BLT Ibu Rumah Tangga Akan Segera Cair Bulan Ini

TerasKaltim – BLT ibu rumah tangga akan segera cair pada tahun 2021 ini. Bantuan ini terutama bagi mereka para ibu rumah tangga. Sehingga mampu memberikan subsidi kebutuhan dapur.


Ada beberapa bansos yang sudah disiapkan untuk masyarakat umum selain BLT ini. Misalnya ada VLT pekerja, BLT UMKM, dan BLT mahasiswa atau pelajar. Demi memberikan keadilan, pemerintah juga memberikannya pada ibu rumah tangga.

BLT Ibu Rumah Tangga Segera Turun

Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan bahwa sedang ada persiapan terhadap anggaran bansos khusus untuk ibu rumah tangga. Tentu saja pemberian bansos ini bukan karena alasan. Mengingat semakin merebaknya wabah covid-19 di Indonesia mengharuskan pemerintah untuk memfasilitasi rakyatnya.

Menurutnya semakin tinggi kasus pandemi ini bisa mengakibatkan berbagai ancaman bagi kehidupan rumah tangga. Salah satunya adalah KDRT yang harus diwaspadai saat ini. Sebab bisa mengganggu kesehatan mental seseorang.

Pemicu adanya KDRT tentu saja karena kondisi ekonomi yang kurang. Sehingga banyak terjadi masalah yang menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan.

Guna menekan adanya kekerasan dalam rumah tangga, Menteri Keuangan mengeluarkan program BLT ibu rumah tangga. Sehingga para ibu rumah tangga bisa mencukupi kebutuhan dapur. Paling tidak memiliki makanan pokok untuk keberlangsungan hidup setiap harinya.

Baca Juga : BLT Ibu Hamil Dan Balita

Penyaluran Bantuan

Sebagai informasi awal, sepertinya pemerintah menyediakan anggaran yang cukup besar untuk bansos kali ini. Pemerintah kurang lebih menyiapkan anggaran sebesar Rp 695,2 triliun. Tujuannya untuk menyelamatkan masyarakat dari tekanan akibat pandemi covid-19.

Pada tahun 2021, penyaluran bantuan yang ada di seluruh tanah air akan dilakukan lewat berbagai bank milik negara. Selain bank, bantuan juga bisa disalurkan melalui kantor pos. Bantuan ini bisa disalurkan langsung kepada para penerimanya.

🔥 Trending:  Pesawat Sriwijaya Air Rute Jakarta-Pontianak Hilang Kontak

Anggaran tersebut akan disiapkan untuk ibu rumah tangga yang menerima. Proses penyalurannya juga lebih efektif dan efisien. Pasalnya penerima yang memiliki rekening bank, bantuannya akan ditransfer.

Sementara itu, bagi penerima manfaat bantuan yang tidak memiliki rekening bank maka pengeluarannya akan dilakukan melalui kantor pos daerah setempat. Dengan demikian diharapkan adanya bantuan ini bisa mengurangi beban ekonomi yang ada. Khususnya untuk ibu rumah tangga.

Presiden Jokowi juga sudah memberitahukan bahwa pemberian bantuan ini akan lebih cepat. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh mereka yang menerimanya.

Syarat Bantuan Ibu Rumah Tangga

BLT ibu rumah tangga ini akan disalurkan kepada keluarga penerima dalam bentuk kartu sembako dengan besaran Rp 200.000. Sehingga, ibu rumah tangga akan menerima sembako guna mencukupi kebutuhan dapur. Biasanya sembako berupa makanan pokok empat sehat lima sempurna.

Mengingat bantuan ini ditujukan pada mereka yang merupakan anggota PKH, jadi syarat pertama harus masuk pada program bantuan sosial. Berikutnya, peserta harus memiliki kartu sembako sebagai tanda bukti penerima. Kartu sembako tersebut sama seperti ATM yang didalamnya berisi nominal uang yang tidak bisa ditarik tunai.

Cara Mendapatkan Kartu Sembako

Untuk mendapatkan kartu sembako memerlukan beberapa cara, sebagai berikut:

  1. Melakukan pendaftaran sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat yang dilakukan oleh kementerian Sosial.
  2. Calon penerima mendapatkan pemberitahuan teknis pendaftaran pada tempat yang ditentukan.
  3. Data akan diproses secara paralel dan sinergis oleh Himpunan Bank Milik negara.
  4. Selanjutnya akan diinformasikan melalui kelurahan atau kantor walikota/kabupaten masing-masing.
  5. Setelah proses verifikasi selesai, maka peserta akan menerima Kartu Keluarga Sejahtera dan dibukakan rekening bank.
  6. Penerima BLT ibu rumah tangga ini bisa menuju ke e-warong untuk pencairan sembako atau bantuan dana dalam bentuk sembako senilai 200 ribu.
🔥 Trending:  Terungkap Alasan Puput Nastiti Devi Bersedia Menjadi Istri Ahok

Tidak Ada Pendaftaran Online

Bagi warga masyarakat yang mungkin terkena virus penyebaran berita HOAX alangkah baiknya untuk selalu waspada. Sebab pendaftaran mengenai BLT ini tidak via online. Dimana bantuan hanya bisa didaftarkan secara offline kepada pihak yang berwenang.

Pastikan ibu rumah tangga bisa memanfaatkan bantuan ini sebaik mungkin. Mengingat tujuan awal dari diadakannya peningkatan bantuan ini untuk menekan KDRT. Sehingga bisa membantu kehidupan sehari-hari masyarakat yang terdampak pandemi.

Itulah beberapa informasi terkait dengan BLT ibu rumah tangga. Pastikan anda menggunakannya dengan bijak. Bila ada kendala atau sesuatu yang tidak beres bisa segera melapor.

* Ikuti Berita dan Info Menarik Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *