun, Anda harus melakukan hal yang sama seperti proses screenshot pertama. Namun yang membedakan adalah hasil screenshot.
  2. Jika screenshot cara pertama akan meng-capture semua layar termasuk taskbar, maka cara ini hanya meng-capture bagian yang aktif saja.

√B. Screenshot Dengan Snipping Tools

Pernah mendengar snipping tools sebelumnya? Snipping tools merupakan program bawaan windows yang dapat membantu Anda melakukan proses screenshot. Tak banyak orang yang tahu mengenai aplikasi bawaan ini sehingga orang akan lebih memilih melakukan screenshot dengan kombinasi pada keyboard.

Baca Juga: Cara Melihat Tipe Laptop Untuk Semua Merek

Anda bisa menemukan aplikasi atau program ini melalui pencarian pada program windows dengan mengetikkan snipping tools.

  1. Langkah yang harus Anda lakukan adalah menentukan bagian yang akan di screenshot, kemudian mencari program snipping tools pada start menu.
  2. Setelah software terbuka terdapat beberapa menu yang akan membantu Anda dalam melakukan screenshot.
  3. Klik new kemudian pilih mode screenshot yang akan digunakan. Terdapat empat mode yang bisa Anda pilih, yaitu Free-form Snip, Rectanguler Snip, Windows Snip, dan Full-screen Snip.
  4. Setelah menentukan mode screenshot, proses screenshot pun berjalan. Anda cukup menekan bagian kiri mouse dan menariknya sesuai dengan bagian yang ingin di capture. Hasil dari screenshot layar yang telah Anda lakukan akan muncul pada software Snipping tools.
  5. Selanjutnya Anda bisa melakukan Save As agar hasil capture lebih mudah untuk ditemukan melalui folder yang telah ditentukan.

Cara yang mudah bukan? Cara screenshot ini pun memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan cara screenshot sebelumnya. Hasil screenshot menggunakan software Snipping tools dapat langsung Anda edit. Anda bisa menambahkan tulisan, memberi highlight, dan edit lainnya.


√C.  Menggunakan Aplikasi Lightshot Screenshot

Cara screenshot laptop Asus terakhir yang bisa Anda coba adalah menggunakan sebuah​ aplikasi bernama Lightshot screenshot. Aplikasi screenshot yang memiliki ukuran ringan ini akan membantu Anda meng-capture tulisan atau gambar pada layar laptop. Aplikasi ini hanya berukuran 2,7 MB. Sangat kecil bukan?

Penggunaan aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kegiatan rutin yang mengharuskan melakukan screenshot dengan kapasitas tinggi, yaitu lebih dari puluhan kali per hari. Tentu tak menjadi masalah jika dibandingkan dengan ukuran file yang kecil.

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan tentunya memiliki aplikasi ini dengan cara menginstalnya terlebih dahulu. Aplikasi ini akan berjalan secara otomatis.
  2. Jadi Anda cukup sekali mengaktifkan aplikasi ini, maka Lightshot screenshot akan berjalan di kemudian hari meskipun laptop sudah dimatikan dan dinyalakan kembali.
  3. Namun tetap, jangan sampai Anda menekan tombol exit jika tidak ingin mengulang untuk mengaktifkannya. Cara sederhana yang bisa Anda terapkan untuk melakukan screenshot dalam jumlah yang besar.

Kesimpulan

Bagaimana, sudah paham mengenai cara screenshot laptop Asus​? Ya, Anda bisa memilih​           salah satu cara yang dirasa paling sederhana untuk membantu Anda dalam proses capture atau pengambilan gambar pada layar laptop. Selamat mencoba, semoga hasil screenshot memuaskan.

Topik Terkait:  Computers, Laptop

You May Also Like

Teras.Monuri

About the Author: Teras.Monuri

Bekerja di bidang IT , yang berhubungan dengan Hardware mapun Software dan Memiliki Talenta sebagai Penulis. Yuk Kita saling berbagai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *