Bansos Uang Tunai Rp300.000 Akan Cair Lagi Bulan Februari 2021

Kementerian Sosial telah menetapkan beberapa kebijakan dalam program bantuan sosial (bansos) pada 2021. Bansos sudah cair pada Januari, dan akan dicairkan lagi pada Februari 2021.


Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan, untuk Bantuan Sembako pada bulan Februari akan ada mekanisme laporan yang lebih detail dan telah diperbarui.

“Sehingga tidak ada lagi pihak-pihak yang memotong atau menyelewengkan bantuan,” kata Mensos seperti dikutip lama Instagram Kemensos di Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Menurutnya, di tahun 2021 sendiri, penyaluran bantuan sosial akan dimulai serentak pada minggu pertama di bulan Januari guna menjaga perputaran ekonomi.

“Meski demikian, terdapat mekanisme khusus untuk beberapa daerah terpencil,” katanya.

Ada tiga jenis bansos yang diresmikan Jokowi dan mulai disalurkan pada 4 Januari 2020. Rinciannya, Program Keluarga Harapan (PKH), Program Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai.

Berdasarkan data yang dirilis Kementerian salah satu bantuan PKH yang diberikan adalah untuk ibu hamil dan balita yang mendapatkan masing-masing Rp3juta.

Bantuan tersebut diberikan selama satu tahun dan disalurkan dalam empat tahap, yakni pada Januari, Juli, dan Oktober. Penyaluran bantuan melalui Himpunan Bank Negara (BNI, BRI, Mandiri, dan BTN).

Selain itu, penyandang disabilitas berat juga mendapatkan bantuan senilai Rp2,4 juta dan penduduk lanjut usia 70 tahun ke atas senilai Rp2,4 juta.

Pemerintah telah mencairkan bantuan tunai pada awal 2021. Banyak jenis dalam bansos ini, seperti bansos tunai maupun bansos program Program Keluarga Harapan Tahun 2021.

Bantuan sosial (Bansos) itu berupa tunai yang masuk ke dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dengan total anggaran Rp28,7 triliun. Sasaran 10 juta keluarga PKH disalurkan dalam 4 tahap, yaitu Januari, April, Juli dan Oktober 2021 melalui Bank HIMBARA. Pada bulan Januari, PKH akan disalurkan dengan anggaran sebesar Rp7,17 triliun.

🔥 Trending:  APMI Gugat Fadli Zon Karena Like Akun Porno dan Beri Klarifikasi Hoax

Untuk program Kartu Sembako/BPNT total anggaran Rp42,5 triliun akan menjangkau 18,8 juta KPM dengan indeks Rp200 ribu/bulan/KPM. Bantuan disalurkan Januari-Desember 2021.

Bansos Tunai (BST) tahun 2021 menjangkau 10 juta KPM dengan total anggaran Rp12 triliun. Penyalurnya melalui PT Pos Indonesia dengan indeks bantuan Rp300 ribu/KPM selama 4 bulan yaitu Januari, Februari, Maret, dan April.

Sumber: #artikelasli

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *