Cara Membuat Podcast Di Spotify Dengan Mudah 2021

Panduan simpel dan sederhana bagaimana cara membuat podcast di Spotify serta cara uploadnya. Spotify memang dikenal sebagai aplikasi untuk streaming musik legal. Namun, tidak sedikit yang menggunakan ketenarannya untuk berbagai tips, cerita, atau bahkan obrolan dengan podcast. Namun bagaimana cara membuat podcast di Spotify? Jika kamu ingin berbagi cerita atau informasi dalam bentuk podcast, maka kamu perlu gunakan third party untuk mengunggahnya. Banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan sebagai pihak ke tiga, seperti contohnya adalah menggunakan Anchor atau Spotify for podcaster. Yang jelas Kamu harus mempersiapkan topik dan narasi terlebih dahulu. Merekam suara, melakukan pengeditan hasil rekaman, kemudian membuat RSS feed atau berkas MP3 terkait. Setelah itu barulah gunakan cara upload berikut.

Cara Membuat Podcast di Spotify

  1. Hal yang sangat penting dan pertama kali harus dilakukan pada cara membuat podcast di spotify adalah membuat rekaman audio. Untuk itu, tahap pertama ini berkenaan dengan mempersiapkan topik dan narasi untuk podcast. Apa yang ingin kamu sampaikan? Topik apa yang ingin digunakan? Pikirkan terlebuh dahulu.
  2. Setelah yakin dengan topik dan narasi, buat rekaman suara menggunakan mikrofon. Agar informasi tersampaikan dengan baik, maka berbicaralah dengan lantang, jelas, dan benar.
  3. Tahap ke tiga akan membawa kamu ke aplikasi edit suara. Pada langkah ini, pastikan kamu bisa operasikan aplikasi dengan baik. Pasalnya, hasil akhir dari rekaman akan tergantung dengan hasil edit yang kamu lakukan. Di proses edit ini juga kamu bisa menambahkan musik, hilangkan suara yang mengganggu, memotong rekaman yang kurang pantas, dll.
  4. Membuat RSS feed bisa dilakukan dengan menggunakan situs blog gratis. Sebut saja, WordPress, Blogger, Buzzprout, dll. Yang perlu dilakukan adalah melakukan upload suara di situs tersebut agar kamu dapat Link RSS feed audio.
🔥 Trending:  Supaya tak Menyesal, Jalani perihal ini saat sebelum Membeli Smartphone anyar

2 Cara Upload Podcast untuk Spotify

Upload Podcast Menggunakan Spotify For Podcaster

Upload Podcast Menggunakan Spotify For Podcaster
  1. Pada cara ini, kamu akan menggunakan media pihak ketiga berupa Spotify for Podcaster. Pertama, unduh dan pasang aplikasi ini pada smartphone melalui Google Play Store.
  2. Apabila aplikasi sudah terpasang, login atau masuk pada aplikasi menggunakan akun Spotify yang kamu miliki. Jika kamu belum pernah memiliki akun spotifi, maka download aplikasi Spotify kemudian buat akun terlebih dahulu.
  3. Pada halaman utama Spotify for podcaster, akan hadi beberapa informasi terkait dan navigasi yang bisa kamu pakai. Untuk ke tahap selanjutnya, masuk pada laman Submit Your Podcast dan pilih Get Started.
  4. Setelah halaman baru terbuka, centang kotak pada term and conditions, kemudian klik continue untuk melanjutkan tahap.
  5. Masukkan link RSS feed, lalu tunggu hingga judul dan cover image muncul di kotak sebelah kanan. Setelah muncul, lanjutkan dengan menekan tombol next.
  6. Beri informasi negara, bahasa, penyedia layanan, dan juga kategori pada bagian add podcast info. Tekan next, kemudian submit untuk mengupload.

Upload Podcast Menggunakan Anchor

Upload Podcast Menggunakan Anchor
  1. Cara membuat podcast di spotify yang satu ini akan menggunakan aplikasi pihak ketiga Anchor. Pertama buka www.anchor.com pada peramban PC.
  2. Di halaman login atau sign up, daftarkan email dan verifikasi akun dengan menggunakan link yang telah diberikan dari e-mail anchor.
  3. Setelah berhasil masuk pada halaman utama, lakukan pengaturan terlebih dahulu. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah isi nama audio dan niche atau topik yang digunakan.
  4. Jangan lupa untuk mengisi deskripsi podcast dengan informasi berkaitan dengan nama kamu, isi audio, dan alamat media sosial atau email.
  5. Tahap selanjutnya adalah membuat cover art, atau gambar untuk audio yang kamu miliki. Kamu bisa membuat cover sendiri, upload image, atau memilih random.
  6. Tahap ini kamu harus lakukan rekaman dengan memilih tab episode pada bagian atas. Klik start recording untuk mulai rekaman, atau kamu bisa upload dari rekaman sendiri.
  7. Setelahnya, isi detail, shedule, dan pilih reset to now and save untuk segera upload.
🔥 Trending:  Spesifikasi dan Harganya Mi Note 10 Lite 2020
Itulah dua cara membuat podcast di spotify dan cara upload yang bisa Kamu coba. Hal yang terpenting sebelum dibingungkan dengan third party dan upload adalah membuat rekaman podcast yang baik. Cara membuat podcast di spotify bisa dimulai dengan tentukan topik, kemudian rekam dan lakukan pengeditan. Buat RSS feed dan upload menggunakan Aplikasi Third party.
* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *