3 Cara Share Link Google Drive Bagi Pemula -1

3 Cara Share Link Google Drive Bagi Pemula

Cara Share Link Google Drive , – Setiap pengguna Google Drive wajib tahu yang namanya cara share link Google Drive, karena jika tidak maka manfaat dari Google Drive tidak bisa anda rasakan secara maksimal. Google Drive merupakan salah satu layanan penyimpan file yang sangat banyak digunakan saat ini.

Sebagaimana setiap harinya kita sering menggunakan Googel untuk berbagai keperluan, Google Drive tersebut juga sangat bermanfaat untuk kebutuhan sehari – hari. Setiap akun Google Drive mampu menyimpan file hingga 15 Gb. Jenis file yang bisa disimpan juga sangat beragam, seperti foto, video, dokumen, music, dan hal lainya. Hal ini tentu sangat membantu dan memudahkan banyak hal.

Uniknya lagi file yang disimpan di Google Drive tersebut bisa dibagikan ke orang lain, yaitu dengan mengubahnya menjadi link Google Drive. Berikut ini beberapa langkah yang perlu anda lakukan untuk membuat dan membagikan link Google Drive tersebut ke teman atau orang lain.

Rekomendasi 3 Cara Share Link Google Drive:


√A. Cara Membuat Link Share Google Drive

Sebelum anda mengetahui cara share link Google Drive tentu anda terlebih dahulu harus memiliki akun Googel Drive. Jika tidak memiliki akun, maka anda tidak akan bisa membagikan file tersebut kepada orang lain.

Membuat akun Google Drive sangat mudah dilakukan, syarat utamanya adalah anda harus memiliki email Google. Nantinya anda bisa login ke Google Drive menggunakan email tersebut. Setelah  anda memiliki akun Google Drive maka anda sudah bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti menyimpan file atau juga membagikan file tersebut ke orang lain.

Baca Juga: Cara Menghapus File di Google Drive dengan Mudah 

Berikut cara membuat link share Google Drive dengan sangat mudah.

  1. Pertama, buka terlebih dahulu akun Google Drive anda. Anda bisa membukanya melalui browser atau juga melalui aplikasi Google Drive.
  2. Kedua, setelah Google Drive terbuka, langkah selanjutnya klik tanda “+”, atau juga tombol “baru”, lalu pilih “upload File”.
  3. Ketiga, cari file yang hendak anda bagikan ke orang lain, lalu upload file tersebut ke Google Drive.
  4. Setelah file tersebut berhasil di upload, maka klik kanan file tersebut lalu nanti akan muncul sebuah jendela yang memberikan bebarapa opsi. Klik pada opsi  “ dapatkan link yang dapat dibagikan”.
  5. Kelima, setelah itu akan muncul lagi sebuah jendela konfirmasi yang meminta “berbagi link”. Aktifkan “berbagi link” tersebut agar bisa dilihat oleh orang lain.
  6. Selanjutnya buka browser, atau kolom pencarian Google, lalu paste link yang sudah anda buat sebelumnya.
  7. Terakhir, buka link tersebut, jika sudah bisa dibuka, maka link berhasil dibagikan.

√B. Cara Share Link Google Drive ke Akun Email

Selain cara di atas, cara share link Google Drive lainnya adalah dengan mengirimkannya ke email. Bisa dibilang mengirim file Google Drive melalui email juga sangat mudah dilakukan. Jika anda terbiasa mengirim file menggunakan email, maka mengirim file yang anda di Google Drive ke email orang lain pasti mudah anda lakukan.

Baca Juga: Tanpa Ribet, Yuk Simak 3 Cara Mengatasi Limit Google Drive Di Sini

Dengan mengirim link Google Drive ke alamat email, maka anda bisa menentukan siapa saja orang yang dapat melihat file tersebut. Berikut ini langkah yang perlu anda lakukan untuk menerapkannya.

  1. Pertama, buka terlebih dahulu akun Google Drive anda. Anda bisa melakukannya melalui browser atau juga aplikasi Google Drive.
  2. Kedua, setelah Google Drive sudah dibuka cari file yang hendak anda bagikan. Jika file tersebut masih tersimpan di laptop atau perangkat, maka upload file tersebut ke Google Drive terlebih dahulu.
  3. Ketiga, pilih file yang hendak dibagikan. Setelah itu klik kanan file tersebut, agar memunculkan sebuah jendela. Setelah itu klik tanda panah yang terdapat pada opsi “share”.
  4. Keempat, setelah klik panah pada opsi “share”, maka klik lagi opsi “share”. Setelah itu akan muncul jendela kepada siapa file tersebut hendak dikirimkan.
  5. Kelima, isi alamat email yang hendak dikirimkan file tersebut. Dalam hal ini anda bisa mengirim link file tersebut ke lebih dari satu orang sekaligus. Bahkan ke email yang bukan Gmail juga bisa anda kirimkan.
  6. Langkah terakhir anda tinggal membagikan file tersebut ke email yang telah anda tuliskan sebelumnya. Dengan demikian proses share link file Google Drive berhasil dilakukan.

√C. Cara Share File Google Drive Melalui Email

Jika cara di atas menggunakan Google Drive untuk mengirimkannya ke email, maka cara share link Google Drive yang satu ini menggunakan email untuk mengirimkannya.  Cara mengirimkan file tersebut sebenarnya sama seperti cara mengirim dokumen lainnya di email. Langkah yang perlu anda terpakan adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, lakukan login terlebih dahulu ke akun gmail anda. Jika anda menggunakan mail selain Gmail, mungkin hal ini sulit dilakukan, karena akun Gmail terhubung langsung dengan Google Drive.
  2. Kedua, setelah berhasil login, buat pesan baru, dengan mengklik tanda “+” atau “tulis”.
  3. Selanjutnya, isi alamat email yang hendak anda kirimkan file tersebut.
  4. Keempat, pilih “attach file”, lalu pilih Drive.
  5. Langkah selanjutnya, pilih file yang hendak anda bagikan dari Google Dirve anda.
  6. Setelah file selesai di upload ke email, maka kirimkan file tersebut, dan proses kirim file selesai dilakukan.

Ketiga cara di atas sama sama mudah dilakukan. Perbedaanya cara yang pertama bisa anda lakukan untuk membagikan link file Google Drive anda kepada semua orang, dan anda juga bisa mengontrol siapa yang dapat melihatnya.

Sedangkan cara yang kedua dan yang ketiga anda bisa menentukan sendiri kepada siapa saja file tersebut akan dikirimkan.  Itulah beberapa cara share link Google Drive yang bisa anda terpakan.

Topik Terkait: Internet, Google Drive