3 Cara mengecek HP Samsung Asli atau Tidak, Dijamin Terbukti Akurat!

Apakah Anda baru saja membeli HP Samsung dan ingin tahu cara mengecek HP Samsung yang baru Anda beli tersebut? Anda telah berada di artikel yang tepat! Artikel ini akan membeberkan informasi atau ulasan mengenai cara-cara yang bisa Anda tempuh untuk mengecek keaslian HP Samsung Anda.


Di zaman yang serba digital ini, kebutuhan akan smartphone atau HP sangatlah tinggi di kalangan masyarakat. Salah satu brand HP yang terkenal di pasaran adalah Samsung. Banyak orang yang setuju bahwa HP Samsung merupakan salah satu HP terbaik di kelasnya.

Tidak heran jika ternyata banyak juga oknum-oknum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk berlaku curang. Salah satunya adalah dengan menjual HP Samsung yang palsu.

Rekomendasi Cara mengecek HP Samsung Asli atau Tidak:

Nah, agar Anda tidak tertipu dengan pembelian HP Samsung yang palsu. Anda bisa ikuti 3 cara sederhana di bawah ini untuk mengecek keaslian HP Samsung yang baru Anda beli.


√A. Cara mengecek keaslian melalui LCD Test

Cara mengecek HP Samsung yang pertama cukuplah mudah. Anda hanya perlu menggunakan LCD Test. Lakukanlah pengecekan terhadap keaslian HP Samsung Anda dengan mengikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini:

    1. Buka menu panggilan telepon pada HP Anda
    2. Ketikkan *#0*# di layar HP Anda
    3. Setelah mengetikkan kode tersebut, pada layar HP akan akan muncul informasi mengenai LCD Test. Melalui serangkaian informasi yang ditampilkan ini, Anda bisa mengetahui beberapa hal yang berhubungan dengan ponsel yang sedang kamu gunakan, termasuk di dalamnya adalah layar sentuh, kamera, suara, getaran, warna pada ponsel dan lain sebagainya.
🔥 Trending:  Spesifikasi dan Harga OPPO Reno3 2020
Baca Juga:  HP Samsung Dibawah 1 Juta Terbaik

Selain cara di atas, ada cara lainnya yang hampir mirip dengan cara yang telah disebutkan di atas. Perbedaannya hanya terletak pada angka-angka dan simbok yang diketik di layar ponsel Samsung Anda. Adapun cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

    1. Buka menu panggilan telepon seperti biasa
    2. Ketikkan *#*#4636#*#* pada layar ponsel Anda
    3. Layar ponsel Anda akan secara langsung menampilkan spesifikasi dari ponsel yang sedang kamu gunakan. Dengan membaca spesifikasi ini, Anda dapat menyimpulkan apakah HP Samsung Anda asli atau tidak. Jika ternyata spesifikasi ponsel Anda tidak berhasil muncul di layar ponsel, hal itu menunjukkan bahwa ponsel Samsung yang baru saja Anda beli dan miliki tersebut adalah palsu atau KW.

√B. Melalui Nomor Seri IMEI

Cara kedua yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan nomor seri IMEI yang terletak di box ponsel Anda yang baru dibeli dengan nomor IMEI yang muncul di tampilan layar ponsel kamu. Berikut di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda tempuh untuk mengecek keaslian HP Samsung yang dimiliki melalui nomor IMEI:

Baca Juga:  HP Android 3 Jutaan Terbaik Paling Banyak Diburu 2020
    1. Buka menu panggilan telepon pada HP Anda
    2. Ketikkan *#06# pada layar ponsel
    3. Layar ponsel Anda akan secara otomatis menampilkan nomor seri IMEI dari ponsel yang Anda gunakan tersebut.
    4. Cocokkan nomor seri IMEI yang muncul pada layar ponsel dengan nomor seri IMEI yang tertera di box. Jika ternyata Anda menemukan bahwa nomor seri IMEI keduanya tidak cocok, ada kemungkinan ponsel Samsung Anda tidak asli.
    5. Jika kamu ingin mengonfirmasi kebenaran ketidak aslian ponsel Anda lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situs IMEI.info.
    6. Pada situs tersebut, Anda bisa coba ketikkan nomor IMEI yang tertera di layar ponsel Anda. Situs akan menampilkan informasi mengenai brand yang memiliki nomor IMEI yang sebelumnya Anda ketikkan. Ketidak sesuaian nama brand yang muncul pada situs tersebut dengan brand ponsel yang Anda gunakan merupakan indikasi dari keaslian HP Samsung. Namun, jika ternyata nama brand HP yang muncul adalah Samsung, maka Anda tidak perlu khawatir karena itu berarti ponsel Samsung Anda adalah asli. Pastikan kembali model HP yang Anda gunakan dengan model HP yang tertera di dalam situs adalah sama.
🔥 Trending:  Harga dan Spesifikasi POCO F2 Pro 2020

√C. Gunakan Samsung Kies

Samsung Kies merupakan salah satu software resmi yang dimiliki oleh Samsung. Software ini bisa digunakan sebagai salah satu cara mengecek HP Samsung yang Anda gunakan. Penggunaan Samsung Kies bisa dibilang sangatlah mudah, cara-caranya bisa disimak di bawah ini:

    1. Install software Samsung Kies di PC atau laptop Anda
    2. Hubungkan HP Samsung yang Anda miliki dengan PC atau laptop yang sebelumnya sudah terinstal software Samsung Kies ini melalui kabel data
    3. Jika layar PC atau laptop mampu menampilkan informasi yang menunjukkan bahwa antara ponsel Anda dengan Samsung Kies berhasil terkoneksi, hal ini berarti HP Samsung Anda adalah asli. Begitu pula sebaliknya, jika ternyata layar PC atau laptop tidak sanggup membaca koneksi dengan ponsel Samsung yang Anda gunakan, maka bisa jadi HP Samsung Anda adalah palsu.

Aplikasi Samsung Kies hanya kompatibel dengan  HP Samsung keluaran lama. Untuk mengecek keaslian HP Samsung keluaran terbaru, Anda bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi lainnya yang bernama Smart Switch. Baik Smart Switch dengan Samsung Kies memiliki fungsi yang sama, sehingga cara-cara pemakaiannya juga sama.


Akhir Kata

Cara-cara di atas adalah cara-cara mudah dan sederhana yang bisa Anda coba untuk mengecek keaslian ponsel Samsung yang Anda miliki. Jangan biarkan Anda tertipu oleh oknum-oknum nakal dan tidak jujur dalam menjual produk HP Samsung ilegal dan palsu. Informasi cara mengecek HP Samsung menjadi hal penting yang harus diketahui oleh Anda yang ragu terhadap keaslian ponsel Samsung yang dimiliki.

Topik Terkait:  Smartphone, HP Samsung
* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *