Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Dengan Tepat

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop (2)

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop,TerasKaltim.com – Keyboard laptop adalah bagian penting dari suatu laptop dan cukup rawan mengalami kerusakan setelah pemakaian yang panjang dan jika laptop cukup sering dipergunakan. Suatu hal yang menjengkelkan jika tiba-tiba keyboard tidak berfungsi atau menjadi kurang responsif pada saat tengah digunakan. Terutama ketika sedang mendesak jelang deadline tugas atau suatu pekerjaan.

Tulisan yang diketikkan menjadi banyak salah ketik akibat adanya satu saja tombol huruf di keyboard yang kurang responsif dan harus ditekan berulang kali, atau justru sama sekali mati dan tidak berfungsi, tidak bisa digunakan untuk mengetik dan tidak muncul karakter atau hurufnya di layar, suatu hal yang sangat merepotkan. Kerusakan keyboard tersebut bisa terjadi pada satu atau dua, beberapa tombolnya saja atau bisa secara keseluruhannya.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Dengan Mudah

Penyebab kerusakan keyboard juga bisa dibagi menjadi dua macam, yakni software dan hardware. Berikut ini adalah cara memperbaiki keyboard laptop.


√1. Akibat Software

Jika keyboard tiba-tiba tidak bisa berfungsi maka langkah pertama adalah cari tahu penyebabnya, lalu pilih solusi untuk memperbaikinya dengan secara tepat sesuai dengan penyebabnya. Cari tahu apakah keyboard masih bisa berfungsi jika dalam kondisi Bios mode. Caranya ialah sebagai berikut.

  • Usahakan save pekerjaan yang sedang dilakukan terlebih dahulu, jika tidak bisa karena keyboard rusak total, tidak hanya satu atau dua tombolnya saja, maka restart laptop dengan cara hard booting, yakni dengan menekan tombol power selama sekitar 5 detik lalu lepaskan, jika tidak bisa maka cabut aliran listrik dan tunggu hingga baterai habis dayanya dan laptop mati. Usahakan agar tidak melepas baterai laptop dalam keadaan masih hidup atau menyala, karena dapat merusak baterainya.
  • Lalu restart laptop, atau nyalakan kembali laptop.
Baca Juga: Cara Mematikan Laptop Dengan Tepat dan Mudah
  • Pada saat laptop dihidupkan kembali cobalah untuk masuk ke akses BIOS mode, Caranya ialah dengan menekan tombol F2 atau Delete secara berulang kali pada saat laptop sedang dalam proses booting. Jika dapat masuk dan menggunakan tombol F2 atau tombol lainnya pada keyboardnya, maka kemungkinan besar kerusakan yang terjadi adalah akibat software nya, bukan pada hardware keyboardnya.
  • Lakukan install ulang atau update driver keyboard karena kemungkinan besar driver keyboard mengalami kerusakan akibat kebiasaan mematikan laptop secara tergesa-gesa tanpa menunggu seluruh operation yang sedang berjalan selesai, tidak melalui menu Shut Down, atau akibat menginstall suatu software baru tertentu yang menimbulkan class atau konflik pada fungsi keyboard, atau driver keyboard yang memang sudah out of date atau usang sehingga perlu diperbaiki. Caranya ialah bisa dengan menggunakan mouse buka menu Start.
  • Cari dan akses laman Device Manager
  • Klik kanan menu Keyboard di laman tersebut
  • Lalu pilih Unistall Driver
  • Kemudian lakukan restart  maka Windows akan secara otomatis memasang driver bawaan untuk keyboard nya, hingga keyboard akan bisa berfungsi dengan normal kembali.

Itulah cara memperbaiki keyboard laptop yang pertama, jika kerusakan adalah akibat software bukan akibat hardware keyboardnya.


√2. Akibat Debu

Jika masih gagal maka ada kemungkinan hal tersebut merupakan kerusakan secara hardware komponen keyboard nya. Bisa jadi akibat debu yang menumpuk di sela-sela keyboard yang mengganjal dan membuat tombol keyboard menyangkut atau mengalami gangguan pada saat ditekan sehingga menjadi kurang responsif atau justru menjadi tidak bisa berfungsi dengan baik sebagaimana.

Keyboard yang dibiarkan terbuka dalam jangka waktu yang cukup lama maka bisa menumpuk debunya dan jika dibiarkan maka lama-lama akan menjadi semakin tebal dan dapat mengganjal tombol-tombol keyboard sehingga keyboard lalu mengalami gangguan fungsi. Berikut ini adalah cara mengatasinya.

Baca Juga: Cara Melihat Tipe Laptop Untuk Semua Merek
  • Bersihkan debu di sela-sela keyboard dengan cara memiringkan laptop sekitar 45 hingga 75 derajat kemiringan
  • Pegang erat laptop lalu goyang-goyangkan laptop sehingga jika ada kotoran yang mengganjal pada laptop maka akan bisa lepas dan terbuang jatuh ke bawah
  • Tiup sela-sela keyboard agar debunya terbang dan lepas
  • Lalu coba gunakan keyboard, jika masih tidak bisa juga maka perhatikan dengan cermat sela-sela keyboard lalu sedot debunya dengan menggunakan vacum cleaner. Bisa menggunakan vacuum cleaner kecil yang khusus untuk keyboard ataupun vacuum cleaner biasa,gunakan sedotan vacuum cleaner dengan ukuran yang paling terkecil yang ada.
  • Sebagai alternatif lain bisa gunakan bulatan pelekat khusus yang banyak dijual secara online maupun offline di toko peralatan tulis menulis, yang bisa menempel di sela-sela keyboard untuk mengangkat debu-debu halus yang masih tersisa hingga bersih  atau bisa juga dengan menggunakan selotip untuk mengangkat kotoran debu halus tersebut hingga tombol keyboard menjadi benar-benar bersih.

Lalu coba gunakan keyboardnya. Jika cara memperbaiki keyboard laptop ini belum berhasil juga ada kemungkinan kerusakan tersebut adalah sebagai akibat dari faktor sebab yang lain lagi.


√3. Akibat Overheated

Bisa jadi keyboard tidak berfungsi akibat suhu panas, yakni karena laptop menjadi terlalu panas, sehingga perangkatnya menjadi mengalami malfunction.

  • Cara mengatasinya ialah bisa dengan mematikan laptop dulu, lalu mencopot baterainya dan diamkan laptop agak lama hingga suhu menurun dan laptop menjadi agak dingin. Baru menyalakan kembali laptop tanpa menggunakan baterai.
  • Cegah kondisi overheated ini dengan memasang kipas khusus di bagian bawah laptop pada saat digunakan dalam waktu yang lama.

    √4. Akibat Tombol Lepas atau Rusak

Bisa juga tombol keyboard lepas atau rusak, maka bisa di lem kembali atau diganjal dengan lipatan kertas yang dilem sebagai upaya sementara agar keyboard masih bisa digunakan kembali.


Cara Memperbaiki Keyboard Laptop (1)

Itulah beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang bisa segera dicoba dan dipraktekkan sendiri di rumah, sebagai langkah dan diagnostic pertama. Lalu jika masih gagal juga maka bisa membawanya ke service center guna mendapat perbaikan.

Topik Terkait: Computers, Laptop

You May Also Like

Teras.Monuri

About the Author: Teras.Monuri

Bekerja di bidang IT , yang berhubungan dengan Hardware mapun Software dan Memiliki Talenta sebagai Penulis. Yuk Kita saling berbagai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *