Cara Update Google Play Service -3

Cara Update Google Play Service dengan Mudah

Cara Update Google Play Service  – Bagi Anda pengguna Android pasti tidak asing lagi dengan adanya Google Play bukan ? Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan yang sangat penting dalam mendukung aplikasi –aplikasi tertentu yang membutuhkan bantuan Google dalam menjalankannya. Namun aplikasi ini juga perlu di­-upgrade. Untuk itu, Anda harus tahu cara update Google Play Service tersebut.

Google Play ini sangat bermanfaat untuk menjalankan aplikasi bawaan seperti Google Maps, Fitur lokasi, Google Play Game, Google Drive, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini sangat penting untuk kelangsungan penggunaan aplikasi bawaan yang dasarnya menggunakan sistem Google untuk menjalankannya. Jadi, jika sampai Anda menutup atau menonaktifkan Goggle Play Service maka berbagai aplikasi di atas tidak akan berjalan dengan baik.

Rekomendasi Cara Update Google Play Service:

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meng-update aplikasi Google Play agar mendapatkan fitur terbarunya :


√A. Menunggu Sampai Update Otomatis

cara update Google Play Service yang pertama adalah dengan menunggu sampai adanya update secara otomatis. Cara ini sangat mudah karena Anda hanya perlu mengatur ponsel Anda secara default. Penggunaan cara ini sangat praktis sebab Anda tidak perlu melakukan update secara manual, sehingga setelah fitur baru muncul, ponsel Anda akan otomatis memperbarui.

Baca Juga:  Tidak Bisa Download di Playstore? Ikuti Langkah Ini untuk Mengatasinya

Anda juga bisa mengaturnya memakai jaringan WIFI atau dengan menggunakan data seluler. Jika menggunakan data seluler maka kapan saja ada update terbaru langsung upgrade. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk update Google Play manual :

    1. Yang pertama adalah buka pengaturan yang ada pada ponsel pintar Anda
    2. Selanjutnya cari menu Tentang Telepon
    3. Cari pada menu Update pada pengaturan tersebut
    4. Kemudian pilih bagian menu otomatis unduh atau update otomatis, pindahkan tuas sampai berwarna biru.
    5. Selanjutnya, aktifkan pengaturan pada Google Play Store :
    • Yang pertama buka Google Play Store
    • Klik pada jendela menu sebelah kiri
    • Klik opsi setelan
    • Pilih aktifkan opsi Update Otomatis, Pilih dengan Wi-Fi atau dengan jaringan apa pun (Wi-Fi atau data seluler)

Anda bisa menggunakan pilihan ini sebab Anda tidak perlu mengikuti perkembangan aplikasi namun ponsel Anda telah melakukannya dengan sangat tepat dan sangat mudah.


√B. Cara Manual

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan cara manual. Jadi Anda harus mendiri menggunakan Google Play Store sebagai penyedia aplikasi Google Play Service ini. Cara manual ini bisa Anda gunakan dengan mudah. Hal ini bisa dilakukan sebab Google Play Service merupakan suatu sistem yang memiliki dasar sebagai aplikasi.

Sedangkan Google Play Store merupakan tempat di mana Anda bisa menemukan Aplikasi. Untuk itu, Anda bisa menggunakannya dengan mudah.  Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan update aplikasi Google Play Service :

      1. Buka layanan aplikasi Google Playstore di ponsel Anda
      2. Cari aplikasi dengan nama Layanan Google Play atau Google Play Service pada kolom pencarian
      3. Klik tombol pencarian, dan tunggu Aplikasi tersebut muncul
      4. Klik Update aplikasi seperti pada umumnya.
      5. Selesai.

Jika Anda tidak menemukan tombol update  maka aplikasi Google Play Anda di ponsel sudah menggunakan versi terbaru, mungkin saja ponsel Anda sudah dalam pengaturan otomatis . jadi Anda sudah mendapatkan fitur yang terbaru.

Cara ini tidak semua Hp Android bisa sehingga, Anda bisa memastikannya terlebih dahulu dengan mencarinya di Google Play Store. Jika ada maka ponsel Anda bisa, namun jika tidak maka Anda bis menggunakan cara otomatis dari pengaturan atau menggunakan cara yang lain.


√C. Cara Menggunakan APKMirror.com

cara update Google Play Service yang berikutnya adalah dengan menggunakan pihak ketiga. Maksudnya Anda harus menggunakan suatu penyedia aplikasi ini sehingga aplikasi Anda baru bisa ditingkatkan.

Cara ini menggunakan APKMirror.com yang bisa Anda akses pada peramban yang ada di ponsel Anda. mudah dan sulitnya cara ini sangat relatif. Banyak orang yang menganggap cara ini sangat mudah namun juga tak sedikit orang yang mengatakan ini mudah.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan :

      1. Buka menu pengaturan atau setting pada ponsel Anda
      2. Pilih daftar seluruh aplikasi pada pengaturan di tombol Additional Setting atau Pengaturan Tambahan
      3. Klik Apllication Management atau Manajemen Aplikasi
      4. Klik pada Bagian aplikasi yang terinstal yaitu Installed
      5. Kemudian cari Google Play Service
      6. Silakan Lihat 3 Angka terakhir pada nomor versi
      7. Selanjutnya buka com google Play Service no_seri pada peramban pilihan Anda
      8. Lalu pilih aplikasi yang terbaru, pilih yang bukan beta
      9. Pilih aplikasi sesuai dengan versi android Anda
      10. Klik link Download Apk
      11. Tunggu sampai Kotak Pop up Muncul dan klik simpan lalu instal
      12. Aplikasi Google Play Service Anda akan terupdate.

Akhir Kata

Itu tadi beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, memang sedikit panjang tetapi sangat mudah. Dari beberapa cara di atas maka Anda bisa mendapatkan alternatif pilihan yang sangat mudah. Anda bisa menggunakan cara pertama, cara kedua, atau menggunakan cara ketiga.

Semua cara tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda. jika cara pertama tidak bisa Anda bisa menggunakan alternatif pilihan yang lainnya.  Semoga cara update Google Play Service tersebut bisa bermanfaat bagi Anda dan semau yang membacanya. Baca dengan teliti, paham maksudnya, dan cobalah di rumah. Semoga bisa berhasil !

Topik Terkait:  Internet, Playstore