Cara Download File di Google Drive Dengan Praktis

Cara Download File di Google Drive (2)

Hingga saat ini masih banyak orang yang bingung tentang cara download file di Google Drive, padahal cara mendownloadnya sangat simpel dan mudah. Google Drive merupakan salah satu ruang penyimpanan yang berbasis awan yang paling banyak digunakan banyak orang. Selain bisa digunakan secara gratis, ruang penyimpanan yang disediakan juga cukup besar.

Menyimpan file di cloud lebih efektif daripada menyimpan file di memori internal atau hardisk, karena selain menghemat banyak ruang, menyimpan file di cloud juga jauh lebih aman. Hal ini juga lah yang menjadi penyebab mengapa Google Drive begitu populer.

Jika kamu tidak tahu cara mendownload file yang telah kamu simpan di Google Drive maka hal ini tentu sangat merepotkan. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk download file yang telah kamu simpan di Google Drive.

Rekomendasi 3 Panduan Cara Download File di Google Drive


[01 of 03] Download File Google Drive dari Smartphone

Saat ini berbagai jenis pekerjaan bisa dilakukan melalui smartphone saja, karena hampir segala hal bisa dilakukan dengan smartphone. Smartphone juga sering dibawa ke mana mana, sehingga file file penting bisa kamu akses dengan mudah melalui smartphone. 

File dari Google Drive juga bisa kamu download dari smartphone kamu, asalkan smartphone tersebut sudah terhubung dengan akun email kamu. 

Biasanya akun Google Drive langsung terhubung dengan akun email, karena syarat membuat akun Google Drive harus memiliki email. Dan email tersebut terhubung ke semua hal di smartphone android kamu. Berikut ini cara download file di Google Drive melalui smartphone android:

Pertama Buka aplikasi Google Drive di smartphone kamu. Biasanya aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dari Android, dan langsung terhubung dengan akun email kamu. Jika kamu memiliki beberapa email, pilih email yang terhubung dengan Google Drive tersebut.Download File Google Drive dari Smartphone Step-1Kedua Cari File yang hendak kamu download. Jika kamu menyusun setiap file di rapi di Google Drive tentu akan mudah menemukannya. Tapi Jika file kamu tidak terorganisir, cara mudah menemukannya adalah dengan mengetik judul file di kolom pencarian.

Download File Google Drive dari Smartphone Step-2

 

Ketiga Pilih titik tiga yang menyerupai huruf I, yang terletak di sebelah kanan file. Nantinya akan muncul beberapa jendela permintaan.

Download File Google Drive dari Smartphone Step-3

Keempat Pada jendela titik tiga tersebut, pilih “download” agar file tersebut bisa didownload dengan mudah. File akan langsung tersimpan di smartphone kamu.

Download File Google Drive dari Smartphone Step-4


[02 of 03] Download File Google Drive Melalui PC atau Laptop

Jika file yang kamu simpan di Google Drive ingin kamu download ke laptop atau PC kamu, maka caranya sedikit berbeda dengan mendownload file Google Drive melalui smartphone.

Melalui PC atau Laptop berbagai jenis file di Google Drive bisa kamu download dengan segala ukuran file besar. Jika di smartphone ukuran dan jenis file yang bisa didownload sangat terbatas, karena smartphone memiliki ruang internal yang tidak besar.

Oleh karena itu jika filenya berukuran besar, sebaiknya kamu mendownload file Google Drive melalui PC atau laptop saja. Berikut ini cara download file di Google Drive melalui PC dengan praktis:

Pertama  Kamu hubungkan PC atau laptop dengan internet, karena file Google Drive hanya bisa didownload melalui jaringan internet.

Kedua  Setelah PC terkoneksi dengan internet, maka buka Google Chrome atau browser, lalu kunjungi situs Google Drive.

Download File Google Drive Melalui PC atau Laptop - Step 1

Ketiga  Masukkan email dan password kamu untuk melakukan login ke Google Drive. Setelah itu kamu akan masuk ke akun Google Drive kamu.

Download File Google Drive Melalui PC atau Laptop - Step 2

Keempat  Cari file yang hendak kamu download, lalu pilih file tersebut.

Download File Google Drive Melalui PC atau Laptop - Step 3

Kelima Klik Kanan pada File yang ingin anda download, kemudian Pilih “Download”. lalu proses unduh file tersebut akan berjalan.

Download File Google Drive Melalui PC atau Laptop - Step 4

Keenam Lokasi hasil download akan terlihat di lokasi kiri paling bawah, kemudian klik tanda panah kemudian pilih “Show in Folder” untuk menemukan file hasil download tadi.

Download File Google Drive Melalui PC atau Laptop - Step 5 Download File Google Drive Melalui PC atau Laptop - Step 6


[03 of 03] Download File Google Drive Yang Sudah Melewati Limit

Pada Google Drive terdapat batasan file yang bisa didownload setiap harinya. Jika file yang sudah kamu download sudah melewati limit atau terlalu banyak, maka kamu tidak akan bisa mendownload file lainnya.

Hal ini tentu merepotkan jika kamu masih membutuhkan file tersebut. Namun kamu tak perlu khawatir karena selalu ada cara untuk mengatasinya. Jika Google Drive kamu sudah mencapai limit maka, cara download file di Google Drive bisa kamu lakukan dengan cara berikut.

    1. Buka akun Google Drive kamu, lalu pilih file yang hendak kamu download.
    2. Copy link Url untuk file tersebut. Jika kamu mendownloadnya melalui PC, maka copy link yang berada di atas kolom pencarian Google. Jika kamu mendownloadnya melalui smartphone, maka pilih titik 3, lalu pilih copy url.
    3. Kunjungi situs resmi Okedrive.com, karena melalui situs tersebut file di Google Drive bisa didownload dengan mudah.
    4. Lakukan login pada Okedrive.com dengan menggunakan akun google kamu, lalu izinkan akun kamu dibaca melalui Okedrive tersebut.
    5. Pada bagian menu, pilih menu “upload link” agar Okedrive bisa menemukan file yang hendak kamu download.
    6. Paste link yang sudah kamu copy sebelumnya dari akun Google Drive tersebut.
    7. Setelah itu, klik link yang sudah kamu copy, lalu lakukan proses download. Dengan cara ini maka file dari Google Drive akan langsung didownload.

Saat kamu hendak mendownload file dari akun Google Drive kamu pastikan agar kamu memilih file yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika file tersebut berukuran besar, maka sebaiknya kamu menggunakan Wifi agar proses download bisa dilakukan dengan mudah.

Itu lah beberapa cara download file di Google Drive yang bisa kamu terapkan.

Topik Terkait: Internet, Google Drive

You May Also Like

Teras.Monuri

About the Author: Teras.Monuri

Bekerja di bidang IT , yang berhubungan dengan Hardware mapun Software dan Memiliki Talenta sebagai Penulis. Yuk Kita saling berbagai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *